Furigana: Huruf Bantu Membaca Kanji Jepang dengan Hiragana

furigana jepang

Ketika Sobat Cakap membaca sebuah buku bahasa Jepang, ada kalanya kamu akan menemukan huruf hiragana ditulis di atas huruf kanji. Tulisan tersebut disebut dengan furigana atau kana yang ditulis sebagai cara baca kanji. Kali ini kita bahas tentang furigana, yuk! 

Table of Contents

Apa Itu Furigana?

Furigana adalah sistem tulisan dalam salah satu huruf jepang yaitu hiragana yang ditempatkan di atas atau di samping kana Kanji untuk memberikan pengucapan atau bacaan yang benar dari karakter tersebut. Penggunaannya terdapat pada buku-buku bacaan untuk anak-anak atau pemelajar pemula untuk membantu mereka membaca dan memahami kata-kata yang tidak familiar.

Dengan kegunaannya tersebut, furigana (振り仮名) kerap disebut sebagai yomigana (読み仮名) dan juga rubi (ルビ). Jika furigana ditulis di atas huruf kanji, teksnya disebut sebagai yokogaki. Sementara furigana ditaruh di samping kanan kanji yang ditulis menurun disebut sebagai tategaki. Perhatikan gambar berikut ini: 

Sudah Tahu Level Bahasa Jepangmu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Fungsi Furigana

Sebagai salah satu bagian dari sistem penulisan bahasa Jepang, fungsi furigana adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai bantuan bacaan untuk mengetahui karakter kanji yang tidak familiar atau sulit dibaca. 
  2. Digunakan dalam buku bacaan anak-anak dan pemula yang baru belajar bahasa Jepang.
  3. Membantu orang-orang dengan disabilitas penglihatan untuk lebih mudah memahami teks bahasa Jepang. 
  4. Memastikan bahwa karakter kanji dibaca dengan benar sehingga kelestarian bahasa Jepang lebih terjaga.
  5. Membantu pembaca memahami makna kata atau frasa yang ditulis dengan huruf kanji. 

Makin Gampang Belajar Bahasa Jepang, Daftar Cakap Sekarang!

Contoh Penggunaan Furigana

Penggunaan furigana dalam bahasa Jepang terbilang umum dan memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan furigana: 

  1. Dalam buku bacaan untuk anak-anak agar mereka bisa memahami kanji.  
  2. Buku pelajaran bahasa Jepang untuk pemula sehingga mereka bisa membaca kanji dengan benar. 
  3. Komik dan manga Jepang sering menggunakan furigana untuk membantu pembaca memahami bacaan dan makna dari karakter Kanji yang tidak familiar. 
  4. Situs web dan aplikasi yang mengajarkan bahasa Jepang sering menggunakan furigana untuk membantu pengguna memahami bacaan dan makna dari karakter Kanji. 
  5. Dokumen resmi Jepang seperti surat-surat pemerintah, laporan bisnis, dan dokumen hukum sering menggunakan furigana untuk memastikan bahwa karakter Kanji dibaca dan diterjemahkan dengan benar. 

Nah, demikianlah pembahasan mengenai furigana yang merupakan bagian dari sistem penulisan bahasa Jepang. Bagi Sobat Cakap yang ingin belajar lebih lanjut, bisa gabung di kelas bahasa Jepang di Cakap, lho. Langsung daftar aja, yuk! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat