Samurai Jepang: Sejarah, Periode Kejayaan, & Tokoh Terkenal

samurai-jepang

Ketika mendengar kata samurai, kebanyakan orang mungkin akan merujuk pada “pedang” samurai. Namun, tahukah kamu bahwa samurai Jepang tidak hanya soal pedang, atau busur panah, dan sejenisnya, karena sebenarnya samurai adalah prajurit Jepang pra modern yang menjalani hidup sesuai kode etik bushido.

Terdapat sejarah panjang tentang samurai Jepang yang bahkan bisa dilacak sejak abad ke 10.  Yuk, simak satu persatu sejarah, romantisasi, periode kejayaan, dan tokoh samurai paling terkenal di Jepang!

Samurai Jepang

Sejarah Samurai Jepang

Istilah samurai dikenal juga dengan bushi, yaitu kelas prajurit Jepang yang melakukan dinas militer dari periode abad ke-10 sampai abad ke-19. Para samurai merupakan kelas prajurit dengan kasta sosial tertinggi pada Periode Edo (1603-1867) hingga Restorasi Meiji tahun 1868. Tidak hanya pedang sebagai senjata utama, samurai kerap menggunakan berbagai macam senjata perang, seperti busur, panah, tombak, dan senjata api. Salah satu senjata pedang tertuanya bernama Kogarasumaru yang konon berasal dari abad ke-8.

Samurai sendiri muncul dari beberapa kelompok pejuang provinsi yang memiliki keterampilan militer. Selain terkenal dengan nama bushi, ada beberapa nama lain dari samurai, yaitu buke dan musha.

Bangkitnya Samurai & Periode Kamakura

Awal bangkitnya samurai Jepang tak dapat dipisahkan dengan peristiwa Minamoto Yoritomo yang dibawa ke sebuah pengasingan. Kemudian ia mendirikan sebuah pusat pemerintahan di Kamakura. Keshogunan Kamakura dikenal sebagai tempat kediktatoran militer yang berjalan turun-temurun, yang pada akhirnya berhasil mengalihkan kekuatan politik nyata di Jepang ke tangan samurai. 

Otoritas Minamoto Yoritomo menetapkan dan mengesahkan status istimewa samurai. Sehingga pada masa itu, tidak ada yang bisa menyebut dirinya sebagai seorang samurai tanpa izin dari Minamoto Yoritomo.

Pada Periode Kamakura, senjata berupa pedang menjadi hal yang sangat penting bagi samurai. Bahkan dikatakan bahwa kehormatan seorang pria terletak pada pedangnya. Keahlian dan kelihaian dalam memainkan pedang menjadi seni tersendiri yang berkembang di masa itu. 

Romantisasi Budaya Samurai Jepang

Sejak abad ke-18, tanpa disadari budaya samurai mungkin telah diromantisasi secara berlebih oleh masyarakat Jepang. Selain dikenal dengan jalan hidup sebagai pejuang yang memiliki disiplin diri dan perilaku etis, samurai Jepang juga dikenal sebagai kasta ksatria dan kehormatan, juga sebagai lambang keberanian dan kesetiaan pada tuannya (pemerintah) di atas kehidupan itu sendiri.

Sepanjang berlangsungnya Periode Muromachi tahun 1338-1573, banyak samurai Jepang yang tertarik pada ajaran Buddhisme Zen. Ada banyak budaya dan seni unik yang dicetuskan oleh para samurai pada periode tersebut dan masih eksis hingga sekarang, seperti upacara minum teh dan merangkai bunga

Tak jarang pula masyarakat memberikan eksistensi pada para samurai sebagai guru moral dan penasehat penting dalam kehidupan bermasyarakat.

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Jepang Gratis

Samurai Paling Terkenal di Jepang

Memang ada banyak samurai Jepang yang terkenal, tapi 5 samurai ini menjadi yang paling terkenal dan terbaik di Jepang.

(1) Hattori Hanzo

Siapa sih yang nggak pernah dengar nama ninja Hattori? Nama samurai yang satu ini sangat terkenal bahkan di luar negara Jepang. Hattori Hanzo merupakan pemimpin di klan ninja Iga yang bertugas sebagai mata-mata. Ninja Hattori menjadi salah satu orang yang berperan mengantarkan Tokugawa menjadi Shogun.

(2) Oda Nobunaga

Oda Nobunaga merupakan samurai yang paling dihormati di Jepang. Ada banyak prestasi dan peranan penting yang didapatkan selama menjadi samurai Jepang. Beberapa di antaranya adalah berhasil menyatukan Jepang Selatan dan Mainland Jepang di bawah kekuasaannya. Tidak hanya itu, Oda Nobunaga juga mampu menaklukkan Owari dan mengakhiri Zaman Sengoku.

(3) Tomoe Gozen

Samurai Tomoe Gozen dikenal sebagai ahli bela diri yang mampu menaklukkan berbagai macam perang. Namanya sangat terkenal dan berperan dalam Perang Genpei dan Perang Awazu. Sejarah mengatakan bahwa Tomoe berhasil memimpin ribuan tentara, bahkan di keadaan genting perang, ia mampu bertahan dan memenangkan perang atas klan Taira.

(4) Miyamoto Musashi

Kalau kamu sering baca komik atau buku-buku Jepang, nama Miyamoto Musashi pasti udah nggak asing lagi. Miyamoto bukanlah seorang samurai yang memiliki pimpinan, ia merupakan samurai pengembara yang dikenal dengan Dewa Pedang yang tak terkalahkan. Setidaknya dalam 50 lebih duel, dia tidak pernah kalah walau hanya satu kali. Salah satu duel yang paling terkenal adalah melawan Sasaki Kojiro rivalnya, pada tahun 1612.

(5) Tokugawa Ieyasu

Tokugawa adalah salah satu tokoh samurai Jepang yang juga terkenal sebagai pemersatu Jepang. Selama perjalanannya, ia bergabung dengan banyak samurai, seperti Oda, Takeda Shingen, Uesugi Kenshin, dan samurai besar lainnya.

Aksi paling berperan selama menjadi samurai adalah kemenangannya dalam perang Sekigahara yang kemudian mengantarkannya menjadi Shogun di tahun 1603.

Penjelasan tentang samurai Jepang di atas menjadi hal penting yang bisa dipelajari dari nilai sejarah dan tokoh-tokoh terkenalnya. Untuk kamu yang tertarik belajar sejarah, budaya, dan bahasa Jepang lebih jauh lagi, kamu bisa bergabung bersama kursus bahasa Jepang online Cakap. Yuk, fasihkan bahasa Jepangmu dan perdalam pengetahuanmu seputar budaya dan bahasa Jepang di Cakap!

Referensi:
-japanesestation.com
-japan-guide.com
-britannica.com
-history.com
-worldhistory.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

      #SiapaCakapDiaDapat