Rekomendasi Film untuk Belajar Bahasa Inggris Tingkat Menengah

Rekomendasi Film untuk Belajar Bahasa Inggris Tingkat Menengah

Belajar bahasa Inggris lewat film bisa menjadi efektif asal kamu memilih film yang tepat. Tidak semua film ditujukan untuk tingkat pemula, menengah atau lanjutan. Walaupun kamu menonton film, kamu juga harus merasa tertantang agar pengetahuanmu akan bahasa Inggris bertambah. Berikut adalah film rekomendasi untuk belajar bahasa Inggris tingkat menengah (intermediate):

Harry Potter

Rekomendasi Film untuk Belajar Bahasa Inggris Tingkat Menengah
sumber: giphy

Saat ini, hampir semua orang tahu sosok Harry Potter. Film yang berkisah tentang bocah penyihir ini merupakan adaptasi dari novel yang berjudul sama, karya J.K. Rowling. Harry Potter merupakan sebuah waralaba dengan menhadirkan 7 buah novel, 8 buah film, berbagai buku dan film spin-off yang bertemakan dunia sihir ciptaan J.K. Rowling

Harry Potter adalah seorang anak yatim piatu yang tinggal bersama paman dan bibinya yang jahat. Pada suatu hari, Harry mendapatkan surat bahwa ia diterima untuk bersekolah di sekolah sishir ternama bernama Hogwarts dan di sinilah petualangannya dimulai. Kamu akan diajak menjalani hari dan perjalanan Harry Potter dari lahir hingga dewasa. Bertemu dengan teman-teman Harry, guru-gurunya, hingga makhluk sihir di dalamnya.

Mengapa Harry Potter direkomendasikan untuk membantumu belajar bahasa Inggris?

 

Berlatar belakang di Britania Raya, tentu sepanjang film kamu akan disuguhkan percakapan bahasa Inggris dengan logat British English. Secara kebudayaan pun cenderung menjurus pada kebudayaan Inggris, Irlandia, dan negara lain di Benua Eropa. Dikarenakan ini merupakan film berseri, seiring dengan bertambahnya usia Harry Potter, percakapan yang disajikanpun lebih sulit dan menantang untuk dipahami oleh mereka yang belajar bahasa Inggris.

Percakapan yang disajikan umumnya berlatar di sekolah atau di rumah, namun juga ada untuk situasi lain. sangat cocok untuk kamu yang sedang belajar bahasa Inggris di tingkat pemula atau menengah.

Star Wars

Rekomendasi Film untuk Belajar Bahasa Inggris Tingkat Menengah
sumber: giphy

Sebuah film tentang pertarungan di luar angkasa yang telah menggugah berbagai generasi sejak tahin 1970-an. Berlatar di galaksi nan jauh di sana di mana semua makhluk hidup dengan damai di planet masing-masing, namun semuanya rusak ketika Galactic Empire menyerang. Mereka yang terusik dengan kejahatan Galactic Empire bersatu dan membuat kelompok gerilya untuk melawak kekejaman Galactic Empire.

Mengapa Star Wars direkomendasikan untuk membantumu belajar bahasa Inggris?

 

Di film ini kamu akan mendengar bahasa Inggris yang dituturkan dalam berbagai macam logat dan aksen. Terlebih lagi untuk tokoh Yoda yang dapat menantang kemampuanmu dalam memahami bahasa Inggris. Film tidak terlalu direkomendasikan untuk kamu yang masih berada di tingkat dasar karena lebih ditujukan untuk kamu yang berada di tingkat menengah.

Scott Pilgrim vs the World

Rekomendasi Film untuk Belajar Bahasa Inggris Tingkat Menengah
sumber: giphy

Diadaptasi dari komik yang berjudul sama, film Scott Pilgrim vs. the World berhasil menyuguhkan sensasi berbeda dalam menonton film. Berkisah tentang Scott Pilgrim, seorang pemuda berusia 23 tahun yang merupakan seorang pemain bass untuk sebuah band, jatuh cinta pada seorang wanita bernama Ramona Flowers.

Ternyata untuk mendapatkan Ramona tidaklah mudah. Scott harus berjuang melawan ketujuh mantan pacar Ramona.Keseruan dalam pertarungan band di film ini dijamin tidak membuatmu bosan.

Mengapa Scott Pilgrim vs the World direkomendasikan untuk membantumu belajar bahasa Inggris?

 

Film ini bernuansa anak muda dan percakapan yang disajikan pun tidak terlalu berat. Namun, karena hampir dipenuhi oleh bahasa gaul Amerika, maka kurang direkomendasikan untuk kamu yang masih belajar bahasa Inggris tingkat dasar.

Baca JugaDasar-Dasar Belajar Bahasa Inggris yang Harus Kamu Pahami

To Kill A Mockingbird

Rekomendasi Film untuk Belajar Bahasa Inggris Tingkat Menengah
sumber: giphy

Sebuah adaptasi dari buku klasik yang bejudul sama karangan Harper Lee ini memang sangat patut untuk disimak dan dibaca bukunya. Ini merupakan sebuah karya klasik yang wajib dibaca dan ditonton untuk kamu yang sedang belajar bahasa Inggris.

Berkisah tentang Scout dan kakaknya, Jem, mereka tinggal di sebuah kota bernama Maycomb di tahun 1930-an. Mereka tinggal bersama sang ayah, Atticus, yang merupakan seorang pengacara. Suatu hari, ayah mereka harus membela seorang pria kulit hitam di pengadilan yang penuh rasisme.

Mengapa To Kill A Mockingbird direkomendasikan untuk membantumu belajar bahasa Inggris?

Film ini dipenuhi dengan percakapan sehari-hari dengan logat khas Amerika tempo dulu. Film ini juga mengandung banyak kutipan yang dapat kamu jadikan sebagai pembelajaran akan kehidupan. Bagian ketika Atticus di pengadilan pun dapat memberikanmu contoh jelas penggunaan bahasa Inggris di dalam dunia hukum. Film ini cocok untuk kamu yang belajar bahasa Inggris di tingkat pemula dan menengah.

Itu dia film yang dapat membantu kamu belajar bahasa Inggris. Kamu bisa nonton film bahasa Inggris online atau mencari DVD/BluRay-nya. Dengan menonton sendiri di rumah, kamu akan lebih fokus untuk belajar dan berada dekat dengan kamus. Jangan lupa beristirahat ketika kamu merasa lelah belajar, tidak apa unutk menjeda film sejenak dan memberikan dirimu waktu untuk menarik nafas. Selamat mencoba!

Baca JugaRekomendasi Film dan Buku Belajar Bahasa Inggris

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google