Putry Diana: Mulai Belajar Bahasa Korea karena Suka K-Pop

Putry Diana: Mulai Belajar Bahasa Korea karena Suka K-Pop

Hobi adalah salah satu alasan terkuat yang membuat seseorang memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu. Ada yang sampai rela menguras tenaga, ada juga yang membayar mahal barang langka untuk dikoleksi. 

Bagi Putry Diana, hobi mendengarkan lagu K-Pop membawanya untuk mengambil kursus bahasa Korea di Cakap. Belajar bahasa Korea pun memberikannya tujuan baru: ingin bisa berkarir secara profesional di Korea. 

“Awalnya aku tahu Cakap dari Instagram waktu lagi scroll, trus coba tes kemampuan bahasa Korea. Dari situ aku jadi tertarik untuk ambil paket belajarnya, karena kebetulan memang lagi ingin belajar bahasa Korea,” ceritanya. 

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Pertama Kali Kursus Bahasa Asing

Bahasa Korea merupakan bahasa asing kedua yang Diana pelajari setelah bahasa Inggris. Meski demikian, ia mengaku bahwa ini pertama kalinya ia mengambil kursus bahasa asing atas keinginan sendiri dan bukan merupakan kewajiban. 

“Ini kursus bahasa asing pertamaku, karena kalau bahasa Inggris kan memang sudah wajib dipelajari di sekolah. Sementara kalau bahasa Korea, dari hurufnya saja sepertinya nggak banyak orang yang tahu,” ungkapnya. 

Ia kemudian menambahkan, “Mungkin banyak yang bilang ‘ngapain sih belajar bahasa Korea, mendingan bahasa Inggris’, tapi karena udah suka dan hobi, pasti jadi lebih mudah.”

Belajar Bahasa Korea di Tengah Kesibukan

Sebagai dewasa pekerja yang juga sedang melanjutkan pendidikan, belajar bahasa asing menjadi tantangan tersendiri bagi Diana. Meski demikian, hal tersebut juga tidak lantas menyurutkan semangat belajarnya. 

“Ini sebenarnya aku belum lanjut lagi belajar bahasa Korea setelah mengambil paket yang pertama, karena kesibukan kerja dan kuliah.” Diana mengaku. 

Ketika ditanya mengenai kendala, Dia mengatakan tidak ada kendala berarti selama tiga bulan pertamanya karena semua bisa teratasi. Salah satu faktor pendukungnya adalah jadwal kelas fleksibel yang tersedia di Cakap. 

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

Serunya Belajar di Cakap

Lanjut membahas mengenai proses belajar dan perkembangan, Diana mengatakan bahwa belajar di Cakap itu seru. Hal ini karena materi yang diberikan sudah sangat terstruktur dan juga tim pengajar yang berkompeten.  

Diana mengatakan, “Kalau udah ketemu pengajar yang klop, step by step pembelajarannya akan semakin menyenangkan untuk diikuti.” 

Ketika ditanya mengenai perkembangan belajar, Diana mengatakan, “Hal yang paling terasa adalah jadi lebih percaya diri untuk ngomong. Selain itu, sekarang jadi lebih nangkep kalau nonton drama atau mendengarkan lagu dengan bahasa Korea.” 

FYI, Kak Diana merupakan seorang Army, yaitu penggemar dan pendukungnya boyband BTS. Nah, bagi K-Pop fangirl di mana pun kamu berada, semoga kisah Kak Diana memberimu inspirasi untuk belajar bahasa Korea, ya!

Baca juga: