15 Peribahasa Bahasa Inggris (Proverb) Populer dan Artinya

proverbs peribahasa bahasa inggris
Photo by Pixabay

Penggunaannya peribahasa seringkali dapat mengidentifikasi tingkat keterampilan berbahasa seseorang, termasuk dalam bahasa Inggris. Sobat Cakap bisa mulai menggunakan peribahasa bahasa Inggris atau proverbs dalam percakapan sehari-hari untuk meningkatkan dan menunjukkan keterampilan bahasa Inggrismu. Yuk, bahas tentang proverbs!

Table of Contents

Apa Itu Proverb?

Proverbs dalam bahasa Indonesia disebut dengan peribahasa atau pepatah, yaitu kata-kata atau ungkapan yang biasanya digunakan sebagai nasihat. Biasanya kata-kata yang digunakan dalam proverbs adalah kata-kata yang mengandung makna sebenarnya, sehingga dapat dimengerti sejak pertama kali didengar. 

Peribahasa bahasa Inggris atau proverbs berbeda dengan kumpulan kata-kata lainnya yaitu idiom. Keduanya memiliki beberapa perbedaan yaitu: 

Proverbs

Idioms

Merupakan satu kalimat utuh

Hanya berupa frasa dan bukan kalimat utuh

Mengandung nasihat atau kebenaran untuk disampaikan kepada orang lain

Hanya kiasan untuk mengungkapkan pemikiran tertentu

Bermakna literal yang diaplikasikan dalam kehidupan

Kombinasi kata atau frasa yang membentuk makna baru 

Terdengar masuk akal dan mudah dicerna

Seringkali terdengar tidak masuk akal atau sulit dimengerti

 

Meski demikian, proverb sendiri juga seringkali menggunakan idiom di dalamnya. Misalnya, “Don’t count your chickens before they hatched” yang menggunakan idiom “count chickens (before they hatched).”

15 Peribahasa Bahasa Inggris (Proverb) Beserta Artinya

Sebelum Sobat Cakap belajar menggunakan pepatah bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari, ketahui lebih dahulu makna dan situasi di mana pepatah tersebut digunakan. Nah, kali ini akan dibahas 15 pepatah bahasa Inggris yang umum digunakan beserta arti dan pemakaiannya. Check it out!

1. “Better safe than sorry.”

Pepatah bahasa Inggris ini mirip dengan ungkapan “Sedia payung sebelum hujan” dalam bahasa Indonesia. Ketika temanmu bertanya kenapa kamu membawa payung padahal cuaca cerah, inilah saatnya menggunakan “Better safe than sorry.” 

2. “A friend in need is a friend indeed.”

Teman sejati adalah orang yang membantumu ketika kamu berada dalam kesulitan atau masalah. Pepatah bahasa Inggris ini bisa digunakan sebagai ungkapan terima kasih karena seorang teman telah membantu ketika kamu sedang membutuhkan. 

3. “A good marksman may miss.”

Tidak ada manusia yang sempurna. Orang yang handal dan ahli dalam suatu bidang sekalipun bisa saja melakukan kesalahan. Peribahasa bahasa Inggris ini mirip dengan “Sepandai-pandai tupai meloncat, sesekali akan jatuh juga.” 

4. “An apple a day keeps the doctor away.”

Pepatah dalam bahasa Inggris ini memiliki arti yaitu kamu akan hidup dengan sehat jika kamu selalu mengonsumsi makanan sehat. Saat kamu mengomentari betapa sehatnya makan siang temanmu, ia bisa menggunakan “An apple a day keeps the doctor away” sebagai balasan. 

5. “Killing two birds with one stone.”

Makna dari peribahasa ini adalah menyelesaikan dua (atau lebih) pekerjaan dalam satu waktu. Penggunaannya bisa dilakukan secara natural untuk situasi di mana seseorang atau kamu sendiri sedang melakukan hal yang bersifat multitasking

proverbs peribahasa
Photo by Ylanite Koppens

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

6. “When in Rome, do as the Romans do.”

Tidak peduli darimana kamu berasal, penting bagimu untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan tempat yang kamu kunjungi. Kamu harus belajar untuk bersikap dan bertindak sesuai dengan adat istiadat atau kebiasaan di tempat tersebut. 

7. “Failing to plan is planning to fail.”

Peribahasa bahasa Inggris ini berisi nasihat bahwa kamu butuh persiapan jika kamu ingin berhasil dalam melakukan sesuatu. Jika kamu melakukan sesuatu tanpa persiapan, secara tidak langsung kamu ‘berencana’ untuk gagal. 

8. “Look before you leap.”

Penting untuk mengetahui situasi dan kondisi sebelum mengambil keputusan. Pepatah bahasa Inggris ini berisi nasihat agar kamu selalu berpikir dengan matang sebelum memutuskan untuk melakukan sesuatu. 

9. “Hope for the best, prepare for the worst.”

Peribahasa ini merupakan nasihat untuk mengelola ekspektasi dengan menjadi optimis namun tetap realistis. Misalnya, ketika kamu berharap untuk diterima di universitas atau tempat kerja impian, kamu juga harus bersiap jika kamu tidak diterima. 

10. “You can take a horse to water, but you can’t make it drink.”

Ketika kamu memberi masukan atau nasihat terhadap orang lain, kamu tidak bisa memaksa mereka untuk melakukan persis dengan apa yang kamu sampaikan. Pepatah bahasa Inggris ini menekankan arti di mana setiap orang memiliki pemikiran dan kehendaknya masing-masing. 

11. “Actions speak louder than words.”

Peribahasa ini berisi pesan atau nasihat bahwa apa yang kamu kerjakan atau lakukan lebih bernilai daripada yang hanya kamu katakan. Dalam percakapan, terkadang peribahasa ini hanya diucapkan sebagai, “actions speak louder.”

12. “A journey of a thousand miles begins with a single step.”

Tidak ada hal besar yang dicapai tanpa dimulai dengan hal kecil. Peribahasa ini ingin menyampaikan pesan untuk segera memulai sesuatu yang kecil ketika kamu menginginkan sesuatu yang dimulai di kemudian hari. 

13. “Time waits for no one.”

Peribahasa ini berisi nasihat untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan jangan menyia-nyiakan waktu yang ada. Biasanya diucapkan untuk meminta seseorang untuk segera mengambil tindakan atas sesuatu. 

14. “Two wrongs don’t make a right.”

Peribahasa yang satu ini adalah nasihat agar kamu tidak membalas suatu perbuatan tidak baik yang telah dilakukan seseorang kepadamu. Jika seseorang menyakitimu, bukan berarti kamu harus menyakiti atau melakukan hal yang sama kepada mereka. 

15. “Don’t count your chickens before they hatch.”

Proverb yang satu ini merupakan nasihat untuk tidak merayakan sesuatu yang baik sebelum hal tersebut benar-benar terjadi. Peribahasa bahasa Inggris ini juga dapat diartikan sebagai jangan terlalu berharap atas sesuatu yang belum tentu terjadi. 

peribahasa bahasa inggris
Photo by Leah Kelley

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Contoh Proverb dalam Percakapan

Setelah tahu berbagai peribahasa bahasa Inggris atau proverbs di atas, sekarang bagaimana cara menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari? Biar makin paham, berikut adalah beberapa contoh percakapan yang menggunakan proverbs di dalamnya. 

Percakapan 1

A: In my country people don’t greet each other by kissing them on the cheek. This is new to me. 

B: When in Rome, do as Romans do. I know you can get used to it.

Percakapan 2

A: I’m thinking about going to take the part-time job James offered. 

B: So you are going to quit your current well-paid part-time job? Look before you leap. 

Percakapan 3

A: How is your thesis? 

B: I should finish it before Mr. Jhonson retires next summer. 

A: You better do. Time waits for no one. 

Contoh Soal tentang Proverb

Seperti dijelaskan di atas, proverbs umumnya dapat dimengerti meskipun baru pertama kali kamu dengar. Nah, apakah kamu bisa menebak proverbs yang tepat untuk situasi dan kondisi seperti dalam percakapan berikut ini? 

Contoh Soal 1

Proverb says about we should be used to tell the truth in daily social interaction …

A. If you play with fire, you’ll get burned.
B. Good things come to those who wait.
C. Honesty is the best policy.
D. If you can’t beat them, join them.

Contoh Soal 2

Proverb “Don’t bite the hands that feed you” is used to tell someone about…

A. Do not help someone. 
B. Do not hurt someone that is helping you.
C. Try to solve your own the problem.
D. There is no problem at living someone.

Contoh Soal 3

A: I am 20 this year, it’s too late for me to go to university, don’t you think?
B: It’s okay. … 
The best proverb to reply in the conversation above is…

A. Failure is the stepping stone to success. 
B.
Diligence is the mistress of success. 
C. Look before you leap.
D. Better late than never

Kunci jawaban:

  1. C
  2. B
  3. D

Semakin banyak peribahasa yang kamu gunakan, berarti kemampuan bahasa Inggrismu juga semakin meningkat. Terus perkaya keterampilanmu dengan menggunakan peribahasa bahasa Inggris atau proverbs dengan belajar bahasa Inggris di Cakap! Pembelajaran akan kamu dapat langsung dari professional teachers dengan jadwal yang bisa disesuaikan. Daftar Cakap sekarang, yuk! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi:

  • grammarly.com
  • phrases.org.uk

Baca juga: 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat