Program Literasi Digital Nasional: Tingkatkan Kecakapan Digital Masyarakat

indonesia makin cakap digital

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan program Literasi Digital Nasional dengan tema ‘Indonesia Makin Cakap Digital’.

Literasi digital memang menjadi tantangan besar bagi pemerintah. Hingga saat ini, literasi digital Indonesia masih terbelakang. Berdasarkan Survei Global World Digital Competitiveness Index oleh Institute Management Development (IMD), Indonesia menduduki urutan 53 dari 63 negara yang dilakukan survei. Oleh karena itu, harapannya Program Literasi Digital dapat menjadi titik terang bagi literasi digital Indonesia.

Apa itu Program Literasi Digital Nasional?

Program Literasi Digital Nasional adalah program kelas pelatihan online yang dilaksanakan oleh Kominfo dengan tujuan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang teknologi digital serta meningkatkan kecakapan digital masyarakat Indonesia untuk menciptakan ruang digital yang seru, aman, beretika, dan produktif.

Secara singkat, program ini bertujuan untuk mengasah kemampuan digital masyarakat melalui kelas pelatihan online. Ada beberapa beberapa materi yang diajarkan dalam Program Indonesia Makin Cakap Digital, diantaranya:

    • Fotografi
    • Videografi
    • Media Sosial
    • Public Speaking
    • Tangkas Digital dan Tular Nalar bersama Google
    • Copywriting
    • Digital Marketing
    • Priviasi Digital dan Keamanan Siber

Masyarakat dapat mengakses informasi terkait kelas pelatihan online melalui akun Instragram Siberkreasi dan melalui link https://event.literasidigital.id/.

Makna Tema Makin Cakap Digital

Tema dari Program Literasi Digital Nasional adalah Indonesia Makin Cakap Digital. Berdasarkan KBBI, kata ‘cakap’ sendiri memiliki beberapa pengertian, diantaranya:

  1. Sanggup melakukan sesuatu; mampu; dapat.
  2. Bagus rupanya; cantik; rupawan

Maknanya begitu positif, menyatakan kebolehan seseorang sekaligus citra yang tersemat padanya. Tidak heran, kata ‘cakap’ menjadi tema pilihan pemerintah pada program ini.

Selaras dengan slogan Hari Kebangkitan Nasional, “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!”, Cakap mengapresiasi pemilihan kata ‘cakap’ pada program ini. Karena, kata tersebut menyimpan antusiasme untuk selalu tumbuh menjadi lebih baik.

Yuk sama-sama menjunjung semangat #MakinCakap, karena “Makin Cakap” bukan hanya sebuah jargon, namun juga pola pikir yang membangun.

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks