Perbedaan Woman dan Women serta Contoh & Cara Penggunaan

perbedaan women dan woman
Jangan Terbalik! Ini Perbedaan Woman dan Women

Pernahkah kamu terkecoh dalam menggunakan kata woman dan women? Kedua kata ini memang sama-sama merujuk pada wanita, namun keduanya memiliki makna dan cara penggunaan yang berbeda. Hal ini karena adanya perbedaan dalam penggunaan kata benda tunggal dan jamak dalam bahasa Inggris.

Karena hanya sedikit perbedaan dalam penulisannya, masih banyak orang yang keliru dalam penggunaanya. Kamu perlu memahami perbedaanya agar dapat menggunakannya dengan benar dan tidak terjadi kesalahan makna. Lalu, apa saja perbedaanya? Simak penjelasan selengkapnya, yuk!

Kata Benda Tunggal dan Jamak (Singular and Plural Noun)

woman
Photo by Moose Photos from Pexels

Di dalam bahasa Inggris, kata benda (noun) dapat dibedakan menjadi kata benda tunggal (singular noun) dan kata benda jamak (plural noun). Kata benda tunggal hanya menunjukkan satu orang, benda, tempat, hewan, atau ide. Adapun kata benda jamak menunjukkan lebih dari satu orang, benda, tempat, hewan, atau ide.

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Kata benda jamak biasanya ditunjukkan dengan menambahkan akhiran -s, -es, atau -ies pada kata benda tunggal. Namun, ada juga beberapa kata benda tunggal yang memiliki bentuk tidak beraturan jika berubah menjadi kata benda jamak. Contohnya, woman dan women, person dan people, foot dan feet, child dan children, mouse dan mice, dan lain sebagainya.

Perbedaan Woman dan Women

beda woman dan women
Photo by Antonino Visalli from Unsplash

Meski woman dan women sama-sama berarti ‘wanita’, keduanya memiliki perbedaan makna, cara penggunaan, dan penyebutannya. Woman (dibaca /ˈwʊmən/) merupakan bentuk kata benda tunggal (singular noun). Kata ini digunakan untuk menyebut jika hanya ada satu wanita yang dijadikan subjek. 

Adapun women (dibaca /ˈwɪmɪn/) merupakan bentuk kata benda jamak (plural noun). Kata ini digunakan untuk menunjukkan wanita secara jamak atau dalam jumlah lebih dari satu. Perbedaan makna ini juga membuat perbedaan dalam penggunaan kata woman dan women di dalam sebuah kalimat.

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Contoh Penggunaan Woman dan Women

beda women dan woman
Photo by Omar Lopez from Unsplash

  • I see a woman standing in the hallway. (aku melihat seorang wanita berdiri di lorong)

I see some women standing in the hallway. (aku melihat beberapa wanita berdiri di lorong)

  • The woman is taking a break from the match. (Wanita itu sedang istirahat dari pertandingannya.)

The women are taking a break from the match. (Para wanita sedang istirahat dari pertandingan)

  • They are the most influential women in the world. (Mereka adalah wanita-wanita paling berpengaruh di dunia)

She is the most influential woman in the world. (Dia adalah wanita paling berpengaruh di dunia)

source: giphy.com

Itulah perbedaan woman dan women dan cara penggunaanya. Sekarang kamu sudah tahu perbedaanya, jangan sampai keliru dalam menggunakannya ya, Sobat Cakap! Selain itu, masih ada banyak materi bahasa Inggris yang bisa kamu pelajari dari rumah lewat kelas bahasa Inggris Cakap. Gabung sekarang, yuk!

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

      #SiapaCakapDiaDapat