Beda Penggunaan “Check it Out” dan “Check this Out”

check it out
Beda Penggunaan “Check it Out” dan “Check this Out”

Frasa “check it out!” sangat familiar digunakan ketika meminta seseorang untuk memeriksa, melihat, atau memastikan sesuatu. Dalam penerapannya, ada pula frasa “check this out!” yang terbilang serupa dari segi makna. 

Baik check it out maupun check this out memiliki makna ajakan atau permintaan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang suatu hal. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa itu benar atau sesuai. Lantas apa perbedaan keduanya? Yuk, bahas dari awal! 

Perbedaan “it” dan “this” 

beda it dan this
Photo by ArthurHidden from freepik

It merupakan salah satu kata ganti untuk benda dalam bahasa Inggris yang dapat berarti “itu” dalam bahasa Indonesia. Meski demikian, kata ini seringkali tidak menunjukkan secara pasti posisi benda yang dibicarakan. Dengan kata lain, benda yang digantikan oleh it seringkali tidak berada di sekitar pembicara maupun pendengarnya. 

Sementara itu, this merupakan kata tunjuk untuk menyatakan posisi suatu benda yang dekat dengan pembicara dan pendengar. Dalam bahasa Indonesia this dapat diartikan sebagai “ini” dan merupakan lawan kata dari “that” yang juga berarti “itu”. 

Meskipun sama-sama memiliki arti “itu”, that dan it memiliki perbedaan yang signifikan dari segi posisi benda. It digunakan ketika pembicara dan pendengar sama-sama tidak melihat benda yang dibicarakan. Sementara that adalah ketika keduanya melihat benda yang dibicarakan meskipun tidak terletak di dekat mereka. 

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Check it out

let's check it out
Photo by Armin Rimoldi from Pexels

Check it out artinya “coba/ayo periksa” atau “coba/ayo lihat” yang biasanya berupa permintaan atau ajakan. Kamu bisa menggunakan frasa ini untuk meminta atau mengajak seseorang untuk memeriksa sesuatu yang tidak berada di sekitarmu (pembicara) maupun pendengar. 

Contoh kalimat: 

  • Your stuff from amazon just arrived. Check it out!
    Barang yang kamu beli dari amazon baru saja sampai. Coba periksa! 
  • I heard there is a new seafood restaurant around this block. Let’s check it out!
    Aku dengar ada restoran seafood baru di sekitar blok ini. Coba lihat, yuk! 

Check this out

check this out
Photo by Amina Filkins from Pexels

Jika kamu ingin seseorang melihat atau memeriksa sesuatu yang berada dekat denganmu, kamu bisa menggunakan check this out. Sama seperti check it out, frasa ini juga kerap digunakan untuk meminta seseorang memeriksa sesuatu. 

Contoh kalimat: 

  • I bought you something. Check this out!
    Aku membelikanmu sesuatu. Coba lihat!
  • Hey, check this out. I found something interesting on his profile.
    Eh, coba lihat ini. Aku menemukan sesuatu yang menarik di profilnya. 

Cepat Fasih Berbahasa Inggris dengan Belajar Bersama Teacher Asing Cakap

source: giphy.com

Setelah membahas check it out dan check this out, kamu penasaran bagaimana dengan check that out, bukan? Kamu bisa banget buat menggali lebih dalam mengenai topik ini dengan paket bahasa Inggris dari Cakap, lho!

Tidak hanya check it out, check this out, dan check that out, kamu juga bisa belajar mengenai beragam topik lainnya seputar grammar. Bagi kamu yang ingin berfokus untuk speaking pun juga bisa banget. Tunggu apa lagi? Langsung daftar sekarang, yuk! #SiapaCakapDiaDapat 

Baca juga: