Because dan Because of, Apa Perbedaanya? Yuk, Bahas!

because
Photo by Eva Elijas from Pexel

Dalam bahasa Indonesia, kamu pasti sudah akrab dengan istilah konjungsi atau kata penghubung. Pasalnya, kata penghubung seringkali digunakan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam percakapan formal maupun informal. Di dalam bahasa Inggris pun terdapat banyak jenis konjungsi atau conjunction yang berfungsi untuk menghubungkan klausa maupun kalimat.

Salah satu contoh konjungsi dalam bahasa Inggris yaitu because dan because of. Kedua kata tersebut mungkin sudah sering kamu temukan dalam tulisan-tulisan bahasa Inggris maupun percakapan bahasa Inggris. Namun, tahukah kamu perbedaan diantara keduanya? Simak artikel berikut untuk cari tahu selengkapnya, yuk!

Because

because
Image by Pexels from Pixabay

Jika diterjemahkan, because berarti ‘karena’ dalam bahasa Indonesia. Because merupakan jenis subordinate conjunction atau kata penghubung subordinatif. Kata hubung subordinatif sendiri berfungsi untuk menghubungkan anak kalimat (subordinate clause) dan induk kalimat (main clause).

Because diletakkan sebelum anak kalimat (subordinate clause), dan selalu diikuti oleh subjek dan kata kerja atau verb. Adapun aturan untuk menggunakan because adalah setiap penggunaan kata because+clause harus diikuti atau dilengkapi dengan adanya main clause. Hal ini karena kata tersebut (because+clause) tidak dapat berdiri sendiri.

Berikut contoh penggunaanya:

  • I didn’t go to school because I was sick. (Aku tidak masuk sekolah karena sakit.)
  • Shane was angry because Tom broke her flower vase. (Shane marah karena Tom memecahkan vas bunganya.)
  • Because the weather is not so good, we can’t go to the zoo today. (Karena cuacanya tidak begitu bagus, kami tidak dapat pergi ke kebun binatang hari ini.)
  • Because Nana is smart, she can finish the test easily. (Karena Nana pintar, ia dapat menyelesaikan ujiannya dengan mudah.)

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Because of

because of
Photo by Stas Knop from Pexels

Meski memiliki arti yang sama, because dan because of memiliki fungsi yang berbeda. Because of merupakan preposisi atau two-word conjunction yang diletakkan sebelum kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun). Because of memiliki makna by a reason of dan penggunaannya dapat diikuti dengan noun atau noun phrase, pronoun, atau verb-ing

Ketika menggunakan because, kamu perlu menambahkan penjelasan lengkap mengenai alasan terjadinya sesuatu dengan clause yang terdiri dari subject dan verb. Namun, ketika menggunakan because of kamu hanya perlu memberikan keterangan melalui noun, pronoun, atau noun phrase dibelakang because of.

Berikut contoh penggunaanya:

Because of + Noun/Noun Phrase

  • I didn’t go to school because of my fever. (Aku tidak masuk sekolah karena demam.)
  • Because of Tom, Shane was really angry. (Karena Tom, Shane benar-benar marah.)

Because of + Pronoun

  • We have to buy another ticket because of him. (Kami harus membeli tiket lagi karena dia.)
  • He lost his phone because of me. (Dia kehilangan ponselnya karena aku.)

Because of + Verb-ing

  • Because of spending too much money for the ticket, I can’t eat properly here. (Karena menghabiskan terlalu banyak uang untuk tiket, saya tidak bisa makan dengan benar di sini.)
  • Because of feeling unwell, I can’t concentrate on the class. (Karena merasa tidak enak badan, saya tidak bisa berkonsentrasi di kelas.)

Cepat Fasih Berbahasa Inggris dengan Belajar Bersama Teacher Asing Cakap

Because & Because of dalam Kalimat

contoh kalimat because because of
Photo by Liza Summer from Pexels

Kalau kamu masih bingung, berikut contoh-contoh lainnya dalam menggunakan kata because dan because of:

  • We were worried because Quin didn’t come to the office. (Kami khawatir karena Quin tidak datang ke kantor.)
  • She was so excited because Harry Styles just released his new album. (Dia sangat bersemangat karena Harry Styles baru saja merilis album barunya.)
  • I walk in the rain because of you. (Aku berjalan di tengah hujan karenamu.)
  • They’re being punished because of their tardiness. (Mereka dihukum karena keterlambatan mereka.)
  • Because of feeling happy, Kelly sings loudly. ­(Karena merasa senang, Kelly bernyanyi dengan keras.)

Itu dia perbedaan penggunaan because dan because of, jangan sampai tertukar ya, Sobat Cakap! Jika kamu ingin mempelajari materi bahasa Inggris yang lain dan melatih kemampuan menulismu, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris online di Cakap. Yuk, daftar dan nikmati manfaatnya! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.