Begini Bedanya “Ohayou” dan “Ohayou Gozaimasu”

ohayou gozaimasu
Photo by Lifestylememory from Freepik

Ohayo (おはよう) dan ohayou gozaimasu (おはようございます) adalah salam bahasa Jepang yang sangat umum digunakan. Keduanya digunakan untuk mengucapkan selamat pagi, tetapi dalam situasi yang berbeda, yaitu kasual dan sopan. Nah, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana konteks penggunaan ucapan selamat pagi ini di Jepang. Langsung scroll ya! 

Ohayou (おはよう)

ohayou
Photo by our-team from Freepik

Kata ohayou berasal dari kata sifat “hayai” (早い) yang artinya adalah “cepat” dan awalan “O” (お) yang memberi kesan sopan. Sehingga ohayou secara harfiah bisa diterjemahkan sebagai “Masih pagi, ya” yang digunakan sebagai salam ketika bertemu seseorang. 

Dalam penggunaannya, pengucapan ohayou saja biasanya terjadi dalam lingkungan kasual, seperti pada percakapan antar teman atau antar anggota keluarga. 

Contoh dalam percakapan: 

A : おはよう、里奈ちゃん!きょうは晴れですね。
Ohayou, Rina-chan! Kyou wa hare desu ne.
Pagi, Rina. Hari ini cerah ya. 

B : おはよう、ゆこちゃん。うん、青い空いいですね。
Ohayou, Yuko-chan. Un, aoi sora ii desu ne.
Pagi, Yuko. Iya, langit biru bagus ya. 

Sudah Tahu Level Bahasa Jepangmu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Ohayou gozaimasu (おはようございます)

ohayou gozaimasu
Photo by benzoix from Freepik

Penambahan kata gozaimasu (ございます) pada salam ini adalah penanda bentuk kalimat yang lebih menekankan kesopanan atau formalitas. Penggunaannya biasanya bisa ketika berbicara kepada guru, orang yang lebih tua, atau orang yang belum dikenal dengan baik. 

Jika ohayou dapat diterjemahkan sebagai “selamat pagi” atau “pagi” dalam bahasa Indonesia, maka ohayou gozaimasu hanya dapat diterjemahkan sebagai “selamat pagi”. 

Contoh dalam perkenalan diri: 

おはようございます。初めまして。私はマイクミラーです。私はロンドンから来ました。よろしくお願いします。
Ohayou gozaimasu. Hajimemashite. Watashi wa maiku miraa desu. Watashi wa rondon kara kimashita. Yoroshiku onegaishimasu.
Selamat pagi. Perkenalkan. Saya Mike Miller. Saya berasal dari London. Senang berkenalan. 

Balasan untuk “Ohayou” 

balasan ohayou
Photo by Lifestylememory from Freepik

Lalu apa yang biasanya diucapkan orang Jepang ketika seseorang menyapanya dengan ucapan selamat pagi? 

Jawabannya adalah membalas dengan ucapan selamat pagi yang sama, dengan menyesuaikan konteks percakapan. Jika percakapan terjadi di antara teman sebaya, maka kau tidak perlu terlalu formal dan cukup balas dengan “ohayou” saja.

Lain cerita jika orang yang menyapamu adalah guru atau orang yang lebih dituakan. Meskipun mereka akan memberi salam dengan “ohayou” saja, jawaban yang normal untuk situasi ini adalah menjawab “ohayou gozaimasu”

Sebaliknya, jika ada murid atau orang yang lebih muda menyapamu dengan “ohayou gozaimasu”, tidak masalah jika kamu hanya membalasnya dengan “ohayou” saja.

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus Bahasa Jepang di Cakap

Bagaimana Cara Menulis Ohayou

cara menulis ohayou
Photo by tirachardz from Freepik

Ucapan salam dalam bahasa Jepang termasuk ohayou umumnya ditulis dengan menggunakan huruf hiragana, yaitu: 

おはよう (Ohayou) atau おはようございます (Ohayou gozaimasu)

Sementara itu, untuk romajinya sendiri dapat ditulis dengan “ohayou” (sesuai penulisan hiragana), “ohayo”, maupun “ohayō” (sesuai pengucapan). 

Ohayou adalah salah satu salam bahasa Jepang krusial yang wajib kamu ingat pengucapannya dan penulisannya. Sama dengan bonjour dalam bahasa Prancis atau hello dalam bahasa Inggris, ohayou adalah salam umum yang digunakan. Yuk, daftar kelas bahasa Jepang di Cakap biar bisa ngomong bahasa Jepang lebih lancar! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.