Job and Occupation Bahasa Inggris serta Arti dan Contohnya

occupation-artinya

Occupation adalah kosakata atau istilah dalam bahasa Inggris yang cukup sering ditemukan dalam dunia kerja. Biasanya, occupation selalu disamakan pengertiannya dengan istilah “job”. Memangnya semirip itu ya pengertian job and occupation sehingga sulit ditemukan atau ditarik sisi perbedaanya?

Temukan jawaban selengkapnya tentang pengertian occupation, contoh-contohnya, dan perbedaanya dengan “job” dalam artikel berikut ini!

Table of Contents

Apa Arti Occupation?

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, occupation artinya “pekerjaan”. Istilah ini mengacu pada bidang atau industri tertentu dalam waktu tertentu. Dalam dunia profesional, occupation mengacu pada situasi kerja seseorang dalam suatu perusahaan.  Occupation sendiri menjelaskan tentang pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan mata penghasilan.

Istilah occupation merupakan istilah umum yang digunakan untuk mendefinisikan pekerjaan seseorang di mana menampilkan keterampilan yang menguntungkan dalam bidang pekerjaan tersebut.

Meskipun secara garis besar diartikan sebagai nama pekerjaan seseorang, namun istilah occupation memiliki arti yang lebih luas. Hal tersebut dikarenakan occupation juga merujuk pada kategori dan bidang pekerjaan.

Perbedaan Job and Occupation

Job and occupation seperti dua kata yang tidak dapat terpisahkan artinya. Padahal, ada perbedaan mendasar di antara keduanya.

Occupation adalah istilah yang menggambarkan bidang minat karier atau jenis suatu pekerjaan yang dilihat dari sisi menghasilkan uang dalam waktu tertentu. 

Sedangkan job adalah jenis pekerjaan atau posisi pekerjaan tertentu yang dilakukan dalam suatu perusahaan. Istilah ini merupakan istilah paling terperinci untuk menggambarkan pengalaman profesional dan pekerjaan yang dilakukan seseorang secara lepas atau penuh/paruh waktu.

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Jenis-Jenis Occupation

Occupation dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis yang berbeda. Tiga jenis occupation ini memiliki tujuan utama untuk terlibat dalam suatu kegiatan yang mendapatkan uang dan dapat berpartisipasi dalam pertumbuhan ekonomi. Yuk, bahas satu persatu!

(1) Profession

Profession atau profesi merupakan jenis occupation yang membutuhkan keahlian dan pengetahuan khusus dalam suatu bidang tertentu. Karakteristik dari profession ini mencakup pengetahuan khusus (membutuhkan pelatihan khusus dan bidang akademik), motif layanan, dan kode etik.

(2) Employment

Employment adalah tipe occupation yang menjelaskan di mana seseorang mendapatkan gaji sebagai imbalan atas pekerjaan. Beberapa karakteristik dari employment adalah fixed income (pendapatan tetap), working for other (bekerja untuk orang lain, seperti karyawan), dan terms and condition (syarat dan ketentuan yang diberikan para pemberi kerja untuk pekerja).

(3) Business

Jenis occupation yang terakhir adalah bisnis. Bisnis merupakan kegiatan occupation yang umumnya memproduksi, menjual, dan menukar barang dan jasa dengan uang. Beberapa contoh bisnis adalah perdagangan, manufaktur, dan perbankan.

Contoh Occupation

Berikut ini beberapa contoh occupation:

(1) Engineer

Engineer merupakan salah satu contoh occupation. Pekerjaan ini pada jaman dahulu dikenal dengan nama insinyur (sarjana teknik). Engineer memiliki beberapa kategori occupation, seperti Aeronautic Engineer, Mechanical Engineer, Chemical Engineer, dll.

(2) Business Analyst

Seorang bisnis analis memiliki tugas utama dalam membuat dan memantau bisnis. Para business analyst juga bertanggung jawab untuk memantau bisnis agar selalu berada di jalur yang benar dalam mencapai tujuan pendapatan.

(3) Pengacara

Pengacara adalah salah satu contoh occupation dalam dunia hukum. Seorang pengacara merupakan ahli hukum atau advokat yang bertugas untuk mendampingi terdakwa/tergugat.

(4) Dokter

Dokter termasuk contoh occupation dalam ruang lingkup praktisi kesehatan. Tugas utama seorang dokter adalah memberikan pelayanan dan pengobatan terhadap pasien. Seorang dokter dapat membuka praktik di klinik pribadi atau bekerja di rumah sakit. Contoh occupation yang satu ini merupakan praktisi profesional yang sudah memiliki pengetahuan dan pelatihan khusus.

(5) Tenaga Pengajar

Tenaga pengajar atau educational instruction bertugas untuk mengajar, membimbing, mendidik, dan mengevaluasi murid. Tenaga pengajar meliputi kindergarten teacher, guru, dosen, tutor, dll. Dari beberapa spesifikasi kategori tenaga pengajar juga bisa dipecah lagi menjadi profesi pekerjaan yang lebih mengerucut, seperti guru Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Kimia, dll.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai occupation dan artinya, dilengkapi dengan jenis dan contohnya. Buat kamu yang ingin tahu istilah lainnya dalam bahasa Inggris, yuk gabung di kursus bahasa Inggris online Cakap!

Referensi:
-indeed.com
-harappa.education

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

      #SiapaCakapDiaDapat