Mengenal Kata Penghubung Dasar dalam Bahasa Mandarin

Apple on Book

Tiap bahasa memiliki kata penghubung. Dalam bahasa Inggris contohnya ada kata ‘and, ‘or’, ‘if’, ‘so’, dan sebagainya. Bahasa Mandarin juga punya kata penghubungnya sendiri, tentunya dengan aturan dan pola yang berbeda.

Dalam belajar bahasa, kata penghubung ini penting untuk diketahui karena dengan mempelajarinya, kamu bisa lebih mudah menyampaikan sesuatu. Bisa menggunakan kata penghubung juga menjadi tanda bahwa kamu sudah ‘naik level’ dalam belajar bahasamu.

Kata penghubung bahasa Mandarin bisa dibagi menjadi ke dalam berbagai jenis. Ada yang digunakan untuk menghubungkan kata dan frasa, ada juga yang untuk menghubungkan klausa dan kalimat. Ada kata penghubung yang bisa berdiri sendiri, ada yang harus digunakan berpasangan atau majemuk.

Banyak ya jenisnya Tapi gak apa-apa. Kita mulai dari yang paling sederhana dulu aja, yaitu kata ‘dan’, ‘atau’, ‘jadi’, dan ‘tapi’.

和 (hé) – dan

和 (hé) - dan source: giphy.com

Kata ini paling umum digunakan untuk menyebutkan ‘dan’ dalam bahasa Mandarin, tapi ini bukan satu-satunya lho. Nah untuk sementara, ingat kata 和 (hé) ini dulu saja ya. Kata 和 (hé) ini kebanyakan digunakan untuk menghubungkan kata benda, tapi sebenarnya juga bisa digunakan untuk menghubungkan kata kerja atau kata sifat.

Contoh:

  • 我喜欢茶牛奶

Wǒ xǐhuān chá niúnǎi

Saya suka teh dan susu.

  • 我的爸爸去过中国新加坡

Wǒ de bàba qùguò zhōngguó hé xīnjiāpō

Ayah saya pernah ke China dan Singapura.

  • 我的姐姐弟弟都在学中文

Wǒ de jiějiě dìdì dōu zàixué zhōngwén

Kakak perempuan dan adik laki-laki saya sama-sama sedang belajar bahasa Mandarin.

所以 (Suǒyǐ) – jadi

所以 (Suǒyǐ) - jadi source: giphy.com

Kata yang ini tidak memiliki aturan khusus. Penggunaannya sama dengan kata ‘if’ dalam bahasa Inggris. Kata penghubung ini sebenarnya bisa digunakan dengan kata penghubung lainnya untuk membentuk kata hubung majemuk. Namun untuk artikel ini, kita bahas yang bentuk tunggal dulu saja ya. Berikut contohnya:

  • 我想在中国学习,所以我学习中文

Wǒ xiǎng zài zhōngguó xuéxí, suǒyǐ wǒ xuéxí zhōngwén.

Saya ingin belajar di China, jadi saya belajar bahasa Mandarin.

  • 下雨了,所以我们不能出去

Xià yǔle, suǒyǐ wǒmen bùnéng chūqù.

Di luar hujan, jadi kita tidak bisa keluar.

  • 明天是假期,所以我们可以去海滩

Míngtiān shì jiàqī, suǒyǐ wǒmen kěyǐ qù hǎitān.

Besok libur, jadi kita bisa pergi ke pantai.

还是 (Háishì) – atau

Kata 还是 (háishì) memang berarti atau. Namun sebenarnya dalam bahasa Mandarin, ada dua kata untuk menyebut ‘atau’. Yang pertama 还是 (háishì), dan yang satunya adalah 或者 (huò zhě). Apa bedanya?

还是 (háishì) digunakan dalam kalimat tanya, sedangkan或者 (huò zhě) digunakan untuk kalimat pernyataan. Biar gak bingung, yuk lihat contoh di bawah ini.

  • 你想吃面条米饭?

Nǐ xiǎng chī miàntiáo háishì mǐfàn?

Kamu mau makan mie atau nasi?

  • 大卫今天或者明天将去博物馆。

Dà wèi jīntiān huò zhě míngtiān jiāng qù bówùguǎn.

David akan pergi ke museum hari ini atau besok.

但是 (Dànshì) – tapi

src=”https://media.giphy.com/media/QYLQRR7IF48njkq5an/giphy.gif” alt=”但是 (Dànshì) – tapi” width=”436″ height=”216″ /> source: giphy.com

Sama kasusnya seperti 还是 (háishì), ada dua acara untuk menyebutkan kata hubung ‘tapi’ dalam bahasa Mandarin. Selain 还是 (háishì), kata lainnya adalah可是 (kěshì). Tapi, kedua kata ini tidak memiliki perbedaan. Jadi kamu bebas untuk menggunakan yang mana saja. Contoh:

  • 她的声音很好,但是上课太吵了

Tā de shēngyīn hěn hǎo, dànshì shàngkè tài chǎole.

Suaranya sangat bagus, tapi kelasnya terlalu berisik.

  • 他们想玩,可是必须先做功课。

Tāmen xiǎng wán, kěshì bìxū xiān zuò gōngkè.

Mereka ingin main, tapi harus mengerjakan PR terlebih dahulu.

Sekarang, karena kamu sudah tahu kata hubung dasar bahasa Mandarin, coba buat beberapa kalimat untuk melatih pemahaman dan cara penggunaannya. Pada artikel selanjut-selanjutnya, nanti kita bahas lagi ya tentang kata hubung bahasa Mandarin lainnya supaya kamu bisa makin lancar. Jangan lupa juga untuk latihan bahasa Mandarin di Cakap biar kamu cepat fasih!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google