Apa itu Management Trainee? Ini Tugas, Syarat, & Gajinya

management trainee
Kamu Perlu Tahu! 5 Hal tentang Management Trainee

Management Trainee (MT) adalah salah satu program yang menjadi incaran fresh graduate selain program internship atau magang. Berbeda dengan internship, pekerjaan ini terhitung sebagai pekerjaan penuh waktu, di mana para peserta dipersiapkan untuk menjadi pemimpin ke depannya.

Meskipun istilah ini kian familiar, tidak sedikit yang masih belum tahu apa itu sebenarnya management trainee. Tidak sedikit pula yang masih belum bisa membedakan program management trainee dengan program internship. Yuk, bahas!

Table of Contents

Apa Itu Management Trainee 

apa itu management trainee

 

Photo by Kampus Production from Pexel

MT singkatan dari Management Trainee adalah suatu program perusahaan yang merekrut karyawan untuk bekerja sekaligus mempersiapkan mereka untuk menjadi manajer nantinya. Peserta akan dilatih sehingga memiliki pengetahuan esensial dalam bidang tertentu sesuai fungsi dan bisnis perusahaan. 

Tidak semua perusahaan memiliki program management trainee, melainkan hanya beberapa perusahan dalam bidang industri tertentu saja. Biasanya perusahaan yang bergerak di bidang retail, pemasaran, dan penjualan lebih cenderung untuk memiliki program ini. 

Dalam program Management Trainee ada trainee yaitu peserta dan juga trainer yang merupakan manager atau executive dari perusahaan. Proses training ini sendiri juga memiliki beberapa tahapan dalam jangka waktu tertentu yang juga disertai dengan evaluasi dan penilaian. 

Manfaat Program Management Trainee

keuntungan management trainee

 

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Mendapatkan calon pemimpin perusahaan yang berkualitas adalah keuntungan memiliki program management trainee bagi suatu perusahaan. Lantas, apa keuntungannya bagi peserta program tersebut? 

Mengembangkan berbagai soft skill dan hard skill dalam dunia kerja

Mengikuti program management trainee akan menjadikanmu mengerti bagaimana mengerjakan suatu pekerjaan dari awal hingga akhir. Oleh karena itu, tidak hanya hard skill, tapi kamu juga akan lebih berembang secara softskill. 

Mendapatkan kesempatan untuk mahir dalam satu bidang industri

Biasanya management trainee diadakan oleh perusahaan-perusahaan dengan bidang tertentu seperti penjualan, pemasaran, produksi, hingga retail. Mengikuti program management trainee berarti mendalami setiap pekerjaan fungsional dalam industri tersebut. 

Menjadi karyawan perusahaan dan digaji dengan layak

Jika kamu mengikuti program management trainee, maka kamu telah menjadi karyawan perusahaan tersebut secara resmi. Oleh karena itu, kamu akan memiliki hak dan kewajiban layaknya seorang karyawan dan akan digaji dengan layak!

Memiliki jenjang karir yang lebih baik

Tidak hanya sampai diangkat menjadi karyawan, kamu pun akan berkesempatan untuk naik tingkat seiring dengan berkembangkan pengalaman. Apalagi kamu memang telah dipersiapkan untuk berada di posisi manajer. 

Memperluas koneksi internal dan eksternal

Selain menjadikanmu semakin terampil, program management trainee juga akan membuatmu terhubung dengan banyak orang. Memiliki koneksi profesional yang luas, tentunya akan membuka banyak kesempatan ke depannya. 

Upgrade Skill-mu! Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Job Desc & Tugas Management Trainee

tugas management trainee
Photo by Monstera from Pexels

Perlu diketahui, program management trainee adalah program yang tidak sama dengan magang karena benar-benar mempersiapkan kamu untuk menjadi bagian dari perusahaan yang mengadakan. Oleh karena itu, ada program dan materi yang harus mereka kuasai, berikut seperti dilansir indeed.com:

  • Mengevaluasi dan memantau kinerja dan kemajuan kerja orang lain
  • Berkolaborasi dengan manajer untuk merencanakan hasil kerja untuk organisasi
  • Membantu dalam proses mengembangkan dan melembagakan kebijakan, tujuan dan sasaran kinerja
  • Mendapatkan pengalaman dan perspektif dengan bekerja di berbagai departemen organisasi, seperti personalia, merchandising, pembelian, layanan pelanggan, penjualan dan pemasaran
  • Menyelesaikan pengajaran di kelas dalam berbagai topik yang terkait dengan rotasi departemennya
  • Mengambil dan lulus tes dan evaluasi untuk melanjutkan program
  • Menghadiri kuliah dan konferensi yang akan membantu perkembangan mereka
  • Mempelajari resolusi konflik yang efektif dan mengamati dengar pendapat disiplin
  • Membuat proyek dan presentasi lisan
  • Berpartisipasi dalam semua aspek proses perekrutan, termasuk wawancara, perekrutan dan kemudian orientasi/pelatihan karyawan baru
  • Menganalisis laporan perusahaan untuk mengevaluasi aktivitas inventaris organisasi, laba kotor, dan penjualan
  • Mengidentifikasi tren dan kemudian mengembangkan rekomendasi berdasarkan informasi yang dikumpulkan
  • Bekerja dengan akun klien yang sudah mapan
  • Mengamati dan melatih dengan staf yang berpengalaman untuk mempelajari tentang standar, prosedur dan metode yang digunakan agar efektif di setiap departemen
  • Mempelajari berbagai fungsi dan operasi untuk semua karyawan, serta praktik dan kebijakan yang mempengaruhi setiap fase bisnis

 

Gaji Management Trainee

gaji management trainee
Photo by Anna Shvets from Pexels

Selayaknya karyawan perusahaan pada umumnya, setiap peserta Management Trainee akan mendapatkan gaji sesuai dengan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab mereka. Setiap perusahaan memiliki kebijakan gaji yang berbeda berdasarkan lokasi, jenis industri, hingga hal-hal lainnya. 

Meski demikian, gaji pun menjadi salah satu daya tarik program MT karena rata-rata gaji program management trainee adalah di atas UMR. Untuk wilayah jabodetabek sendiri, rata-rata gaji untuk program management trainee adalah di atas 5 juta rupiah. 

Gaji management trainee juga akan sebanding dengan besarnya tanggung jawab dan tugas-tugas yang akan dibebankan ke pada setiap pesertanya. Tidak menutup kemungkinan juga management trainee dalam industri tertentu lebih tinggi dengan tanggung jawab yang lebih banyak. 

Syarat Mendaftar Management Trainee

Photo by George Milton from Pexels

Penjelasan di atas tentunya membuatmu tertarik untuk meniti karir secara profesional dengan jalur management trainee bukan? Namun, untuk mengikuti program ini pun kamu akan melalui proses seleksi yang sangat ketat dengan syarat yang beragam. Berikut beberapa yang umum di antaranya: 

  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  • Menguasai komputer dan beberapa software yang dibutuhkan sesuai bidang
  • Dapat melakukan presentasi dengan baik 
  • Pengalaman dalam bidang yang sama bagi yang sudah pernah bekerja
  • Memiliki pendidikan minimal level sarjana
  • Terbuka untuk fresh graduate

Namun, akan lebih baik jika kamu langsung melihat persyaratan program management trainee ini pada website perusahaan yang akan mengadakannya. Hal ini karena setiap perusahaan memiliki kriteria yang berbeda sejalan dengan bidang bisnis dan fokus industri. 

Nah, itulah berbagai hal yang perlu kamu ketahui mengenai management trainee mulai dari pengertian, keuntungan mengikuti programnya, hingga tugas dan gaji. Jika kamu memiliki bakat dan minat dalam bidang industri tertentu, program ini bisa kamu coba ikuti, lho. 

Sementara itu, jika kamu merasa masih perlu meningkatkan hard skill dan soft skill dalam berbagai bidang, kamu bisa mengikuti Cakap Upskill, lho. Ada banyak kursus yang bisa kamu ambil dalam berbagai bidang pekerjaan profesional. Yuk, daftar sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.