7 Daftar Pekerjaan yang Butuh Kemampuan Bahasa Mandarin

lowongan-kerja-bahasa-mandarin

Dewasa ini, bukan hanya orang yang mahir berbahasa Inggris saja yang dicari, fasih berbahasa Mandarin juga jadi big opportunity! Ada banyak peluang karier dan lowongan pekerjaan yang butuh bahasa Mandarin. Mulai dari pekerjaan di bidang pendidikan hingga pemerintahan membuka banyak peluang bagi kamu yang memiliki keterampilan bahasa Mandarin yang mumpuni.

Artikel Cakap yang satu ini khusus dipersembahkan untuk membantumu menemukan pekerjaan impian yang membutuhkan kandidat pekerja berbahasa Mandarin. Let’s check it out!

Table of Contents

Pentingnya Bahasa Mandarin untuk Karier Internasional

Di dunia yang semakin mengglobal, keterampilan berbahasa asing jadi aset berharga yang bisa membuka pintu bagi banyaknya lowongan pekerjaan. Di antara banyaknya bahasa yang memiliki dampak signifikan, bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang memiliki jumlah pengguna atau penutur terbanyak di dunia. Oleh karena itu, menguasai Bahasa Mandarin dapat memperluas peluang karir. Berikut ini beberapa alasan pentingnya kemampuan bahasa Mandarin untuk untuk bisa memulai dan menjelajahi karier internasional.

(1) Salah Satu Pengguna Bahasa Terbanyak di Dunia

Seperti yang sedikit disinggung di atas, bahasa Mandarin menjadi salah satu bahasa yang memiliki jumlah penutur terbanyak di dunia. Bahasa Mandarin menduduki peringkat kedua (setelah bahasa Inggris), sebagai bahasa yang paling banyak digunakan. Melansir dataindonesia.id, jumlah penutur bahasa Mandarin per 2022 sebanyak 1,12 miliar orang.

So, kalau kamu bisa berbahasa Mandarin, peluang karier internasionalmu makin tinggi, kamu bisa bekerja di berbagai perusahan asing di luar negeri.

(2) Menjelajahi Dunia Bisnis Global

Negara Tiongkok merupakan salah satu negara yang memiliki kekuatan ekonomi global. Belajar dan memiliki keterampilan berbahasa Mandarin memungkinkanmu menjadi perantara perusahaan untuk berkomunikasi langsung dengan klien, mitra, dan kolega dari negara tersebut. Menguasai bahasa Mandarin dapat membina hubungan yang lebih kuat dan memfasilitasi negosiasi yang lebih lancar.

(3) Membangun Koneksi

Satu lagi nih alasan pentingnya bahasa Mandarin untuk karier, yaitu membangun banyak koneksi. Semakin banyak networking lokal maupun asing yang kamu miliki, semakin lebar pula kesempatanmu meniti karier di kancah internasional.

Temukan dan Bangun Karier Masa Depan di Perusahaan Impian

Pekerjaan yang Butuh Kemampuan Bahasa Mandarin

Kalau bisa bahasa Mandarin, enaknya kerja apa ya? Buat kamu yang fasih berbahasa Mandarin, berikut ini 7 pekerjaan yang butuh kemampuan bahasa Mandarin.

(1) Penerjemah Bahasa Mandarin

Lowongan pekerjaan sebagai penerjemah bahasa Mandarin sangat banyak dan mudah ditemukan di berbagai platform pencarian kerja mana pun. 

Pekerjaan sebagai translator bahasa Mandarin sendiri melibatkan proses penerjemahan baik berupa teks maupun komunikasi lisan, dari bahasa Mandarin ke bahasa lain, atau sebaliknya. Untuk menjadi translator bahasa Mandarin, kamu harus benar-benar memahami makna dari teks dan mengungkapkannya dengan benar.

Ada beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan oleh penerjemah bahasa Mandarin, yaitu:

  • Translator: seorang ahli bahasa yang memiliki kemampuan untuk mengalih bahasakan kata tertulis dari bahasa Mandarin ke bahasa lain. Biasanya mereka akan menerjemahkan dokumen, surat, buku, dll (yang berbentuk teks).
  • Interpreter: juru bahasa yang bertugas untuk menginterpretasi atau menerjemahkan sesuatu (bahasa) secara lisan atau oral.
  • Subtitler: bertugas membuat subtitle untuk film, acara televisi, atau video berbahasa Mandarin.
  • Transcriber: orang yang mendengarkan audio dan menyalin dialog bahasa Mandarin ke dalam teks.

 

(2) Tenaga Pengajar

Akhir-akhir ini, ada banyak sekolah-sekolah atau universitas-universitas yang memiliki mata kuliah atau bahkan jurusan bahasa Mandarin. Lowongan pekerjaan sebagai tenaga pengajar sangat terbuka lebar bagi kamu yang memiliki pengetahuan dan kemampuan berbahasa Mandarin.

Jika kamu tertarik untuk bekerja sebagai tenaga pengajar bahasa Mandarin, maka kamu perlu menguasai beberapa materi tertentu, seperti:

  • Kosakata, tata bahasa, dan struktur kalimat dalam bahasa Mandarin
  • Mampu menulis aksara bahasa Mandarin (Hanzi)
  • Dapat berbicara dalam bahasa Mandarin dengan nada yang tepat
  • Menguasai tentang budaya Tiongkok dan konteks sosial bahasa tersebut

Untuk mengajar, biasanya kamu juga perlu memiliki sertifikat HSK dengan level tertentu atau memiliki latar belakang dan pelatihan khusus dalam pengajaran bahasa Mandarin.

(3) Tour Guide

Pekerjaan yang butuh keterampilan bahasa Mandarin selanjutnya adalah Tour Guide. Pekerjaan ini mengharuskan seseorang yang fasih berbahasa asing terutama untuk berkomunikasi dan percakapan sehari-hari. Selain itu, kamu juga harus memiliki pemahaman yang mendalam mengenai sejarah dan budaya di tempat-tempat tujuan wisata.

Tugas kamu adalah memandu wisatawan asing (khususnya orang Tiongkok) yang sedang berwisata di Indonesia atau memandu wisatawan lokal yang sedang berwisata di Tiongkok.

Lowongan pekerjaan tour guide yang bisa berbahasa Inggris biasanya dapat ditemukan di perusahaan-perusahaan, seperti:

  • Perusahaan tour and travel
  • Dinas pariwisata
  • Hotel internasional
  • Museum 

 

(4) Staf Kedutaan atau Kementrian Luar Negeri

Sebagai staf kedutaan atau seseorang yang bekerja di Kemlu, kemampuan berbahasa asing menjadi hal yang tidak bisa ditawar. Hal tersebut dikarenakan tugas-tugas di bidang ini melibatkan interaksi dengan diplomat, pejabat pemerintah luar negeri, dan masyarakat internasional.

Jika kamu bekerja di staf kedutaan atau Kemlu Tiongkok, maka tidak hanya perlu mahir berbahasa Inggris, tetapi harus bisa juga berbahasa Mandarin. Selain itu, kamu juga perlu memenuhi persyaratan wajib berikut:

  • Memiliki ijazah minimal D3/sarjana/magister di bidang sastra (dalam hal ini Sastra Cina)
  • Sertifikat penguasaan berbahasa Inggris dengan jenis TOEFL atau IELTS
  • Sertifikat penguasaan bahasa Mandarin level HSK 5 dengan nilai minimum 180 dan HSKK level medium

 

(5) Customer Service (Mandarin Speaking)

Lowongan kerja yang butuh kemampuan bahasa Mandarin selanjutnya adalah customer service Mandarin speaking. Pekerjaan ini banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan terutama yang memiliki klien-klien yang berbicara dalam bahasa Mandarin.

Nah, tugas utamanya adalah membantu menghandle pelanggan yang berbahasa Mandarin untuk bisa lebih memahami produk atau layanan yang diberikan oleh perusahaan. Selain menjelaskan tentang produk dan layanan, customer service Mandarin speaking juga bertugas untuk memberikan pengalaman pelanggan yang positif, baik melalui panggilan telepon, email, layanan online, maupun obrolan secara langsung.

(6) Manajer Ekspor-Impor

Indonesia dan Tiongkok memiliki kerja sama yang cukup baik terutama dalam bidang ekspor impor. Beberapa produk yang paling sering diimpor dari Tiongkok, seperti besi dan baja, elektronik, barang-barang mesin, filamen tekstil, dll. 

Maraknya kegiatan ekspor dan impor Indonesia-Tiongkok membuat perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang tersebut mencari staf pekerja atau manajer yang secara kualifikasi mampu berbahasa Mandarin.

Pekerjaan sebagai manager expor-impor mengharuskan seseorang fasih berbahasa Mandarin secara verbal dan non verbal, karena nantinya mereka akan menghandle, berkomunikasi, dan bernegosiasi langsung dengan pihak dari negara Tiongkok.

(7) Global Marketing Specialist

Seperti kita tahu bahwa Tiongkok adalah salah satu negara yang memiliki tingkat kekuatan yang tinggi di bidang ekonomi. Sehingga pekerjaan sebagai global marketing specialist kian penting, terutama ketika ada satu produk yang akan launching di seluruh dunia. Global marketing specialist juga bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi perdagangan di negara-negara di seluruh dunia. Juga ditugaskan untuk melakukan riset pasar, meningkatkan penjualan, serta mengembangkan merek/citra perusahaan di pasar atau industri internasional.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa pekerjaan yang satu ini selalu menaruh kualifikasi bahasa asing bagi calon kandidat. Di antara sekian banyak bahasa asing yang ada dalam kualifikasinya, biasanya bahasa Inggris dan bahasa Mandarinlah yang paling sering disebut.

Demikianlah penjelasan seputar pekerjaan yang butuh kemampuan berbahasa Mandarin. Jika kamu termasuk salah satu orang yang termasuk penutur bahasa Mandarin, kamu bisa coba melamar pekerjaan-pekerjaan di atas.

Nah, bagi kamu yang ingin menjelajahi karier internasional, namun belum jago atau fasih berbahasa Mandarin, yuk mulai langkah pertamamu untuk belajar bahasa Mandarin dari sekarang! Daftar dan ikuti kelas bahasa Mandarin online Cakap sekarang! #SiapaCakapDiaDapat!

Referensi:

  • Fluentu.com
  • Indeed.com

 

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat