Imnida: Mengenal Pengertian, Penggunaan, & Contoh Penulisan

imnida-artinya

Salah satu kata dasar dalam bahasa Korea yang fungsinya untuk memperkenalkan diri adalah “imnida”. Namun, “imnida” artinya tidak hanya dikaitkan dengan perkenalan diri saja. Kata yang penempatannya pasti selalu ada di ujung kalimat ini digunakan dalam beberapa situasi.

Di artikel ini, Cakap akan mengajakmu mengenal arti imnida, penggunaannya dalam kalimat, dan contoh penulisannya. Let’s check this out!

Table of Contents

Arti Imnida

Secara harfiah, imnida artinya “adalah”. Sebuah kata kerja yang biasanya digunakan untuk mendefinisikan kata benda. Kata ini bisa disebut memiliki arti yang hampir mirip dengan kata “merupakan”.

Dalam bahasa Korea sendiri, imnida digunakan dalam situasi formal. Kamu bisa menerapkan saat akan memulai percakapan dengan orang yang lebih tua atau orang yang baru kamu temui.

Penulisan kata imnida dalam huruf hangul adalah 입니다. Dari penulisannya, mungkin banyak yang bertanya-tanya, sebenarnya yang benar itu ibnida atau imnida? Sebenarnya, keduanya adalah hal yang sama. Penulisannya 입니다 (ibnida), namun kata tersebut dilafalkan menjadi 이미니다 (imnida).

Contoh:

  • 안녕하세요 아멜입니다.
    (Annyeonghaseyo, Amel-imnida).
    Halo, nama saya adalah Amel.

Penggunaan Imnida dalam Bahasa Korea

Kata imnida digunakan dalam 3 situasi, yaitu ketika memperkenalkan nama diri, menyatakan umur, dan menyebutkan asal negara. Berikut penjelasan lengkapnya:

(1) Memperkenalkan Nama Diri

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, imnida memiliki arti “adalah”, yang mana digunakan sebagai cara formal memperkenalkan diri dalam bahasa Korea.

Aturan penulisan yang umum digunakan adalah jeoneun – (nama diri) – imnida.

Contoh kalimat:

  • 안녕하세요? 저는 크리스탈입니다. 처음 뵙겠습니다.
    (annyeonghaseyo? Jeoneun Kheuriseuthal-imnida. Cheo-eum bweb-gessseumnida).
    Halo? Nama saya Kristal. Senang bertemu denganmu.

Dalam kaidah bahasa Korea, kata imnida yang digunakan untuk memperkenalkan nama dapat juga “tidak diartikan” atau dihilangkan arti “adalah”nya. Jadi cukup mengatakan “Saya Kristal”. 

(2) Menyatakan Usia

Kata imnida juga dapat digunakan untuk menyatakan umur/usia. Seperti biasa, penempatan kata imnida selalu di akhir kalimat. Jadi, urutan penulisannya adalah (jumlah usia) – sal – imnida.

Contoh kalimat:

  • 나는 스무 살이입니다.
    (Naneun seumu sal-imnida).
    Aku berusia dua puluh tahun.

Untuk menyatakan usia dalam bahasa Korea, kamu perlu mengetahui angka. Maka dari itu, kamu perlu membaca lebih lanjut tentang angka dalam bahasa Korea.

(3) Mengenalkan Profesi

Penggunaan imnida yang ketiga ini tidak jauh beda dengan penggunaan imnida untuk memperkenalkan nama diri. Ketika kamu ingin membicarakan profesi atau nama pekerjaan, kamu juga bisa menggunakan imnida.

Contoh kalimat:

  • 강사입니다.
    (Gangsa imnida).
    Saya seorang instruktur.

(4) Menyebutkan Negara Asal dan Tempat Tinggal

Penggunaan imnida dalam bahasa Korea yang terakhir adalah untuk menyebutkan negara asal dan tempat tinggal.

Contoh kalimat:

  • 터키에서 왔습니다.
    (Theoki eseo wassseumnida).
    Saya dari Turki.
  • 저는 런던 에 살고 있습니다.
    (Jeoneun Leondeon-e salgo issseumnida).
    Saya tinggal di London.

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Bentuk Konjugasi Lain Kata 이다 (Ida)

Imnida adalah salah satu bentuk konjugasi yang paling sopan digunakan dari form 이다 (ida). Konjugasi tersebut dibedakan berdasarkan konteks, tenses, tingkat kesopanan, dan huruf konsonan/vokal yang mengakhiri suatu katanya. Berikut beberapa bentuk konjugasi lain dari kata 이다 (ida).

(1) 입니까 (Imnikka)

입니까 (imnikka) adalah konjugasi dari form 이다 (ida) yang digunakan untuk membentuk kata tanya. Imnika sendiri digunakan sebagai present tense (masa sekarang). Partikel ini bisa digunakan dalam situasi formal.

Contoh kalimat:

  • 누구의 차입니까?
    (Nugu-e cha imnikka?)
    Mobil siapa itu?

(2) 이에요 (Ieyo)

Ini merupakan partikel yang digunakan untuk kata benda yang berakhiran konsonan. Partikel tersebut digunakan untuk masa sekarang (present tense). Kamu bisa menggunakannya dalam situasi formal, saat berbicara dengan kakak atau orang yang baru ditemui.

Contoh kalimat:

  • 저는 스페인 사람이에요.
    (Jeoneun Seupein saramieyo).
    Saya orang Spanyol.

(3) 예요 (Yeyo)

Jika 이에요 (ieyo), digunakan untuk kata benda yang berakhiran konsonan, maka sebaliknya, 예요 (yeyo) digunakan untuk kata benda yang berakhiran vokal. Partikel ini merupakan partikel yang ditujukan untuk kalimat present tense.

Contoh kalimat:

  •  저는 의사예요.
    (Jeoneun euisa yeyo ).
    Saya adalah seorang dokter.

(4) 이었어요 (Ieosseoyo)

Selanjutnya ada 이었어요 (ieosseoyo). Ini adalah kata kerja akhiran yang digunakan untuk kata benda berakhiran konsonan. Kamu hanya bisa menggunakannya di masa lampau.

Contoh kalimat:

  • 제가 간 도시는 런던이었어요
    (Jega gan dosineun Reondeon ieosseoyo).
    Kota yang saya kunjungi adalah London

(5) 였어요 (Yeosseoyo)

Yang terakhir adalah 였어요 (yeosseoyo). Ini adalah kata kerja akhiran yang digunakan untuk kata benda berakhiran vokal. Kamu hanya bisa menggunakannya di masa lampau.

  • 그 사람은 제 친구였어요.
    ( geu sarameun je chingu yeosseoyo).
    Orang itu pernah menjadi teman saya.

Contoh Penulisan Kalimat Imnida dalam Bahasa Korea

Agar kamu lebih memahami penggunaan kata imnida dalam kalimat bahasa Korea, yuk langsung saja perhatikan contoh-contoh kalimat berikut:

  • 그의 이름은 지민입니다.
    (Geu-e ireum-eun jimin-imnida.)
    Nama dia adalah Jimin.

  • 바바라는 건축가입니다.
    (Babaraneun geonchuk-ga imnida).
    Barbara adalah seorang arsitek.

  • 제니는 가수입니다.
    (jenineun gasu imnida).
    Jennie adalah seorang penyanyi.

  • 태형은 28살입니다.
    (taehyeong-eun seumul yeodeol sal-imnida).
    Taehyung berusia 28 tahun.

  • Mateen은 브루나이 다루살람 출신입니다.
    (Mateen-eun beurunai darusallam chulsin-ibnida).
    Mateen berasal dari Brunei Darussalam.

Nah, itu dia penjelasan selengkapnya tentang imnida dan artinya, lengkap dengan penggunaan, bentuk konjugasi lain, dan contoh kalimatnya.

Buat kamu yang ingin lebih jago dan cas cis cus berbahasa Korea tanpa hambatan, yuk langsung saja daftar kelas bahasa Korea Cakap! Temukan jadwal kelas terbaik bersama ssaem favoritmu dan booking kelasnya sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

(Konten telah ditinjau ulang oleh Andi Qaraarin, Cakap Korean Teacher!)

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat