Hari Kesaktian Pancasila: Sejarah, Ucapan, dan Tema Tahun Ini

hari-kesaktian-pancasila

Hari pertama bulan Oktober diawali dengan sebuah peringatan penting bagi bangsa Indonesia, yaitu Hari Kesaktian Pancasila. Kebanyakan orang mungkin lebih berfokus pada peringatan Hari Lahir Pancasila dan peristiwa G30S/PKI saja. Padahal peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga nggak kalah penting karena di dalamnya terdapat perjuangan dan sejarah dahsyat yang melatarbelakanginya.

So, biar rasa nasionalisme kamu makin tinggi, yuk rayakan Hari Kesaktian Pancasila dengan mengenal sejarahnya dan meriahkan dengan saling berbagi ucapan.

Table of Contents

Sejarah Penetapan Hari Kesaktian Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Ternyata, peringatan ini hanya berselang satu hari dari peristiwa sejarah G30S/PKI. Kok bisa ya? Hal tentunya bukan menjadi sebuah kebetulan, karena sejarah Hari Kesaktian Pancasila sendiri merupakan buntut dari peristiwa G30S/PKI itu sendiri.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertujuan untuk memaknai tragedi penculikan dan pembunuhan 6 jenderal dalam peristiwa G30S/PKI. Keenam jenderal tersebut diberi kehormatan dengan menyandang gelar pahlawan revolusi karena telah gugur di medan perang.

Penculikan para jendral tersebut konon didalangi oleh PKI. Para jenderal diculik dengan dalih tuduhan bahwa mereka akan melakukan kudeta politik terhadap pemerintahan Soekarno. Sehingga terjadilah perseteruan antara Partai Komunis Indonesia dengan partai-partai lainnya.

Setelah peristiwa G30S/PKI berakhir, Jenderal Soeharto yang pada saat itu menjabat sebagai menteri ditugaskan untuk melakukan pemulihan. Tahap awal pemulihan yang dilakukan Soeharto adalah membubarkan PKI dan melarang partai/organisasi tersebut untuk menyebarkan paham dan ajaran komunis di Indonesia

Sebagai salah satu tanda untuk mengenag peristiwa yang hampir saja menggoyahkan kedudukan Pancasila sebagai dasar negera, maka terbitlah Keputusan Nomor (Kep/B134/1966) yang menetapkan bahwa tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Meskipun bukan termasuk hari libur nasional/tanggal merah, hingga kini masyarakat Indonesia selalu mengenang dan memperingati Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober.

Di tahun 2022 ini, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengusung tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”.

Perbedaan Hari Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila

Meskipun sama-sama hari yang memperingati tentang Pancasila, namun Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila memiliki gagasan dan tujuan yang berbeda.

Hari Pancasil diperingati sebagai salah satu hari penting di mana untuk pertama kalinya dikemukakan 5 Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dikemukakan oleh Soekarno dalam rangkaian sidang BPUPKI.

5 Dasar Negara tersebut tertuang dalam butir-butir Pancasila yang kita kenal sampai hari ini. Pemerintah menetapkan Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni dan diperingati sebagai salah satu hari libur nasional.

Berbeda dengan Hari Lahir Pancasila, Hari Kesaktian Pancasila diperingati sebagai wujud pemaknaan dan penghormatan terhadapa para jendral yang tewas dalam peristiwa G30S/PKI. Serta diperingati sebagai hari kemenangan ideologi Pancasila di atas ideologi Komunis yang dibawa oleh PKI. Hari Kesaktian Pancasila juga sering dimaknai sebagai upaya memperkokoh dasar negara dan landasan hidup bangsa yang terkandung dalam butir-butir Pancasila. 

Jika Hari Lahir Pancasila diperingati setiap 1 Juni, maka Hari Kesaktian Pancasila sendiri dirayakan setiap tanggal 1 Oktober.

Ucapan Hari Kesaktian Pancasila dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

Pada penjelasan di atas, kamu sudha mengenal sejarah Hari Kesaktian Pancasila dan juga sudah memahami perbedaan Hari Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila.

Untuk lebih memeriahkan momen di 1 Oktober nanti, yuk intip ucapan Hari Kesaktian Pancasila dalam Bahasa Inggris & Indonesia yang bisa kamu bagikan di sosial mediamu.

  1. As a nation’s ideology, it is proper for us to maintain and practice the values ​​of Pancasila. Happy Pancasila Sanctity Day 2022.
    (Sebagai ideologi bangsa, sudah selayaknya kita menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Selamat Hari Kesaktian Pancasila 2022).

  2. October always begins with an important event that should always be celebrated. Happy Pancasila Sanctity Day!
    (Oktober selalu diawali dengan peristiwa penting yang patut selalu dirayakan. Selamat Hari Kesaktian Pancasila!)

  3. Happy Pancasila Snactity Day. Always make Pancasila as a shelter that unites the Indonesian nation.
    (Selamat Memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Senantiasa jadikan Pancasila sebagai naungan yang mempersatukan bangsa Indonesia).

  4. One Indonesia, one nation’s ideology! Happy Pancasila Sanctity Day.
    (Satu Indonesia, satu dasar negera! Selamat Hari Kesaktian Pancasila).

  5. As long as there is Pancasila in your heart, there is the purity of the noble values ​​of the Indonesian people. Happy Pancasila Sanctity Day.
    (Selama ada Pancasila di hatimu, di situ ada kemurnian nilai-nilai luhur masyarakat Indonesia. Selamat Hari Kesaktian Pancasila). 

Demikianlah sejarah Hari Kesaktian Pancasila lengkap dengan beberapa ucapan yang bisa kamu kutip sebagai caption di story social mediamu. Setelah mengenal sejarahnya, tentu kita semua lebih mengenal sejarah panjang Indonesia yang berkaitan dengan Pancasila. Maka dari itu, sudah kewajiban kita bersama untuk selalu menjunjung dan menjaga dasar negara kita, yaitu Pancasila.

Referensi:
-historia.id
-tirto.id

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.