Selamat Hari Sumpah Pemuda! Ini Sejarah & Ucapan dalam Bahasa Inggris

hari sumpah pemuda

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Sobat Cakap pasti familiar dengan kalimat-kalimat tersebut, bukan? 94 tahun yang lalu, pada tanggal 28 Oktober 1928, para pemuda tanah air untuk pertama kalinya menyerukan persatuan untuk melawan penjajahan. 

Sumpah persatuan yang diikrarkan dalam Kongres Pemuda II ini kemudian dikenal dengan nama Sumpah Pemuda. 28 Oktober pun kemudian dijadikan sebagai Hari Sumpah Pemuda yang terus diperingati hingga saat ini. 

Kali ini kita akan membahas bagaimana sejarah terjadinya Sumpah Pemuda dan bagaimana kita memperingatinya saat ini. Selain itu Cakap juga akan merekomendasikan ucapan untuk Hari Sumpah Pemuda dalam bahasa Inggris. Yuk, baca selengkapnya!

Table of Contents

Sejarah Sumpah Pemuda

Sejarah Sumpah Pemuda bermula dari adanya kesadaran para pemuda yang ingin bersatu melawan para penjajah. Para pemuda Indonesia dari berbagai wilayah kemudian mulai membentuk sebuah perkumpulan yang kemudian melahirkan kongres pemuda. 

Kongres Pemuda I diselenggarakan dan dihadiri oleh perwakilan putra-putri daerah dengan tujuan untuk mencari jalan membina perkumpulan pemuda yang tunggal. Kongres ini kemudian dilanjutkan dengan Kongres Pemuda II di mana Sumpah Pemuda dirumuskan dan diikrarkan. 

Terbentuknya Kongres Pemuda II diinisiasi oleh Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) yang berinisiatif untuk mengadakan kongres lanjutan dari kongres pertama.

Pada saat itu, PPPI berinisiatif untuk mengadakan Kongres Pemuda II di tiga gedung berbeda dalam tiga kali rapat. Kongres Pemuda II ini berlangsung pada tanggal 27 sampai dengan tanggal 28 Oktober 1928.

Setelah melalui proses dan rangkaian rapat yang cukup panjang, dalam rapat terakhir pada tanggal 28 Oktober, Sumpah Pemuda akhirnya berhasil digagaskan. Sumpah Pemuda kemudian diikrarkan bersama-sama oleh para pemuda-pemudi Indonesia saat itu. 

Kegiatan Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda terjadi saat Indonesia masih dalam masa penjajahan dan saat ini Indonesia sudah merdeka selama 77 tahun. Meski demikian, semangat Sumpah Pemuda sebaiknya masih kita jaga dengan terus memperingatinya dengan cara-cara berikut: 

1. Mengikuti Upacara

Setiap tanggal 28 Oktober para pelajar dan pengajar akan mengadakan upacara di sekolah untuk memperingati hari Sumpah Pemuda. Dalam upacara ini, sekolah-sekolah akan mengajak muridnya untuk bersama-sama mengucapkan Sumpah Pemuda dengan lantang. 

2. Gotong Royong atau Kerja Bakti

Kegiatan kerja bakti juga dapat dilakukan saat hari Sumpah Pemuda, baik di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal. Semangat gotong royong ini tentunya sejalan dengan semangat Sumpah Pemuda di mana pemuda-pemudi bersatu untuk melawan penjajahan. 

3. Berkunjung ke Museum Sumpah Pemuda

Kamu juga bisa lho berkunjung ke museum Sumpah Pemuda yang terletak di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat. Berbagai koleksi terkait Sumpah Pemuda bisa kamu saksikan karena dipajang sedemikian rupa mengikuti peristiwa dirumuskannya Sumpah Pemuda.

4. Menjadi Muda-Mudi Berprestasi

Semangat Sumpah Pemuda juga bisa kamu teruskan dengan menjadi berprestasi dalam berbagai bidang. Baik dalam bidang akademik, olahraga, seni, dan bidang lainnya sesuai bakat dan ketertarikan masing-masing. 

5. Perkenalkan Bahasa Indonesia

Seperti yang disampaikan dalam Sumpah Pemuda, bahasa Indonesia adalah pemersatu bangsa Indonesia yang memiliki ratusan bahasa daerah. Oleh karena itu, menggunakan bahasa Indonesia dengan bangga dan memperkenalkan pada dunia adalah keharusan. 

ucapan sumpah pemuda bahasa inggris
Image by Mufid Majnun from Pixabay

Sumpah Pemuda dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris Sumpah Pemuda disebut sebagai Youth Pledge, namun ada juga yang menyebutnya Youth Promise. Lalu bagaimana bunyi isinya dalam bahasa Inggris? Berikut adalah Sumpah Pemuda dalam bahasa Inggris: 

We the sons and daughters of Indonesia, acknowledge one motherland, Indonesia.

We the sons and daughters of Indonesia, acknowledge to be of one nation, the nation of Indonesia.

We the sons and daughters of Indonesia, uphold the language of unity, Indonesian.

Ucapan Sumpah Pemuda dalam Bahasa Inggris

Dalam kesempatan tertentu, kamu mungkin butuh untuk menyampaikan Sumpah Pemuda atau memberikan ucapan peringatan Sumpah Pemuda dalam bahasa Inggris. Misalnya ketika kamu mengikuti lomba esai atau pidato bahasa Inggris dengan tema Sumpah Pemuda. 

Berikut adalah beberapa contoh ucapan untuk peringatan Sumpah Pemuda dalam bahasa Inggris:

1. A nation that does not believe in its own might cannot stand as an independent state. Happy Youth Pledge Day!

(Sebuah bangsa yang tidak percaya pada kekuatannya sendiri tidak dapat berdiri sebagai negara merdeka. Selamat Hari Sumpah Pemuda!)

2. Raise your voice of unity and let’s come together as bold young people to march ahead. Happy Youth Pledge Day!

(Lantangkan suara persatuan dan mari melangkah bersama sebagai anak muda yang berani untuk maju. Selamat Hari Sumpah Pemuda!)

3. Differences are no excuse to stop working together to grow and prosper our country. Happy National Youth Pledge Day!

(Perbedaan bukanlah alasan untuk berhenti bekerja sama untuk tumbuh dan mensejahterakan negara. Selamat Hari Sumpah Pemuda Nasional!)

4. Let us carry on the spirit of young unity and fight that was expressed in the Youth Pledge 94 years ago. Let us make Indonesia proud of its independence. Happy National Youth Pledge Day!

(Mari kita lanjutkan semangat persatuan dan perjuangan pemuda yang tertuang dalam Sumpah Pemuda 95 tahun lalu. Mari kita buat Indonesia bangga dengan kemerdekaannya. Selamat Hari Sumpah Pemuda Nasional!)

5. Let us continue to be proud of our home, nation, and Indonesian language, as declared 94 years ago in the youth pledge. Happy National Youth Pledge Day!

(Mari kita terus bangga dengan tanah air, bangsa, dan bahasa Indonesia kita, seperti yang dideklarasikan 94 tahun yang lalu dalam sumpah pemuda.)

Nah, itulah sejarah sumpah pemuda, bagaimana memperingatinya, serta isi dan ucapan untuk memperingatinya dalam bahasa Inggris. Semoga memberimu gambaran dan menumbuhkan rasa nasionalisme dalam dirimu, ya! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.