5 Kegiatan Putra-Putri Indonesia di Hari Sumpah Pemuda

hari sumpah pemuda

Sebagai putra-putri Indonesia yang berbakti, pasti tahu dong kalau tanggal 28 Oktober adalah Hari Sumpah Pemuda. Ini merupakan wujud hormat terhadap proses yang dilalui oleh para muda-mudi Indonesia hingga ditetapkannya hari Sumpah Pemuda.

Sebelum dipeloporinya hari Sumpah Pemuda, perjuangan para pemuda-pemudi tidaklah mudah karena masih eksisnya kedudukan pemerintah kolonial Belanda saat itu. Lalu, apa yang dapat kita lakukan untuk memperingati hari Sumpah Pemuda pada saat ini?

Nah, di bawah ini ada beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Sumpah Pemuda, simak yuk!

Mengikuti Upacara

Setiap tanggal 28 Oktober para pelajar dan pengajar akan mengadakan upacara di sekolah untuk memperingati hari Sumpah Pemuda.

Kalau biasanya saat upacara mingguan salah satu petugas upacara membacakan Pancasila dan Janji Siswa bahkan teks Undang-Undang Dasar, maka pada saat ini tiga ikrar Sumpah Pemuda juga turut dikumandangkan.

Nih, untuk jaga-jaga kalau kalian lupa, hafalkan dari sekarang ya!

  1.     Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
  2.     Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsu yang satu, bangsa Indonesia
  3.     Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Gotong Royong atau Kerja Bakti

Tidak hanya dilakukan saat peringatan 17 Agustus, kerja bakti juga dapat dilakukan saat hari Sumpah Pemuda. Kegiatan ini bisa dilaksanakan di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal.

Gotong royong atau kerja bakti sendiri juga telah dilakukan oleh pemuda-pemudi pada di masa lampau dimana mereka tidak ada yang memandang perbedaan melainkan semangat bersatu demi mencapai Indonesia bebas dari penjajahan dan menang.

Makna yang terkandung dari kegiatan ini yaitu bekerja sama dengan saling membantu satu sama lain demi mencapai masyarakat yang damai. Jangan lupa pakai masker ya saat kamu sedang ikut kerja bakti.

Berkunjung ke Museum Sumpah Pemuda

Kamu juga bisa lho berkunjung ke museum Sumpah Pemuda yang terletak di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat. Disana kamu bisa melihat langsung keseluruhan koleksi Sumpah Pemuda yang dipajang dan dipamerkan serta disusun sedemikian rupa mengikuti peristiwa dirumuskannya Sumpah Pemuda.

Menariknya, di museum Sumpah Pemuda kamu juga bisa melihat langsung biola yang digunakan oleh W. R. Supratman ketika menciptakan lagu Indonesia Raya.

Tapi, rasanya saat pandemi ini, kamu bisa mengunjunginya secara online melalui bacaan atau video youtube tentang perjalanan mengunjungi museum tersebut ya.

Menjadi Muda-Mudi Berprestasi

Sebagai tumpuan dan masa depan negara Indonesia, sekaranglah saatnya para muda-mudi berusaha untuk memenuhi sumpah pemuda dengan meraih prestasi dan harumkan nama bangsa. Caranya beragam sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Salah satu contohnya yaitu berprestasi dalam bidang akademik, seperti mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu di luar negeri. Jangan lupa ya untuk kembali ke ‘rumah’ dan mengamalkan ilmu yang didapatkan untuk memajukan bangsa Indonesia.

Tidak hanya itu, kamu juga meraih prestasi dalam bidang olahraga, seni atau apapun. Intinya disini yaitu jangan ragu untuk berkarya, berjuang dan wujudkan mimpi untuk diri sendiri, keluarga serta bangsa.

Perkenalkan Bahasa Indonesia

Sebagai putra-putri bangsa Indonesia, maka sudah kewajiban kita untuk memperkenalkan Bahasa Indonesia pada warga dunia. Namun, kamu juga perlu mempelajari bahasa asing dalam menjalankan misimu tersebut.

Banyak yang menganggap bahwa belajar bahasa asing dapat menghilangkan identitas bangsa. Padahal, kamu akan lebih mudah untuk memperkenalkan Bahasa Indonesia jika kamu memahami bahasa yang digunakan oleh lawan bicaramu. Maka dari itu, yuk belajar bahasa asing!

Dari daftar kegiatan di atas, dapat disimpulkan bahwa ternyata banyak lho kegiatan yang bisa kita lakukan pada Hari Sumpah Pemuda. Sebagai muda-mudi yang berbakti, yuk kita bekali diri kita dengan hal yang berguna bagi masa depan sendiri dan bangsa.

Sudah saatnya kamu makin Cakap berbahasa asing karena zaman semakin maju dan tentunya persaingan akan semakin ketat. Kalau bukan sekarang mau kapan lagi? Yuk sama-sama belajar bahasa asing biar makin pede untuk bersaing!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google