4 Fakta Menarik Hari Guru Nasional, Kamu Sudah Tahu?

hari guru nasional

Guru adalah sosok yang dikenal pantang menyerah dalam memberikan ilmu bagi murid-muridnya. Dedikasinya yang tinggi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa menjadikan guru sebagai sosok pahlawan tanpa tanda jasa.

Jika di artikel sebelumnya telah dibahas mengenai Hari Guru Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 November, kali ini simak fakta-fakta menarik Hari Guru Nasional yang akan jatuh pada tanggal 25 November mendatang, yuk!

1. Diawali dari perjuangan guru di zaman Hindia Belanda

Photo by Husniati Salma on Unsplash

Sejarah Hari Guru Nasional berawal dari perjuangan para guru pribumi pada masa penjajahan dengan membentuk Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada tahun 1912. Organisasi ini tidak membedakan status, gelar golongan, bahkan gender. Anggotanya terdiri dari guru bantu, guru desa, kepala, serta pengawas sekolah.

Pada tahun 1932, PGHB berganti nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) yang mengejutkan pemerintah Belanda akibat penggunaan kata “Indonesia” yang dianggap mengobarkan semangat kebangsaan yang tidak disenangi Belanda. Kemudian, pada zaman penjajahan oleh Jepang, PGI tidak dapat lagi melakukan aktivitas hingga diselenggarakannya Kongres Guru Indonesia pada tahun 1945.

2. Hari Guru Nasional merupakan hari lahir PGRI

Photo by Husniati Salma on Unsplash

Setelah Indonesia merdeka, tepatnya pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta, Persatuan Guru Indonesia (PGI) menyelenggarakan Kongres Guru Indonesia yang kemudian membentuk Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Tanggal 25 November kemudian ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional sesuai dengan Keputusan Presiden nomor 78 Tahun 1994 yang juga menandai hari lahir PGRI.

3. Sartono, tokoh dibalik lagu Hymne Guru

Photo by Husniati Salma on Unsplash

“Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru. Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku”

Pastinya kamu sudah tidak asing dengan lirik lagu Hymne Guru, bukan? Tahukah kamu bahwa lagu Hymne Guru diciptakan oleh seorang guru dari sebuah siulan?

Sartono, seorang guru kelahiran Madiun menciptakan lagu Hymne Guru dalam keterbatasan alat musik. Lagu itu ia ciptakan dengan bersiul sambil menuliskan nada dan liriknya ke dalam catatan kertas. Meski begitu, pada Hari Pendidikan Nasional tahun 1980, lagu ciptaannya tersebut berhasil memenangkan lomba cipta lagu mengalahkan ratusan peserta. 

4. Cara Memperingati Hari Guru Nasional

Photo by Husniati Salma on Unsplash

Hari Guru Nasional di Indonesia seringkali dirayakan dengan upacara bendera. Tidak jarang para siswa memberikan hadiah berupa bunga atau bingkisan kepada para guru dalam memperingati Hari Guru Nasional.

Selain itu, kamu juga bisa memperingati Hari Guru Nasional dengan cara yang berbeda, lho! Salah satunya yaitu dengan membacakan puisi untuk guru kesayanganmu pada hari guru. 

Nah, itulah fakta-fakta menarik dibalik perayaan Hari Guru Nasional. Yuk, berikan apresiasi dan dukungan kepada para guru yang telah berjasa dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Selamat Hari Guru Nasional!

Baca juga: 

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks