Hanja, Aksara Korea dari Tiongkok

Hanja

Mungkin kamu bertanya-tanya, bukannya huruf dalam bahasa Korea namanya Hangeul, ya? Kenapa ini ada Hanja? Nah, disini kamu bakal menemukan jawabannya!

Singkatnya, Hanja adalah aksara Hanzi dari Tiongkok yang digunakan dalam bahasa Korea dengan pengucapan bahasa Korea. Hanja-mal (한자말) mengacu pada kosakata yang bisa ditulis menggunakan Hanja dan Hanmun (한문) mengacu pada penulisan Tiongkok klasik.

Berarti penulisan Hanja dan Hangeul beda dong? Yes, definitely. Sebelum masyarakat Korea belajar Hangeul, mereka menulis menggunakan aksara Tiongkok klasik. Karena ada perbedaan bahasa Korea dan bahasa Mandarin, nggak semua masyarakat Korea bisa menulis aksara Tiongkok. Hangeul dibuat supaya seluruh kelas masyarakat Korea bisa menulis.

Kayak gimana sih, penulisan Hanja ini? Yuk kita pelajari!

Asal Usul Hanja

source: giphy.com

Han (漢) berarti Chinese. Hanja mulai digunakan pada periode Gojoseon tahun 2333-108 sebelum masehi. Aksara Hanja mirip dengan aksara Tiongkok klasik. Sebelum Hangeul digunakan secara massal pada akhir abad ke-19, masyarakat Korea harus paham mengenai Hanja untuk bisa membaca literatur-literatur Korea.

Sekarang, Hanja nggak digunakan untuk menulis bahasa Korea karena sudah ada Hangeul. Kalau di Korea Utara, Hanja sudah resmi nggak dipakai sejak tahun 1949. Meski demikian, beberapa kosakata bahasa Mandarin masih digunakan walaupun ditulis dalam huruf Hangeul.

Kapan Hanja Digunakan?

source: giphy.com

Walaupun sekarang masyarakat Korea lebih menggunakan Hangeul dalam kehidupan sehari-hari, Hanja juga masih digunakan untuk penulisan nama, kalender, dan tulisan dalam koran. 

Kalau kamu mau lebih dalam belajar bahasa Korea, setelah paham Hangeul, bisa banget nih mulai belajar Hanja. Belajar Hanja akan membantu kamu memahami kebudayaan Korea.

Nama keluarga masyarakat Korea pada awalnya ditulis dengan aksara Tiongkok. Penulisan Hanja dalam nama merupakan tulisan yang paling sering digunakan di era modern Korea saat ini.

Nama

Hangeul

Hanja

Kim

金 (Jīn)

Park

朴 (Pǔ)

Kang

姜 (Jiāng)

江 (Jiāng)

剛 (Gāng)

康 (Kāng)

強/彊 (Qiáng/Jiàng)

Jung

鄭 (Zhèng)

Lee

李 (Lǐ)

Yoo

劉 (Liú)

Yoon

尹 (Yǐn)

Penulisan Hanja untuk negara ini biasanya bakal kamu temukan ketika kamu membaca koran.

Hangeul

Hanja

Arti

한국 (Han-guk)

韓 (Hán)

Korea

중국 (Jung-guk)

中 (Zhōng)

Tiongkok

일본 (Il-bon)

日 (Rì)

Jepang

미국 (Mi-guk)

美 (Měi)

Amerika Serikat

Menurut National Institute of Korean Language, ada sekitar 290.000 kosakata bahasa Korea yang bisa ditulis dengan Hanja. Seperti apa contohnya?

Hangeul

Hanja

Arti

년 (Nyeon)

年 (Nián)

Tahun

국 (Guk)

國 (Guó)

Negara

교 (Gyo)

校 (Xiào)

Sekolah

방 (Bang)

房 (Fáng)

Ruangan

대 (Dae)

大 (Dà)

Besar

Kalau Hiragana adalah bentuk lebih simple dari Kanji dalam penulisan bahasa Jepang, bisa dibilang Hangeul adalah bentuk lebih sederhana dari Hanja agar lebih mudah dipahami. Di era modern, huruf Hanja masih digunakan dalam iklan, simbol, dan peribahasa klasik.

Apa kamu perlu paham Hanja untuk belajar bahasa Korea? Hmm, nggak juga. Untuk pemula, kamu hanya perlu mengerti Hangeul karena itu adalah huruf resmi yang digunakan di Korea.

Nggak perlu khawatir belajar Korea itu susah ya! Sekarang, di Cakap ada Cakap K-Club setiap hari Selasa dan Kamis jam 20.00 malam gratis buat kamu belajar tentang kebudayaan Korea!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google