Fisika Bahasa Inggris, Berbagai Kosakata yang Sering Digunakan!

Fisika Bahasa Inggris

Fisika merupakan ilmu yang berfokus pada gerak dan perilaku suatu ruang lingkup, serta konsep yang berkaitan dengan energi dan gaya. Karena menjadi salah satu ilmu dasar, fisika memiliki tujuan untuk memahami bagaimana alam semesta bekerja. Lantas, apa itu fisika bahasa Inggris? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Penjelasan Tentang Fisika

Seperti yang sudah disinggung pada pembukaan artikel, fisika adalah bidang ilmu pengetahun yang berfokus pada sifat dan fenomena alam. Selain itu, ilmu ini juga berkaitan dengan interaksi, seperti energi, perubahan zat, makroskopis, mikroskopis, materi, dan sejenisnya.

Fisika berasal dari kata ‘physic’. Artinya sendiri adalah alam. Ilmu fisika memiliki cangkupan yang luas, khususnya pada hal-hal yang berkaitan dengan alam semesta. Sehingga ada beberapa tahapan yang bisa kamu dapatkan saat mempelajari fenomena alam dengan menggunakan fisika. 

Misalnya seperti pengamatan, pengukuran, analisis hasil, dan menarik kesimpulan. Hal inilah yang menyebabkan penemuan-penemuan dalam fisika akan membutuhkan waktu yang panjang. Karena waktu yang relatif panjang tersebut, hasil pengamatan harus akurat dan memiliki bukti yang kuat.

Pada mata pelajaran sekolah, fisika bisa menggunakan bahasa Inggris maupun Indonesia dan masuk ke dalam mata pelajaran IPA atau Ilmu Pengetahuan Alam. Karena itu, fisika memiliki kaitan erat dengan matematika dan rumus-rumusnya.

Mata pelajaran ini terkenal sebagai momok utama untuk sebagian besar pelajar. Jadi, tidak heran jika banyak pelajar yang menghindari fisika. Tentu saja, ada alasan tersendiri mengapa pelajar kurang meminati pelajaran ini, salah satunya adalah rumus yang tersedia sangat sulit dan rumit untuk dikerjakan.

Fungsi Ilmu Fisika dalam Kehidupan Sehari-hari

Jika kamu mempelajari ilmu fisika bahasa Inggris dengan sungguh-sungguh, maka kamu bisa merasakan berbagai fungsi yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya:

1. Melatih Pikiran Agar Lebih Logis

Menjadi salah satu ilmu yang menggunakan logika sebagai landasan, maka yang mempelajarinya juga akan berpikir secara logis. Ketika mempelajari fisika, kamu akan berlatih secara analitis dan sistematis. Melalui pikiran yang logis, kamu bisa mengambil keputusan dalam mengatasi permasalahan sesuai keinginan sendiri.

Dalam kehidupan ini, semua hal tidak akan lepas dari campur tangan Tuhan. Akan tetapi, dibalik kebesaran wahyu milik Tuhan, manusia juga dipercaya sebagai makhluk yang akan menjalaninya secara sukarela tanpa adanya perantara.

Karena Tuhan dapat memberikan segala sesuatu melalui perantara tersebut. Melalui cara Tuhan ini, manusia akan lebih tertata dalam menciptakan pikiran yang logis. Salah satunya adalah dengan berpikir secara sistematis. Oleh sebab itu, teori ilmu fisika sangat dibutuhkan.

2. Membantu Memahami Fenomena Alam

Selanjutnya, ketika mempelajari ilmu fisika bahasa Inggris, kamu akan mendapatkan informasi tentang banyaknya fenomena alam yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Baik itu jangka panjang maupun pendek.

Misalnya, ada fenomena alam tentang bagaimana orang berjalan namun tidak tergelincir, barang jatuh dari atas ke bawah, hingga melihat segala hal melalui retina mata. Semua hal tersebut terjadinya karena adanya gravitasi bumi.

Meskipun manusia telah tinggal selama berabad-abad, namun alam tetap memiliki rahasianya sendiri. Inilah mengapa banyak orang yang penasaran, khususnya para peneliti. Kebanyakan dari mereka merasa penasaran dan ingin mencari rahasia tersebut secara dalam.

Tentu saja, fenoma-fenoma alam yang terjadi di dunia memiliki keterkaitan yang erat dengan teori fisika. Bahkan, setiap teori fisika baru muncul, kamu juga bisa menemukan fenomena alam yang belum terungkap.

jadi, ilmu fisika bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari untuk menyingkap rahasia milik alam. Bukan hanya sebatas dampak yang terjadi, namun juga mengenai faktor penyebab, asal usul, dan lain sebagainya.

3. Menemukan Teknologi Baru

Fisika berkaitan erat dengan teknologi, sehingga ilmunya dapat kamu gunakan untuk menemukan teknologi baru. Dalam inovasi menarik ini, para penemu juga menggunakan hasil pembelajaran fisika ke dalam kehidupan sehari-hari.

Sehingga, fisika sangat berperan penting dalam tatanan kehidupan alam semesta. Hal tersebut karena dengan adanya fisika, penemuan teknologi baru terjadi dan segala kegiatan sehari-hari manusia akan lebih mudah.

4. Mengembangkan Teknologi

Selanjutnya, ketika kamu mengikuti pelajaran fisika bahasa Inggris, kamu dapat memahami bagaimana perkembangan teknologi berlangsung. Misalnya, seperti teknologi earphone, alat ini akan memberikan hasil suara yang jelas. Hal tersebut terjadi karena adanya gelombang suara dan gaya magnetik pada perangkat.

Selain berperan aktif dalam penemuan teknologi, ilmu fisika juga berfungsi untuk mengembangkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Inilah mengapa fisika berperan besar pada segala aspek.

Ada banyak teknologi yang berkembang pesat karena penerapannya menggunakan teori-teori fisika. Perkembangan teknologi akan memberikan kemudahan untuk seluruh kegiatan manusia. Contohnya dalam industri bisnis, kehidupan sosial, dan lain sebagainya.

5. Relevan dengan Ilmu Lain

Siapa sangka bahwa, fisika sangat relevan untuk menjadi landasan berbagai ilmu lainnya. Misalnya seperti teknik dan kedokteran. Hukum fisika yang berhubungan dengan kedokteran, contohnya adalah darah yang mengalir dalam tubuh manusia. Karena adanya tekanan, kecepatan aliran, dan perubahan resistensi.

6. Penuh Intelektual 

Fisika bahasa Inggris akan membuat kamu menjadi golongan yang intelektual, khususnya pada ruang lingkup umum. Sehingga, kamu mampu memahami fisika secara lekat. Baik itu rumus, angka, maupun hal-hal sulit lainnya. Jadi, jika berhasil memecahkannya, kamu sudah dapat dianggap memiliki tingkat intelektual tinggi.

7. Memahami Dunia

Pada umur berapa kamu mengetahui bahwa fisika dapat membantumu memahami dunia? Ternyata, hal-hal yang terlihat kurang masuk akal menurut orang awam dapat kamu pahami melalui pembelajaran fisika. 

Sebagai contoh, dengan fisika kamu dapat memahami mengapa pesawat terbuat dari besi namun bisa terbang. Lalu, kapal yang terbuat dari baja namun tidak tenggelam dan lain sebagainya.

Istilah-istilah Fisika dalam Bahasa Inggris

Agar ilmu fisika milikmu semakin meningkat, kamu juga bisa mempelajari fisika bahasa Inggris. Karena itu, pada aspek ini kamu akan mengetahui istilah-istilah yang dapat membantumu dalam memahami ilmu fisika dengan lebih mudah. Berikut ini beberapa kosakatanya:

A. Kosakata Umum

Inggris

Indonesia

Description

Penjelasan

Force

Gaya

Force is the total of pull or push on an object.

Gaya adalah besaran dorongan atau tarikan pada benda.

Gravity

Gravitasi

The style that is raised is the mass of objects that are attracted to each other.

Gaya yang diakibatkan adanya massa benda yang saling tarik menarik.

Friction

Gesekan

Friction will occur because there are two objects that touch each other.

Gesekan akan terjadi karena adanya dua benda yang saling bersentuhan satu sama lain.

B. Kosakata Termodinamika

Inggris

Indonesia

Description

Penjelasan

Isolated system

Sistem Terisolasi 

An isolated system is a thermodynamic system in which there is no exchange of heat, matter or surroundings. Examples of isolated systems, such as isolated containers, isolated gas cylinders, and so on.

Sistem terisolasi merupakan sistem termodinamika yang di dalamnya tidak ada pertukaran panas, benda, maupun lingkungan. Contoh sistem terisolasi adalah wadah terisolasi, tabung gas terisolasi, dan lain sebagainya.

Thermodynamic cycle

Siklus termodinamika

The thermodynamic cycle is the stages and processes of thermodynamic occurrence. Where this cycle transfers heat and work under various conditions. According to the laws of thermodynamics, the amount of heat entering is equal to the amount of heat leaving in all parts of the cycle.

Siklus termodinamika merupakan tahapan dan proses terjadinya  termodinamika. Di mana siklus ini melakukan transfer panas dan kerja dalam berbagai kondisi. Berdasarkan hukum termodinamika, sejumlah panas yang masuk akan setara dengan jumlah panas yang keluar pada semua bagian siklus.

Specific Volume

Volume Spesifik

In thermodynamics, a certain volume is the ratio of a substance’s volume to its mass. Specific volume is described as the reciprocal of the density which is an intrinsic property of a particular material. The definition of specific volume, namely the number of cubic meters occupied by one kilogram of substance.

Dalam termodinamika, volume spesifik adalah rasio suatu volume zat terhadap massanya. Volume spesifik digambarkan sebagai kebalikan dari kerapatan yang memiliki sifat intrinsik dari suatu materi tertentu. Definisi volume spesifik, yakni jumlah meter kubik yang ditempati oleh satu kilogram zat.

C. Kosakata Astronomi

Inggris

Indonesia

Description

Penjelasan

Asteroid

Asteroid

Asteroids also known as planetoids or minor planets. Where this asteroid is smaller than other planets, but bigger than meteoroids. In general, Asteroids are in the Solar System. Asteroids are visually different from comets, because comets show a coma while asteroids don’t.

Asteroid juga dikenal sebagai planet minor atau planetoid. Dimana Asteroid ini memiliki ukuran lebih kecil daripada planet lainnya, namun lebih besar dari meteoroid. Secara umum, Asteroid terdapat  dalam Tata Surya. Visual Asteroid berbeda dengan komet, karena komet memperlihatkan koma sedangkan asteroid tidak.

Constellation

Rasi Bintang/Konstelasi 

Constellations are a group of stars that appear to be interconnected by forming a special configuration. In three-dimensional space, many of the stars that humans observe have no relationship with each other, but can still appear as clusters on the night sky globe.

Konstelasi merupakan sekelompok bintang yang terlihat saling berhubungan dengan membentuk konfigurasi khusus. Pada ruang tiga dimensi, tidak sedikit bintang yang manusia amati tidak memiliki hubungan satu sama lain, namun tetap dapat tampak seperti berkelompok pada bola langit malam.

D. Kosakata Elektronika

Inggris

Indonesia

Description

Penjelasan

Rheostat

Variable Resistor

A rheostat is a component that functions to control the current in an electronic circuit.

Rheostat merupakan sebuah komponen yang berfungsi untuk mengendalikan arus yang ada di dalam rangkaian elektronik.

Generator

Sumber Energi Listrik

An electric generator is a machine that is used to generate electrical energy through a mechanical energy source.

Generator listrik merupakan sebuah mesin yang dipakai untuk menghasilkan energi listrik melalui sumber energi secara mekanis.

Belajar Fisika dalam Bahasa Inggris Jadi Lebih Mudah Bersama Cakap

Bahasa Inggris menjadi bahasa penting untuk menyatukan berbagai negara. Bahkan, tak jarang orang-orang menggunakannya sebagai bahasa kedua. Selain itu, semakin tinggi wawasanmu tentang bahasa Inggris, semakin besar kesempatanmu mendapatkan beasiswa. Apalagi jika kamu mempelajari fisika bahasa Inggris.

Nah, jika ingin belajar fisika dalam bahasa Inggris, maka kamu bisa menggunakan jasa dari Cakap. Karena sebagai penyedia layanan kursus bahasa Inggris, Cakap siap mendukungmu sepenuhnya dalam belajar fisika berbahasa Inggris. 

Sehingga belajar fisika dengan bahasa asing bukan lagi hal mustahil dan sulit. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera Belajar Bahasa Inggris di Cakap untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuanmu!

Baca Juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat