10 Film & Series Korea Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Nonton!

10 Film & Series Korea Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Nonton!
film korea terbaik sepanjang masa

Sejak satu dekade terakhir, Korea Selatan semakin dikenal dunia dengan industri hiburannya lewat kpop, drama, variety show dan film. Jumlah penikmatnya pun ada sangat banyak di Indonesia dari berbagai kalangan usia. 

Belakangan, banyak anak muda yang ketagihan nonton drama korea bahkan sampai binge-watching. Jangan salah, film korea nggak kalah keren, lho! Buktinya Parasite bisa menang nominasi Best Picture di Oscars 2020. Selain itu, ada beberapa film lagi yang harus kamu masukin ke dalam watching list! Kajja disimak!

Daftar Film Korea Terbaik Sepanjang Masa

film-korea-terbaik-sepanjang-masa

1. Hard Hit (2021)

Hard Hit adalah film Korea terbaru bergenre thriller yang dibintangi oleh aktor ternama Ji Chang Wook. Penayangan film ini telah menembus lima ratus ribu penonton pada hari kesepuluh sejak tayang perdana, yang mana merupakan pertama bagi film Korea pada tahun ini. 

Berkisah tentang ancaman bom yang diterima oleh seorang ayah bernama Sungkyu (Jo Woo Jin) yang sedang mengantarkan anak-anaknya berangkat ke sekolah dengan menggunakan mobil. Sepanjang film ini kamu akan ikut merasakan teror dari bom yang katanya telah dipasang dan siap meledak jika Sungkyu tidak memberikan uang yang diminta oleh di peneror. 

2. Sweet and Sour (2021)

Buat kamu yang tertarik dengan film yang tidak begitu berat, film ini mungkin jadi rekomendasi film Korea terbaik buat kamu tahun ini. 

Sweet and Sour adalah film yang memiliki jalan cerita persis seperti judulnya. Film ini mengisahkan tentang pasangan yang menghadapi kerasnya realita kehidupan orang dewasa dengan berbagai konflik yang begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari. 

Meski demikian, film ini tentunya menyediakan kejutan yang bikin kamu cengo di akhir cerita!

Lihat Drama Korea Tanpa Subtitle? Siapa Takut!

3. Space Sweepers (2021)

Film yang dibintangi oleh aktor populer Song Joong Ki ini sempat menempati film terlaris di Netflix pada awal tahun 2021. 

Space Sweepers berkisah tentang kehidupan manusia pada tahun 2092 di mana manusia berpindah ke luar angkasa karena bumi sudah tidak layak dihuni. Film ini merupakan film pertama dari Korea Selatan yang mengangkat tema luar angkasa. 

Film berdurasi 2 jam 16 menit yang bergenre science fiction ini boleh banget kamu tonton weekend ini!

4. Peninsula (2020)

Peninsula merupakan film sekuel dari Train to Busan (2016). Film ini masih menceritakan hal yang sama dengan film pertamanya yaitu virus zombie yang menyebar di Negeri Ginseng, Korea Selatan. 

Bedanya, Peninsula menceritakan empat tahun setelah terjadinya peristiwa Train To Busan. Film ini mengisahkan Jung Suk, yang diperankan oleh Kang Dong Won, diminta untuk menjalankan misi bernilai jutaan dolar. Jung Suk menerima misi tersebut meskipun misi itu membuka kenangan buruknya, dimana ia kehilangan orang yang ia cintai.

Film berdurasi 1 jam 56 menit ini bergenre thriller. Jadi siap-siap dengan jumpscare yang bisa bikin jantung copot, guys!

5. Time to Hunt (2020)

Time to Hunt merupakan salah satu film Korea yang mengangkat tema unik yaitu dystopian. Film ini menceritakan ketika kemiskinan merajalela, empat sekawan berencana untuk melakukan aksi kejahatan. Namun naas, aksi tersebut malah menyerang balik mereka.

Film ini diperankan oleh Choi Woo Shik, yang semakin dikenal sejak perannya di film Parasite. Selain itu, pemeran drama Korea Prison Playbook, Park Hae Soo, dan drama Korea Signal, Lee Je Hoon, ikut bermain di film ini.

Film ini bisa kamu nikmatin di Netflix, lho!

Psst, kenali level fasih Bahasa Koreamu disini!

Daftar Series Korea Terbaik Sepanjang Masa

series-korea-terbaik-sepanjang-masa

Crash Landing on You

Mau tahu gimana struggle-nya kisah cinta beda negara? Series drama Korea yang satu ini jawabannya!

Crash Landing on You menceritakan sekelumit kisah cinta dua orang dengan kewarganegaraan yang berbeda yaitu Korea Selatan dan Korea Utara. Diperankan oleh aktor dan aktris papan atas Korea, Hyun Bin dan Son Ye Jin, drama ini berhasil menyita perhatian banyak orang, baik secara nasional, maupun global. Drakor yang rilis pada tahun 2019 ini berhasil mencapai rating hingga 21%, lho! 

BBF

Series drama Korea terbaik sepanjang masa yang melegenda selanjutnya adalah BBF atau Boys Before Flowers. Drakor yang menceritakan tentang cinta beda kasta ini, diperankan oleh Lee Min Ho dan Hye Sun Ku sebagai peran utamanya. Drama Korea ini akan membawamu kembali mengingat kisah cinta monyet di bangku SMA. 

Berkat kepopulerannya, drama yang berjumlah 25 episode ini pernah diputar ulang di stasiun televisi Indonesia.

Goblin

Kisah antara dua anak manusia dan berakhir bahagia dalam sebuah series drama, sudah biasa. Gimana kalau kisah cinta manusia dan Goblin?

Yap! Sesuai dengan judulnya, drama Korea ini tentang seorang Goblin berusia ratusan tahun yang jatuh cinta pada seorang gadis yang istimewa. Dimainkan oleh pemeran utama, Gong Yoo dan Kim Go Eun drama ini semakin seru karena menghadirkan Lee Dong Wook dan Yo In Na sebagai pemeran pendampingnya.

Drama yang juga dikenal dengan nama Guardian: The Lonely and Great God ini rilis pada tahun 2016 dengan jumlah 16 episode.

Reply 1988

Siapa nih yang lagi suka nonton drama dengan latar kehidupan tahun 80-an? Reply 1988 merupakan drama Korea yang menceritakan tentang persahabatan empat orang laki-laki dan satu perempuan. Drama yang berjumlah 20 episode ini dirilis tahun 2015 lalu. Drakor bergenre keluarga, romance, dan komedi tersebut diperankan oleh Lee Hye Ri, Go Kyung Pyo, Ryu Jun Yeol, Lee Dong Hwi, dan Park Bo Gum.

Series drama Korea yang satu ini termasuk ke dalam drakor terbaik sepanjang masa, lho. Pasalnya, setelah bertahun-tahun tayang, drama ini kerap diperbincangkan dan bertengger menjadi trend di Twitter.

Squid Game

Last but not least ada Squid Game nih yang menduduki salah satu series drama Korea terbaik sepanjang masa. Menuju akhir tahun 2021 lalu, tepatnya di bulan September, series Korea yang satu ini menggemparkan dunia dan viral di mana-mana. 

Menampilkan Lee Jung Jae dan Park Hae Soo sebagai salah satu peran utama, Squid Game bercerita tentang sebuah permainan yang dimainkan dengan cara dan peraturan yang tidak biasa. Buat kamu yang penasaran dengan kelanjutan dan akhir cerita series Korea ini, kamu bisa menonton episode lengkapnya di Netflix.

Nonton film dan series Korea bakal lebih asik kalau kamu udah tau percakapan bahasa Korea dan artinya. Jadi kamu bisa sambil asah listening skill bahasa Koreamu. Sekarang kursus Bahasa Korea online sudah bisa di Cakap lho! Di sana, kamu bisa belajar Bahasa Korea bareng tutor profesional secara Live. Dan menariknya, kamu juga bisa mendapatkan e-book bahasa Korea gratis! Dijamin belajar jadi lebih mudah dan ngobrol pakai bahasa Korea jadi makin pede! Hwaiting!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.