Entry Level Job: Pengertian, Gaji, dan Contoh Pekerjaan

entry level adalah
Image by tirachardz on Freepik

Ketika memasuki dunia kerja, umumnya kamu akan memulai karier dari posisi paling bawah di dalam pekerjaan tersebut. Pekerjaan pada level ini disebut juga dengan istilah pekerjaan entry level atau pekerjaan tingkat pemula. Cari tahu seluk-beluk istilah dunia kerja bahasa Inggris yang satu ini, yuk! 

Table of Contents

Pengertian Entry Level Job

Entry level job artinya adalah sebuah tingkat pekerjaan paling bawah yang ada dalam suatu bidang pekerjaan. Pekerjaan jenis ini membutuhkan sedikit keterampilan dan pengalaman sehingga cocok untuk para fresh graduate yang baru memasuki dunia kerja. 

Pada pekerjaan ini, fresh graduate diberi kesempatan untuk memulai karier, menambah pengalaman, dan membangun relasi secara profesional. Tidak jarang mereka juga diberikan pelatihan untuk dapat bekerja dengan maksimal di bidang yang digeluti. 

Namun demikian, ada juga pekerja berpengalaman yang mengambil pekerjaan entry level. Hal ini bisa terjadi jika orang yang bersangkutan mengganti pekerjaannya ke bidang yang berbeda sehingga ia harus memulai kariernya dari awal. 

Keunggulan Entry Level Job 

Entry Level job memiliki sejumlah keunggulan yang cukup menguntungkan, lho. Berikut beberapa di antaranya. 

1. Mengembangkan Skill

Para pekerja di posisi entry level umumnya akan diberikan pelatihan agar dapat bekerja secara efektif dan efisien. Kamu dapat mengembangkan skill yang kamu miliki lewat pelatihan yang diberikan oleh perusahaan tersebut serta menerapkannya secara langsung dalam pekerjaan. 

2. Memperoleh Pengalaman

Pengalaman yang didapat selama bekerja di posisi ini bisa menjadi modal yang sangat berharga untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik nantinya. Oleh karena itu, entry level job sangat mungkin menjadi pondasi bagi para pekerja untuk membangun kariernya. 

3. Membangun Relasi

Entry level job memberikan kesempatan untuk membangun relasi dengan berbagai pihak mulai dari rekan kerja, atasan, klien hingga mitra bisnis. Dengan membangun relasi yang luas kamu bisa mendapatkan bantuan dalam pekerjaan, memperoleh informasi yang menguntungkan, hingga peluang kerja yang lebih baik. 

Kelemahan Entry Level Job 

Selain memiliki keunggulan di atas, entry level job juga memiliki kelemahan, yaitu: 

1. Gaji Kecil

Sebagai sebuah pekerjaan yang berada di tingkat bawah maka gaji entry level job cenderung lebih kecil dibandingkan posisi yang ada di atasnya. Hal ini tentu saja sesuai dengan kualifikasi dan juga pengalaman yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini. 

2. Tanggung Jawab Terbatas

Dengan kualifikasi dan pengalaman yang terbatas, jenis pekerjaan yang dilakukan untuk pekerja di level ini pun biasanya terbatas. Cakupan pekerjaan entry level job umumnya bersifat operasional dan jarang sekali terlibat dalam pengambilan keputusan strategis.

3. Perkembangan karier Lambat

Sebagai pekerjaan untuk para pemula, pengembangan karier di entry level job cenderung lambat serta membutuhkan waktu yang cukup lama untuk naik jabatan. Hal ini tentunya dapat menimbulkan rasa ketidak sabaran bagi sebagian orang yang mengincar posisi yang lebih tinggi. 

Temukan dan Bangun Karier Masa Depan di Perusahaan Impian

Contoh Entry Level Job dan Perkiraan Gajinya

Setiap industri dan bidang pekerjaan memiliki pekerjaan entry level yang bisa dilamar oleh fresh graduate yang ingin memulai karier. Berikut adalah beberapa pekerjaan entry level yang paling umum di Indonesia beserta perkiraan gajinya. 

1. Staff Administrasi

Staff Administrasi merupakan suatu pekerjaan yang berkaitan dengan pengelolaan administrasi di suatu perusahaan. Tugasnya mencangkup hal-hal seperti penyusunan dokumen, membuat jadwal meeting dan hal-hal berbau administrasi lainnya.

Perkiraan gaji entry level: Rp3.5000.000–Rp5.000.000 per bulan (tergantung jenis perusahaan dan UMR)

2. Customer Service

Customer Service merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan penyediaan informasi ataupun layanan terkait barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. 

Perkiraan gaji entry level: Rp3.000.000–Rp5.000.000 per bulan (tergantung jenis perusahaan dan UMR).

3. Sales Associate

Sales Associate merupakan bagian dari tim penjualan yang tugasnya adalah memperkenalkan produk perusahaan kepada calon pelanggan. Termasuk menjawab pertanyaan mereka seputar produk/layanan, hingga membantu proses pembelian.

Perkiraan gaji entry level: Rp3.000.000–Rp5.000.000 per bulan (tergantung jenis perusahaan dan UMR).

4. HR Generalist

Posisi ini biasanya terbuka untuk mereka yang menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang psikologi dan manajemen. Tugas mereka biasanya berhubungan dengan perekrutan dan pengelolaan karyawan di suatu perusahaan. 

Perkiraan gaji entry level: Rp5.000.000 per bulan (tergantung jenis perusahaan dan UMR)

5. Graphic Designer 

Seorang Graphic Designer bertugas untuk mendesain materi-materi promosi dan periklanan di suatu perusahaan. Mulai dari logo perusahaan, landing page, desain brosur, konten promosi, dan media periklanan lainnya. 

Perkiraan gaji entry level: Rp5.000.000–Rp6.000.000 (tergantung jenis perusahaan dan UMR)

Tips Sukses di Entry Level Job

Sebagai langkah awal dalam dunia kerja, kesuksesan dalam entry level job akan sangat mempengaruhi perkembangan karier Sobat Cakap di masa depan. Biar kamu sukses di pekerjaan pertamamu, ini dia 3 tips yang bisa kamu terapkan. 

1. Tunjukkan Inisiatif

Cobalah untuk mencari tahu sendiri tentang hal apa saja yang harus kamu kerjakan tanpa harus selalu menunggu instruksi dari atasan. Dengan demikian, kamu dapat memberikan kesan baik sehingga bisa diingat oleh atasan ketika ada kesempatan untuk promosi. 

2. Teruslah Belajar

Sebagai seorang pemula dalam dunia kerja, kamu harus memanfaatkan segala kesempatan yang ada untuk mempelajari bidang pekerjaan yang kamu geluti. Dengan begitu kamu dapat memperoleh keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan kariermu di masa depan. 

3. Kelola Waktu dengan Baik

Selanjutnya, kamu juga harus memiliki pengelolaan waktu yang baik sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan terhindar dari stres. Buatlah jadwal kerja yang efisien, tentukan skala prioritas serta tetap berfokus pada tugas-tugas yang sedang dikerjakan. 

Nah, itu dia serba-serbi entry level job yang mesti Sobat Cakap ketahui. Pada dasarnya, entry level jobs sangat cocok  dijadikan sebagai batu loncatan untuk memulai karier profesional. Selama dalam pekerjaan tersebut, kamu bisa pengalaman untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik nantinya.

Siapa di sini yang sedang mencari pekerjaan entry level pertamamu? Kamu bisa banget untuk cek Cakap Career, karena ada banyak sekali kesempatan kerja baru, termasuk untuk para fresh graduate, lho. Yuk, cek halaman Cakap Career sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.