Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah & Cepat, Cuma 5 Menit!

cara-membuat-grafik-di-excel

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi lembar kerja yang memiliki banyak sekali kegunaan. Salah satunya adalah menyederhanakan tabel atau data laporan dalam bentuk grafik. Hanya dalam hitungan beberapa menit saja, kamu bisa membuat penyajian informasi data yang kamu miliki dalam bentuk grafik di Excel. Wah, menarik sekali! 

Setelah sebelumnya pernah belajar cara membuat tabel di Excel, sekarang saatnya belajar cara membuat grafik di Excel, yuk! Gimana ya caranya? Untuk membuat grafik di Excel, kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah mudah saja. Namun, sebelum menuju topik cara membuat grafik di Excel, coba kenalan dulu sama jenis-jenis grafik yang bisa kamu pakai di bawah-ini!

Jenis Grafik yang Bisa Kamu Pilih

 

jenis-grafik
Photo from Pexels

Ada beberapa jenis grafik yang bisa kamu pakai di Excel. Salah satu yang paling sering digunakan adalah column chart. Lalu, ada grafik lain apa saja ya?

Column Chart

Okay, mari selesaikan dulu tentang column chart atau bisa disebut juga dengan grafik kolom. Kategori data yang ditampilkan dalam grafik ini biasanya berbentuk sumbu horizontal dan sumbu vertikal. Kamu bisa menggunakan grafik jenis ini saat akan menyajikan perbandingan satu kategori data dengan nilai dan kurun waktu tertentu.

Line Chart

Selanjutnya ada line chart atau grafik yang berbentuk garis. Grafik ini cocok digunakan untuk menyajikan continuous data. Line chart juga biasa dipakai untuk menampilkan trend atau interval pada kurun waktu tertentu. Kamu akan mudah membaca isi dalam grafik yang disajikan melalui jenis grafik ini.

Pie Chart

Setelah sebelumnya ada jenis kolom dan garis, saatnya mengenal jenis penyajian grafik yang berbentuk lingkaran. Jenis grafik yang satu ini cocok digunakan untuk data yang hanya memiliki satu seri dan tidak lebih dari 7 kategori yang harus ditampilkan.

Bar Chart

Kamu pasti pernah mendengar nama jenis grafik yang satu ini. Yap! Bar chart atau grafik batang. Jenis grafik ini umum digunakan untuk menampilkan perbandingan beberapa item. Saat kamu ingin mendata jumlah pertumbuhan penduduk atau mendata hobi siswa dalam sebuah kelas, kamu bisa menggunakan jenis grafik ini untuk menyajikan datamu.

Combo Chart

Last but not least ada combo chart. Jenis grafik ini menggabungkan dua atau jenis grafik ke dalamnya. Biasanya paling sering digunakan adalah gabungan grafik garis dan grafik batang. Hal tersebut dilakukan agar informasi yang disajikan lebih mudah dipahami.

Cara Membuat Grafik di Excel

Masuk pada pembahasan inti, yaitu cara membuat grafik di Excel dengan sederhana dan mudah. Untuk membuat grafik di Microsoft Excel, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini! Yuk, catat untuk menambah dan mengembangkan skill dan kemampuanmu dalam mengoperasikan Microsoft Excel!

Masukkan Data dalam Kolom Excel


cara-membuat-grafik

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan data yang kamu miliki ke dalam Excel. Pastikan kamu menuliskan data dengan jelas ya, baik secara kategori maupun angkanya. Akan lebih baik jika kamu memiliki judul atau title dari data yang kamu masukkan karena nantinya kamu bisa meng-copy judul tersebut ke dalam grafik yang sudah jadi.

Sorot Data yang Akan Dibuat Grafiknya


cara-membuat-grafik-batang-di-excel

Cara membuat grafik selanjutnya adalah menyorot data yang akan kamu tarik untuk dijadikan grafik. Setelah seluruh data diblok, langkah selanjutnya adalah klik menu Insert pada bar, lalu pilih Recommended Chart.

Pilih Jenis Grafik yang Akan Dipakai


grafik-excel

Setelah mengeklik menu Recommended Charts, kamu akan disuguhkan dengan beragam jenis grafik. Perhatikan jenis grafiknya dan pilihlah grafik yang paling cocok dengan data yang kamu miliki. Lalu klik kolom “Ok”.

Ubah Judul dalam Grafik


membuat-grafik-di-excel

Setelah kamu memilih grafik yang kamu inginkan dan mengeklik kolom “OK”, maka grafikmu akan muncul. Lalu, langkah selanjutnya adalah mengganti judul dalam grafik sesuai data yang kamu miliki.

Atur Posisi Grafik


grafik

Langkah terakhir dari cara membuat grafik di Excel adalah mengatur posisi grafik. Setelah grafik muncul dalam worksheet Excel-mu, kamu bisa mengatur posisi dan ukuran grafik sesuai kebutuhan dan keinginanmu. Untuk mengubah posisi grafik, kamu hanya perlu menaruh kursor ke dalam bagian grafik, lalu klik dan geser. Sedangkan untuk mengubah ukuran grafik, cukup arahkan kursor pada ujung grafik dan menariknya. 

Gimana? Membuat grafik di Excel mudah sekali, bukan? Sekarang kamu bisa mencobanya sendiri dalam worksheet Excel-mu!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.