Cakap Berhasil Lolos Seleksi Sebagai “Content Provider of Kemendikbud’s Modul Ajar” Berbasis Komunitas

cakap lolos seleksi sebagai content provider of kemendikbud's modul ajar

Pada tanggal 15 September, Cakap berinisiasi mengadakan audiensi dengan Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). Pertemuan tersebut bertujuan untuk mengenalkan Cakap dengan harapan agar dapat menjadi mitra dalam pengembangan Pendidikan di Indonesia terlebih dalam konteks bahasa dan Upskill. Dalam hal ini, Cakap berupaya untuk ikut berkontribusi menyediakan modul ajar yang disusun berdasarkan kurikulum untuk sekolah penggerak.

Audiensi diadakan pada tanggal 23 September 2021 melalui Zoom yang dihadiri oleh Head of BD Bapak Felix Irawan, Senior BD Manager Ibu Siti Messyana Putri dan Tim BD (Government & CSR). Sementara yang mewakili dari Kemendikbud ialah Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Bapak M. Hasan Chabibie, Sub Koordinator Pengendalian, Kepala Program TV Edukasi, Suara Edukasi, dan Belajar.id Bapak Wibowo Mukti dan Subkoordinator Perancangan Aplikasi, Kepala Program Rumah Belajar (belajar.kemdikbud.go.id) Bapak Arief Darmawan.

Pokok pembahasan dalam audiensi tersebut berkaitan dengan program-program apa saja yang akan berlangsung di tahun 2022. Dua di antaranya adalah Kampus Merdeka dan Program Sekolah Penggerak (PSP) yang mana salah satu program (Kampus Merdeka) tersebut juga merupakan target utama Tim BD (Government & CSR) untuk dapat berkontribusi sebagai mitra.

Proses Pembuatan Modul Ajar

Project pembuatan modul ajar oleh Cakap ini dimulai pada tanggal 21 Oktober 2021. Tim-tim Cakap, khususnya Tim Education saling berkoordinasi terkait produk yang akan ditawarkan untuk kedua program tersebut. Di mana untuk PSP ini bermuara pada pembuatan Perangkat Ajar dalam bentuk modul Bahasa Inggris bagi SMK dengan jurusan Perhotelan. Topik besarnya berkaitan dengan Hospitality dan Tourism, mulai dari Hotel Services and Facilities, Digitalising Guest Experience, Hotelier dan Service Excellence yang semuanya disusun berdasarkan Capaian Pembelajaran yang diberikan oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemendikbud. 

Berikut rincian lengkap modul ajar yang disiapkan oleh Tim Education Cakap:

  • 4 modul ajar yang terdiri dari 15 lessons untuk 15 pertemuan 
  • 15 kuis dalam bentuk typeform untuk 15 lessons
  • 15 set H5P Activity untuk 15 lessons yang bertujuan mewadahi siswa untuk meningkatkan kemampuan listening dan vocabulary mereka

Cakap Dinyatakan Lolos Sebagai Content Provider of Kemendikbud’s Modul Ajar

Setelah mempersiapkan modul ajar dengan sebaik mungkin serta menjalani proses kurasi yang berlangsung kurang lebih selama dua bulan, tepat pada tanggal 11 Desember, Cakap dinyatakan lolos sebagai Content Provider of Kemendikbud’s Modul Ajar.

Cakap berhasil berkolaborasi dengan Kemendikbud untuk menyediakan materi pembelajaran bagi jutaan siswa SMK yang ada di seluruh Indonesia. Modul ajar yang telah disiapkan dan dibuat oleh Cakap bisa diakses oleh semua guru Bahasa Inggris SMK Perhotelan di Indonesia melalui platform Kemendikbud mulai bulan Januari tahun depan.

Harapan Cakap sebagai Content Provider of Kemendikbud’s Modul Ajar

Cakap berharap agar kedepannya dan seterusnya dapat berkontribusi dalam upaya menyediakan modul ajar yang students centered, multidimensional/integrated sesuai dengan capaian pembelajaran serta kebutuhan siswa, dan dapat diakses kapan saja. Sehingga, siswa dapat merasakan pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan sekaligus  memberikan mereka kesempatan untuk berlatih berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah.

Semoga modul ajar yang sudah disusun dengan baik oleh Tim Cakap dan Kemendikbud bisa terus berdaya manfaat bagi para siswa. Adanya modul ajar tersebut juga diharapkan agar para siswa dapat memahami materi dengan lebih mudah.

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks