Cakap Bahasa bersama Duta Bahasa DKI Jakarta 2019

Cakap Bahasa bersama Duta Bahasa DKI Jakarta 2019

Badan Pengembangan Bahasa & Perbukuan, Kemendikbud, kembali mengadakan acara pemilihan Duta Bahasa bagi pemuda pemudi terbaik se-DKI Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk mencari generasi muda di DKI Jakarta yang memiliki kepedulian akan melestarikan bahasa Indonesia serta mempromosikan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ketika terpilih nanti, Duta Bahasa ini diharapkan dapat berperan aktif dan berupaya dalam membina, melindungi, mengembangkan, serta mengampanyekan pentingnya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan mau pun tulisan. Kegiatan ini rutin diselenggarakan oleh Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Cakap Bahasa bersama Duta Bahasa DKI Jakarta 2019
Cakap Bahasa bersama Duta Bahasa DKI Jakarta 2019

Untuk menjadi Duta Bahasa DKI Jakarta 2019, peserta harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Warga Negara Indonesia
  • Berdomisi di wilayah Jabodetabek
  • Berusia 18-25 tahun pada 17 Agustus 2019
  • Berpendidikan minimal SMA
  • Belum menikah
  • Mahir berbahasa Indonesia, bahasa asing, dan bahasa daerah
  • Berpenampilan menarik dengan tinggi badan minimal 160cm untuk laki-laki dan 155cm untuk perempuan
  • Sehat jasmani dan rohani, tidak pernah terlibat tindakan criminal, asusila, atau pernah menggunakan obat-obatan terlarang

Acara pemilihan Duta Bahasa DKI Jakarta ini diadakan pada tanggal 29-30 April 2019 di Mercure Hotel, Jakarta. Setelah melewati proses seleksi yang panjang, pada akhir bulan April ini terpilih 40 orang finalis dari total 200 peserta lebih yang mengikuti seleksi.

Dikarenakan selain harus memiliki kemahiran dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, para peserta juga diharapkan dapat memiliki kemampuan berbahasa daerah mau pun bahasa asing dengan baik.

Belajar Bahasa Asing Jadi Lebih Mudah Dengan Aplikasi Cakap. Download Sekarang!

Untuk itu Cakap pun turut serta dalam memfasilitasi para finalis dalam menguasai bahasa asing, khususnya bahasa inggris dengan memberikan kelas gratis kepada seluruh finalis sebanyak 4 kali kelas. Selain itu 2 orang pemenang terbaik I dari Duta Bahasa DKI Jakarta 2019, T.M. Chastine Hattu dan Dharma Rivaldo Huseini, juga akan mendapatkan beasiswa belajar bahasa inggris selama 6 bulan melalui aplikasi Cakap.

Cakap Bahasa bersama Duta Bahasa DKI Jakarta 2019
Cakap Bahasa bersama Duta Bahasa DKI Jakarta 2019

Aplikasi Cakap dapat diunduh melalui App Store dan Play Store. Dengan aplikasi Cakap, kamu bisa belajar bahasa asing, terutama belajar bahasa Inggris, Mandarin, dan Jepang, langsung dari ponsel pintarmu. Materi yang disajikan pun sangat terjamin karena disusun oleh institusi pendidikan bahasa terbaik dan pengajarnya merupakan penutur asli dari bahasa yang kamu pelajari.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google