Cakap Terus Bertumbuh menjadi Garda Terdepan Pendidikan Berbasis Teknologi di Indonesia

Jakarta, 25 April 2022

Tepat di hari Jumat,  22 April 2022 lalu, Cakap genap memasuki usia 3 tahun. Sebagai salah satu perusahaan education technologi terbesar di Indonesia yang menyediakan layanan pembelajaran bahasa dan kelas Upskill, Cakap selalu siap menghadapi ekosistem dunia pendidikan berbasis teknologi yang semakin canggih. Pada perayaan ulang tahun ketiga ini, Cakap tak lupa juga memberikan apresiasi pada guru, murid, Lembaga Pendidikan, dan universitas yang selama ini mendukung dan membangun ekosistem Cakap. 

Selengkapnya tentang Cakap 3rd Anniversary dan cerita-cerita menarik yang ada di baliknya, terangkum dalam artikel berikut.

Ulang Tahun Ketiga, Cakap Ceritakan Bagaimana Bisnisnya Tumbuh dan Agresif


Melalui kesempatan yang baik ini, Cakap menceritakan bagaimana bisnisnya semakin tumbuh dan agresif. Tomy Yunus selaku CO-Founder dan CEO Cakap mengungkapkan bahwa “Geliat pertumbuhan Cakap dalam beberapa tahun terakhir didukung oleh beberapa faktor, salah satunya adalah melihat akan pembelajaran jarak jauh yang semakin tinggi. Memasuki tahun 2022, kami semakin optimis bahwa industri
edtech semakin diminati oleh masyarakat melalui fleksibilitas pengalaman belajar, sumber yang berkualitas, dan akses yang mudah.” Tuturnya.

Sampai tahun 2021, Cakap telah memberikan kontribusi dan sumbangsih di dunia pendidikan Indonesia dengan mencatat pertumbuhan bisnis sebesar 500% (YoY). Dalam satu tahun terakhir, Cakap berhasil mendapatkan pendanaan seri B sebesar 10 juta dolar AS (dipimpin oleh Centauri dari MDI-KB & Heritas Capital), disusul pendanaan Impact Fund yang dikelola oleh Mandiri Capital Indonesia. 

Cakap telah mengembangkan sayap dan menjangkau 95 kota di 34 provinsi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan hingga kini, aplikasi Cakap telah berhasil diunduh oleh 1,5 juta pengguna dengan rating 4.9 di App Store dan Google Play. Jumlah tersebut mengalami lima kali lipat peningkatan dari tahun sebelumnya

Cakap Menjalin Kerja Sama dengan Lebih dari 13 Universitas di Indonesia


Salah satu peran Cakap di dunia pendidikan ialah membantu misi pemerintah dalam mencetak sumber daya manusia Indonesia yang berkompetensi dan mampu bersaing secara global. Bersamaan dengan misi tersebut, Cakap menggandeng lebih dari 13 universitas di Indonesia untuk turut bekerja sama dalam berbagai hal. Salah satunya adalah melalui program magang hingga rekrutmen mitra pengajar bahasa asing.

Selain universitas, kontribusi lainnya juga lahir dari bentuk inisiatif bersama lembaga pendidikan dan lembaga bahasa asing, seperti Aki No Sora. Hingga kini, tercatat lebih dari 1.400 mitra pengajar di seluruh penjuru negeri, termasuk pula di dalamnya para pengajar berkewarganegaraan asing, seperti Filipina, China, Jepang, dan Korea Selatan. 

Cakap Mendapat Apresiasi dari Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek RI


Perayaan ulang tahun Cakap yang ketiga juga turut dihadiri oleh tokoh penting di dunia pendidikan saat ini,
Bapak Wikan Sakarinto, Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek RI. Beliau menghadiri acara secara daring dan mengemukakan apresiasinya secara langsung. Menurutnya, selama ini Cakap telah membantu mempercepat akses pendidikan Indonesia, melalui inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Cakap, khususnya dalam pendidikan vokasi.

Beliau juga menyampaikan beberapa harapan untuk Cakap ke depannya, “Kami sangat berterima kasih kepada Cakap yang telah berusaha untuk berinovasi untuk menjadi solusi dalam pendidikan vokasi. Kami berharap, Cakap semakin dapat menjangkau sekolah atau area di Indonesia lebih luas agar kebermanfaatannya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Demi menciptakan SDM Indonesia yang berkompetensi dan berkualitas.” Tutur Wikan.

Itulah beberapa hal penting yang tercatat dalam momen spesial ulang tahun Cakap yang ketiga. Semoga di usia yang semakin bertambah, Cakap bisa terus bertumbuh dan menyebarluaskan kebermanfaatan bagi insan pendidikan.

Tidak sampai di situ, Cakap juga punya banyak rencana ke depannya untuk menjalankan misinya > elevate people’s lives.

Baca Juga: