12 Nama Bulan dalam Bahasa Inggris (Months) dan Asalnya

nama-bulan-bahasa-inggris

Memahami nama-nama bulan dalam bahasa Inggris adalah bagian penting dari menguasai bahasa ini. Setiap bulan memiliki nama unik yang berasal dari berbagai sumber sejarah dan budaya, sering kali berakar pada bahasa Latin. Misalnya, Januari dinamai dari Janus, dewa permulaan dan transisi dalam mitologi Romawi, yang melambangkan awal tahun baru. Di sisi lain, Februari berasal dari kata Latin “februum,” yang berarti penyucian, mencerminkan festival penyucian Romawi yang diadakan pada bulan ini, dst.

Mempelajari asal-usul dan makna di balik nama-nama ini dapat memberikan wawasan yang lebih dalam tentang bahasa dan konteks sejarahnya yang kaya. Yuk simak selengkapnya!

Table of Contents

Bulan dalam bahasa Inggris

Bahasa Inggris dari bulan adalah “month”. Bulan adalah unit waktu yang digunakan dalam kalender, biasanya terdiri dari sekitar 30 atau 31 hari, dengan pengecualian bulan Februari yang memiliki 28 hari dalam tahun biasa dan 29 hari dalam tahun kabisat. Ada 12 bulan dalam setahun, dan masing-masing bulan memiliki namanya sendiri:

Jika kamu perhatikan, ada sedikit kemiripan dalam kata dan penyebutan antara “month” yang berarti bulan dalam kalender dan “moon” yang berarti bulan, salah satu satelit alami bumi. Ternyata ada hubungan menarik antara kata “month” (bulan) dan “moon” (bulan). 

Di beberapa bahasa, seperti dalam bahasa Inggris, kedua kata tersebut memiliki akar kata yang sama, yaitu “moon.” Kata “month” berasal dari bahasa Inggris Kuno “monað,” yang berarti “bulan.” Sedangkan kata “moon” berasal dari bahasa Inggris Tengah “mone,” yang juga berarti “bulan.” So, meskipun makna keduanya berbeda, kata “month” dan “moon” memiliki asal-usul yang sama dan terkait erat dalam penggunaannya untuk pembagian waktu.

Daftar Nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah daftar nama bulan dalam bahasa Inggris yang disajikan melalui tabel dan penjelasan lengkap.

Bahasa Inggris

Pelafalan

Terjemahan Bahasa Indonesia

January 

/ˈdʒæn.ju.ə.ri/

Januari 

Ferbuary 

/ˈfɛb.ruˌɛr.i/

Februari 

March

/mɑːrtʃ/

Maret 

April

/ˈeɪ.prəl/

April 

Mei

/meɪ/

Mei 

June

/dʒuːn/

Juni 

July

/dʒʊˈlaɪ/

Juli 

August

/ɑːˈɡʌst/

Augustus 

September

/sɛpˈtɛmbər/

September 

October

/ɑːkˈtoʊbər/

Oktober 

November

/noʊˈvɛmbər/

November 

December

dɪˈsɛmbər/

Desember 

(1) January

Bulan Januari dalam bahasa Inggris disebut dengan “January.” Terjemahan kata tersebut benar benar mirip dengan bahasa Indonesia, hanya mengganti satu huruf, yaitu i → y.

Kata “January” sendiri berasal dari bahasa Latin “Januarius,” yang diambil dari nama dewa Romawi “Janus,” yang merupakan dewa gerbang, permulaan, dan akhir. Janus digambarkan memiliki dua wajah yang menghadap ke arah yang berlawanan, melambangkan awal tahun baru dan pengakhiran tahun yang lalu.

(2) February

Bahasa Inggris dari Bulan Februari adalah “February.” Seperti asal usul kosakata January, kata “February” berasal dari bahasa Latin “Februarius,” yang merupakan bulan kedua dalam kalender Romawi kuno. Awalnya, bulan ini disebut “Februarius mensis” yang berarti “bulan penyucian” karena dianggap sebagai bulan pembersihan ritual bagi orang Romawi. Nama tersebut diambil dari kata Latin “februum,” yang berarti “alat pembersih” atau “pengorbanan penyucian.”

Bulan ini cukup istimewa karena hanya memiliki 29 hari perhitungan kalender. Bahkan di tahun kabisat, bulan ini hanya memiliki 28 hari dalam perhitungan kalendernya.

(3) March

“In like a lion, out like a lamb” adalah frasa yang cukup terkenal untuk menggambarkan bulan Maret. Dalam bahasa Inggris Maret disebut dengan “March”. Kata March sendiri merupakan bahasa Latin “Martius,” yang diambil dari nama dewa perang Romawi, Mars. Bulan ini dinamai setelah dewa Mars karena dalam kalender Romawi kuno, bulan Maret adalah awal musim semi, yang sering kali dihubungkan dengan awal perang dan pertempuran. Dewa Mars adalah dewa perang, keberanian, dan kekuatan dalam mitologi Romawi.

(4) April

Nama bulan April dalam bahasa Inggris sama dengan bahasa Indonesia, tetap April. Banyak orang percaya bahwa kata ini berasal dari bahasa Latin “Aprilis,” yang mungkin berasal dari kata Latin “aperire,” yang berarti “untuk membuka” atau “untuk mekar.” Ini sesuai dengan musim semi di belahan utara ketika banyak bunga dan tunas-tunas mulai mekar dan alam mulai hidup kembali. Ya, April showers bring May flowers!

Di bulan ini, ada kegiatan yang paling terkenal, yaitu “April Mop”. 

(5) Mei

Dalam bahasa Inggris, Mei dikenal dengan sebutan May. Kata ini berasal dari bahasa Inggris Kuno “Maius” atau “Maia,” yang merujuk pada dewi Romawi, Maia, dewi kesuburan, pertumbuhan, dan kesuburan. Maia juga dihubungkan dengan pertumbuhan tumbuhan dan awal musim semi. Bulan Mei sering kali dianggap sebagai awal dari musim panas di belahan utara Bumi dan juga merupakan waktu yang penting dalam kalender agraris karena banyak tanaman yang mulai berbunga dan panen mulai dilakukan.

(6) June

Bulan keenam atau bulan Juni dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama “June”. Nama “June” dalam bahasa Inggris berasal dari bahasa Latin “Junius,” yang mungkin berasal dari nama dewi Romawi, Juno. Juno adalah dewi perlindungan wanita, pernikahan, dan kelahiran dalam mitologi Romawi. Bulan ini didedikasikan untuk Juno, yang dianggap sebagai pelindung perkawinan dan ibu dari dewa-dewi Romawi.

Seiring berjalannya waktu, nama “June” diadopsi ke dalam bahasa Inggris untuk menunjukkan bulan keenam dalam kalender Gregorian, di mana nama-nama bulan Romawi dipertahankan. June adalah awal musim panas di belahan bumi utara.

(7) July

Bulan Juli dalam bahasa Inggris disebut “July”. Kata July sendiri berasal dari nama Julius Caesar, seorang jenderal Romawi yang terkenal dan juga seorang kaisar Romawi. Bulan ini diberi nama “July” untuk menghormati Caesar setelah kematiannya.

Konon, sebelumnya, bulan ini dikenal sebagai “Quintilis” dalam kalender Romawi, yang artinya bulan kelima. Namun, pada tahun 44 SM, setelah Julius Caesar wafat, bulan ini diubah namanya menjadi “Julius” atau “July” dalam bahasa Inggris modern, untuk menghormati jasa-jasanya terhadap Roma.

(8) August

August adalah bahasa Inggris untuk Bulan Agustus. August diambil dari nama Kaisar Romawi, Augustus Caesar. Ialah kaisar Romawi pertama dan dianggap sebagai salah satu pemimpin paling berpengaruh dalam sejarah Romawi.

Di negara empat musim, bulan ini dianggap sebagai akhir dari musim panas dan awal musim gugur. “August rain: the best of the summer gone, and the new fall not yet born. The odd uneven time” –Sylvia Path

(9) September

Bahasa Inggris dari bulan kesembilan dalam kalender Masehi ini memiliki nama yang sama persis dengan bahasa Indonesia, yakni September. Berbeda dengan nama-nama bulan sebelumnya yang cenderung berasal dari nama dewa Romawi, nama bulan ini berasal dari bahasa Latin, “septem”.

(10) October

October merupakan bahasa Inggris dari Bulan Oktober. Nama dari bulan ini diambil dari bahasa Latin, yaitu “octo”. Oktober bisa dibilang sebagai bulan yang spesial dan banyak dirayakan orang, terutama di momen Halloween. “October is about trees revealing colors they’ve hidden all year. People have an October as well.” –JM storm

(11) November

Penulisan dan penyebutan Bulan November dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia sama saja, bahkan tanpa ada serapan. Kata November sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu “novem”.

(12) December

December adalah bahasa Inggris dari Bulan Desember. Nama-nama empat bulan terakhir dalam perhitungan tahun Masehi diambil dari bahasa Latin, termasuk December yang berasal dari kata “decem.” Bulan ini termasuk sangat spesial karena di dalamnya ada perayaan Natal dan tahun baru.

Contoh Penulisan Nama Bulan dalam Kalimat Bahasa Inggris

Untuk menulis nama bulan dalam bahasa Inggris, kamu bisa melihat contoh kalimat di bawah ini ya!

(1) Contoh Penulisan Nama Bulan Tanpa Tanggal Spesifik

  • My birthday is in August.
  • We are planning a trip to the UK next December.

(2) Contoh Penulisan Nama Bulan dengan Tanggal Spesifik

  • Our anniversary is on the 17th of June.”
  • The wedding will be held on June 20th.

(3) Contoh Penulisan Nama Bulan tentang Recurring Events

  • We always visit our grandparents in December.
  • She starts her new job in September.

Itulah nama-nama bulan dalam bahasa Inggris lengkap dengan makna historis dan kultural yang terkandung di dalamnya. Ternyata, setiap bulan membawa cerita dan arti tersendiri, menjadi bagian dari perjalanan manusia melalui waktu.

Buat kamu yang ingin makin jago berbahasa Inggris dan nggak cuma belajar satu materi itu itu saja, yuk daftarkan dirimu untuk mengikuti kursus bahasa Inggris online di Cakap! Cek dan booking kelasnya sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat