Berbahasa Inggris Makin Pede setelah Ikutan Program Bercakap

program-bercakap

Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik sangat penting, apalagi di era globalisasi seperti sekarang ini. Banyaknya perusahaan-perusahaan asing yang berdiri di Indonesia membuat persaingan semakin tinggi sehingga memiliki kemampuan berbahasa asing seperti bahasa Inggris merupakan sebuah keharusan bagi para entrepreneur dan pencari kerja agar bisa bersaing mengikuti perkembangan zaman di era globalisasi ini. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah skill bahasa Inggris, salah satunya melalui program BERCAKAP (Bergerak Produktif Bersama Cakap). Program ini dipersembahkan oleh Cakap untuk membantu masyarakat Indonesia di berbagai daerah meningkatkan skill bahasa Inggris mereka. Peserta terpilih akan mendapatkan kesempatan belajar bahasa Inggris di Cakap selama 3 bulan (14 sesi) secara online tanpa dipungut biaya.

Apa saja sih yang mereka dapat selama mengikuti program BERCAKAP? Yuk, simak cerita seru dari kak Ajeng, Amalia, Ronny, dan Putri yang sudah mengikuti program BERCAKAP selama 3 bulan!

Alasan Bergabung dalam Program BERCAKAP

Bagi jobseekers seperti Ajeng, Amalia dan Putri, mengikuti program BERCAKAP merupakan sebuah kesempatan emas untuk dapat meningkatkan skill bahasa Inggris agar siap menghadapi dunia kerja nantinya. Tidak hanya itu, pekerja seperti Ronny pun berharap dengan belajar bahasa Inggris ia bisa bertemu dengan orang-orang baru dan mendapat peluang kerja baru.

“Saya tertarik mengikuti program BERCAKAP karena sebagai fresh graduate, saya ingin sekali menambah skill bahasa Inggris saya terutama dalam hal speaking. Program ini pun sangat sangat berguna bagi saya dan juga sangat mendidik karena memberikan materi-materi yang bermanfaat terutama bagi jobseeker seperti saya,” ungkap Amalia dengan semangat.

Program BERCAKAP juga memberikan pengalaman belajar bahasa Inggris yang tak terlupakan bagi para pesertanya. Yuk, intip keseruannya!

Kelas yang Interaktif dan Menyenangkan

Program BERCAKAP memberikan kesempatan kepada para pesertanya untuk mendapat 14 sesi kelas bahasa Inggris dengan beragam topik pembelajaran yang bisa dipilih. Mereka bisa belajar bahasa Inggris secara interaktif bersama tutor profesional dan teman-teman dari berbagai daerah di Indonesia. Ajeng, Amalia, Ronny, dan Putri pun berasal dari daerah yang berbeda-beda, yaitu Yogyakarta, Salatiga, Sumba dan Jakarta. 

“Program BERCAKAP ini menghadirkan program belajar yang sangat menyenangkan. Kita bisa saling sharing, discuss, juga bisa belajar speaking lebih bagus lagi, kita juga bisa belajar bareng dengan orang-orang dengan latar belakang yang berbeda,” cerita Putri.

“Dan untuk teachernya, thank you so much udah nemenin belajar selama 14 sesi. Ngajarnya sangat sabar dan lembut, sangat mengapresiasi pesertanya meskipun speakingnya kurang bagus, dia bantu benerin jadi aku seneng banget,” tambahnya.

Pengalaman yang sama juga dirasakan Ajeng yang sangat senang karena telah diberikan kesempatan untuk bisa mengikuti program BERCAKAP

“Meskipun berasal dari beberapa daerah yang berbeda-beda, kita bisa saling kenalan dan saling support dalam membuka peluang karir kita bersama kedepannya. Teachernya sangat baik dan sangat sabar dalam memberikan materi untuk kita. Selain itu, teacher juga sangat supportive, mendorong kita untuk aktif dalam setiap diskusi dan kita selalu diberikan kesempatan yang sama dalam diskusi,” ungkap Ajeng.

Jadi Makin Pede Berbicara Bahasa Inggris!

Bukan hanya interaktif dan menyenangkan, program BERCAKAP juga punya segudang manfaat, lho! Salah satunya yaitu membuat pesertanya semakin berani dalam berbicara dalam bahasa Inggris seperti yang dialami oleh Ajeng, Amalia, Ronny dan Putri.

Menurut Ronny, “Bagi saya sendiri, bertemu dengan orang yang suka bahasa Inggris itu sangat sedikit. Hanya ada kelompok kelompok tertentu yang bisa berbahasa Inggris. Selama saya mengikuti program ini, perkembangan yang saya rasakan yaitu saya semakin bertambah percaya diri dalam berbahasa Inggris dan juga ada kosakata baru yang saya dapat yang lebih aplikatif dan relevan dengan situasi yang sekarang.”

Sama halnya dengan Ronny, Amalia, Ajeng dan Putri juga merasakan perubahan dan peningkatan dalam berbahasa Inggris di kehidupan sehari-hari mereka.

“Skill bahasa Inggris saya berkembang, saya jadi lebih berani dalam berbicara dalam bahasa inggris walaupun masih terbata-bata namun terlihat ada progress nya,” ungkap Amalia.

Harapan untuk BERCAKAP

Setelah mengikuti program BERCAKAP selama 3 bulan dan belajar bersama dengan tutor dan teman-teman, Ajeng, Amalia, Ronny dan Putri mengaku mereka mendapat banyak pengalaman yang sangat menyenangkan. Mereka bersyukur telah dipertemukan dengan tutor dan teman-teman seperjuangan yang banyak membantu mereka baik dalam belajar bahasa Inggris maupun dalam karir mereka kedepannya.

Ketika ditanyakan harapannya, mereka berharap ilmu dan materi yang telah dipelajari di program BERCAKAP bisa bermanfaat dan diimplementasikan di kehidupan sehari-hari. Mereka juga berharap dengan meningkatnya skill bahasa Inggris mereka, mereka bisa bertemu dengan orang-orang baru dan mendapat peluang kerja baru yang dapat membantu karir mereka kedepannya.

Di akhir wawancara, Ajeng, Amalia, Ronny, dan Putri diminta untuk memberikan kata-kata dalam bahasa Inggris untuk program BERCAKAP. “Thank you for the opportunity given to me to take part in this program. Hopefully Cakap can continue to grow and help advance the education world in Indonesia, especially in learning foreign languages,” ucap Putri dengan percaya diri.

Sukses selalu, Ajeng, Amalia, Ronny dan Putri!

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks