Asking for Attention: Pengertian, Penggunaan, dan Contohnya

asking-for-attention

Pernahkah kamu berada di satu situasi yang sangat riuh dan sulit mendapatkan perhatian? Gimana ya caranya biar bisa dapat perhatian penuh ketika akan mengatakan sesuatu? Kalimat apa yang harus digunakan? Nah, di sini kamu akan belajar banyak seputar asking for attention dalam bahasa Inggris dan contoh lengkapnya dalam bahasa Inggris. Buat kamu yang penasaran, yuk langsung aja cek penjelasan di bawah ini!

Table of Contents

Apa itu Asking for Attention?

Asking for attention adalah sebuah ekspresi atau ungkapan yang digunakan untuk meminta perhatian orang lain. Perhatian yang dimaksud bisa dalam arti luas, misalnya minta perhatian saat memberikan informasi, bercerita, berbicara, dan lain sebagainya. 

Pada akhirnya, setiap orang pasti membutuhkan ungkapan asking for attention terutama ketika melakukan public speaking di depan banyak orang.

Umumnya, kata atau kalimat yang paling sering digunakan untuk meminta perhatian dalam bahasa Inggris adalah kalimat “Pay attention, please!”. Namun, selain kalimat tersebut ada banyak contoh kalimat asking for attention lain yang bisa digunakan, termasuk juga penggunaannya.

Penggunaan Asking for Attention

Gimana sih penggunaan asking for attention? Sebenarnya, penggunaan kalimat asking for attention bergantung dengan tujuannya. Namun, secara garis besar meminta perhatian bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui kalimat perintah dan kalimat tanya.

Dalam kalimat perintah biasanya kalimat permintaannya bersifat to the point dan menggunakan kata kerja. Contoh kalimat asking for attention dalam menggunakan kalimat perintah adalah “Please, look at me!”. Kamu mungkin akan lebih banyak menemukan kalimat asking for attention dalam bentuk kalimat perintah.

Tidak hanya menggunakan kalimat perintah, asking for attention juga bisa berupa kalimat tanya. Meminta perhatian pada seseorang dengan kalimat tanya akan terdengar lebih sopan. Contoh asking for attention menggunakan kalimat tanya adalah “Can I got you attention?”.

Contoh Kalimat Asking for Attention

Ini dia beberapa daftar contoh asking for attention dalam bentuk kalimat, mulai dari yang paling simple hingga kalimat yang cukup panjang. Yuk, simak baik-baik!

  • Hello!
    (halo!)
  • Listen!
    (dengar!)
  • Listen to me now!
    (dengarkan aku sekarang!)
  • Attention, please!
    (perhatian!)
  • Pay attention, please!
    (minta perhatian!)
  • Look!
    (lihat!)
  • Look at me!
    (lihat aku!)
  • Look what I’ve got here!
    (lihat apa yang aku punya!)
  • Hear me out!
    (dengarkan aku!)
  • Can you give me a second?
    (bisakah minta waktunya sebentar?)
  • Are you listening to me?
    (apakah kamu mendengarkan saya?)
  • All eyes on me please!
    (tolong semua mata tertuju padaku!)

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Contoh Dialog Asking for Attention

Di atas sudah dilampirkan contoh kalimat asking for attention. Biar kamu makin memahami materi ini, yuk perhatikan contoh dialog asking for attention 2 orang dan artinya di bawah ini!

Anggi: Hello! Good morning. (Halo! Selamat pagi)

Hana: Hi, good morning. (Hai, selamat pagi).

Anggi: Can you give me a second? I have to tell you about the prom-night.
(Bisakah minta waktunya sebentar? Saya harus memberitahumu tentang prom-night).

Hana:  Oh, sure! (Ohm tentu!)

Anggi: This year the prom-night will be held in July. You are asked to prepare several permit files to manage the event.
(Prom-night tahun ini akan diadakan pada bulan July. kamu diminta untuk menyiapkan beberapa berkas perizinan untuk mengurus acara).

Hana: What files should I take care of?
(Berkas apa saja yang harus saya urus?)

Anggi: Look! Here are four files you should take care of.
(Lihat! Ini empat berkas yang harus kamu urus).

Hana: Okay, I’ll take care of it as soon as possible.
(Baik, akan saya urus sesegera mungkin).

Anggi: Thank you, Hana.
(Terima kasih, Hana)

Hana: You’re welcome, Anggi
(Sama-sama , Anggi).

Demikianlah pengertian asking for attention, penggunaan, dan contoh percakapannya. Kalau kalian ingin belajar bahasa Inggris lebih jauh lagi dan memahami banyak materi bahasa Inggris lainnya, yuk daftar di kursus bahasa Inggris online Cakap! Dengan metode belajar dua arah, belajar jadi makin seru dan menyenangkan.

 

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat