Mengulik Arti Stay Safe, Istilah Kekinian yang Viral di Tengah Pandemi Covid-19

arti stay safe

Stay safe adalah istilah kekinian yang tengah ramai dipakai warganet selama masa pandemi berlangsung. Istilah ini merujuk pada sebuah keharusan semua orang untuk selalu menjaga diri. Sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk saling mengingatkan orang-orang di sekitar agar senantiasa menjaga kesehatan badan.

Saat ini, stay safe merupakan ucapan yang paling umum digunakan kebanyakan orang. Namun begitu, banyak yang belum tahu stay safe artinya apa. Oleh karena itu, simak penjelasan mengenai arti stay safe dan contoh penggunaannya berikut ini!

Daftar Isi

Stay Safe Adalah?

source: giphy.com

Stay safe artinya adalah “tetap aman”, “berhati-hati”, dan “menjaga diri”. Istilah kekinian ini biasanya digunakan untuk mengingatkan seseorang agar menjaga kesehatan. Stay safe menjadi salah satu kosakata Bahasa Inggris yang sedang populer seiring dengan adanya pandemi Covid-19.

Ketiga arti stay safe memiliki maksud yang berbeda tergantung konteks percakapannya. Maksud dari arti stay safe “tetap aman” adalah mengingatkan seseorang untuk selalu berada di zona aman. Sedangkan arti stay safe “hati-hati” dan “menjaga diri”  bisa digunakan saat ada orang yang akan pergi meninggalkan tempat atau seseorang.

Ungkapan ini juga bisa dikategorikan sebagai ungkapan yang mengandung sebuah doa. Sebab, secara tidak langsung di dalam frasa tersebut ada sebuah “pengingat” yang mengarah pada “harapan” agar seseorang selalu berada pada keselamatan dan keadaan baik-baik saja.

Baca Juga: Pengertian dan Jenis Phrase dalam Bahasa Inggris

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Gratis 14 Hari Cakap Club

Contoh Penggunaan Stay Safe

source: giphy.com

Setelah menyimak arti stay safe di atas, sekarang waktunya untuk mempelajari contoh penggunaan kata “stay safe” dalam sebuah kalimat percakapan bahasa Inggris. Let’s check it out!

  • Stay safe during outbreak! (Hati-hati selama pandemi)!
  • Wherever you are, please stay safe! (Di mana pun kamu berada, tolong jaga diri/berhati-hati!)
  • Stay safe at home ya, because in this pandemic, it’s better to do activities at home. (Tetap aman di rumah ya, karena di masa pandemi ini lebih baik beraktivitas di rumah)
  • Happy holidays and stay safe for everyone. (Selamat berlibur dan tetap jaga diri semua)
  • Take care of yourself in London, don’t forget to take your vitamins and please stay safe! (Jaga dirimu baik baik di London, jangan lupa minum vitamin, dan tolong tetap aman/tetap jaga diri!)

Ungkapan Lain Selain Stay Safe

Selain stay safe, ada pula frasa lain yang bisa digunakan untuk mengungkapkan hal yang maknanya hampir serupa, yaitu “be careful” dan “be safe”. Keduanya sama-sama bisa digunakan untuk meminta orang lain agar berhati-hati.

Hanya saja untuk “be careful” biasanya digunakan saat ada bahaya yang mengintai dari apa yang sedang dilakukan seseorang, sehingga perlu mengingatkan agar berhati hati. Sedangkan “be safe”, digunakan untuk mengingatkan seseorang yang akan bepergian agar ia selalu berhati hati di sepanjang perjalanan.

Baca Juga: Apa Bahasa Inggrisnya Aku? Ini Penjelasan Lengkapnya 

Tingkatkan Skill Bahasa Inggris di Cakap, Belajar Bisa Di Mana Saja

Berikut contoh penggunaan ungkapan selain stay safe:

  • Be careful! This road is very slippery. (Hati-hati! Jalan ini sangat licin).
  • Do you wanna go to school now? Be safe, Ana! (Apakah kamu akan berangkat sekolah sekarang? Hati-hati, Ana!)

Itulah penjelasan mengenai arti “stay safe” yang sedang populer digunakan. Well, di mana pun kamu berada, stay safe and healthy everyone!

Nah, untuk meningkatkan kecakapan bahasa Inggris kamu, kamu bisa banget loh ikut  kursus bahasa inggris di Cakap. Bersama tutor yang seru dan profesional, belajar bahasa inggris jadi makin menyenangkan.

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks