Yuk, Cari Tahu Apa Saja Manfaat Bahasa Inggris di Era Digital

Learn English on Paper

Sejak dini, kita sudah dituntut untuk belajar bahasa Inggris dan semua sekolah menekankan pelajaran wajib tersebut. Walaupun bahasa Inggris dikenal sebagai bahasa Internasional, tentu sering kali kita bertanya-tanya, memang apa saja sih manfaat yang kita dapat dengan menguasai bahasa jendela dunia ini?

Seiring berkembangnya dunia, Era Globalisasi ini semakin berpengaruh di semua aspek kehidupan seperti teknologi, transportasi, pendidikan, dan lainnya. Oleh karena itu, kemampuan untuk bisa bahasa Inggris semakin penting dan dibutuh kan karena pasar bebas yang terus mengalami kemajuan. Dengan itu, kita bisa semakin berinteraksi dengan orang-orang asing ataupun up to date dengan berita mancanegara.

Karena semakin banyaknya manfaat belajar bahasa Inggris, berikut kami rangkum 18 manfaat tersebut yang penting untuk kamu ketahui. Jadi tanpa perlu menunggu lama-lama, inilah ke 18 manfaat yang akan kamu dapat dengan bisa bahasa Inggris:

Menambah Pengetahuan

Jika kita tidak menguasai bahasa Inggris, pengetahuan yang kita dapat tentu akan terbatas karena bahasa Inggris merupakan bahasa universal. Sebagai contoh, banyak buku ataupun seminar internasional yang disampaikan lewat bahasa Inggris karena merupakan perwakilan seluruh bahasa di dunia.

Mempermudah Untuk Berkomunikasi dengan Orang Lain

Sebagai mahluk sosial, sudah pasti dalam kehidupan sehari-hari kita berkomunikasi dan berinteraksi dengan sesama manusia. Belajar bahasa Inggris tak kalah penting karena bisa aja kita bertemu dengan orang-orang asing yang mengharuskan terjadinya percakapan.

Membuatmu Terlihat Keren

Beberapa istilah bahasa Inggris seperti “Anyway”, “By the way”, dan “On the way” pasti sudah familiar di telinga kita karena sudah tercampur dengan obrolan sehari-hari. Alasan penggunaan kata-kata ini salah satunya tentu bisa membuat kita terlihat lebih keren karena berasal dari bahasa Inggris.

Membuatmu Merasa Aman Ketika Liburan

Seperti yang sudah disampaikan di point nomor 2, pentingnya menguasai bahasa Inggris agar kalian bisa lebih leluasa menjelajahi negara yang dituju. Mau minta tolong saat kesulitan atau tersesat pun tidak segan karena bahasa Inggris lancar.

Membuatmu Lebih Percaya Diri

Sering merasa minder atau kurang percaya diri? Bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik bisa mengatasi hal itu lho! Argumen ini di dukung oleh poin nomer 3, karena dengan menggunakan bahasa Inggris kita bisa dinilai keren oleh orang lain. Selain itu, pastinya kita juga akan dianggap cerdas atau berwawasan kalau bahasa Inggris kita fasih.

Semakin Update

Karena merupakan bahasa pemersatu, banyak berita yang terkini di seluruh dunia yang disampaikan dalam bahasa Inggris agar semuanya bisa mengikuti dan tetap up to date. Oleh karena itu, dengan memiliki skill bahasa Inggris kita juga bisa berbagi informasi atau berdiskusi dengan orang-orang luar tentang isu yang sedang terjadi.

Rasional

Orang yang memiliki kemampuan dua bahasa atau lebih akan membuat mereka lebih rasional dan logis dalam menghadapi sesuatu. Mereka bisa mengambil keputusan dengan matang dan tidak tergesa-tesa menggunakan emosi.

Belajar Bahasa Inggris Dimana dan Kapan Saja dengan Aplikasi Cakap. Yuk, Ikuti Trial Class-nya

Pendidikan Akademis

Mendapatkan pendidikan dengan kualitas terbaik tentunya merupakan impian semua orang. Maka dari itu, salah satu persyaratan untuk melanjutkan pendidikan S1 hingga S3 di universitas ternama adalah nilai TOEFL diatas 500. Hal ini digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris kita apakah sudah baik atau belum.

Bekerja Sebagai Translator

Selain pendidikan, pekerjaan yang membutuhkan kemampuan bahasa Inggris yang baik juga banyak lho. Salah satunya adalah translator, terutama untuk perusahaan asing ataupun expatriat yang sedang berada di negara tertentu. Penghasilan yang didapat pun bisa dibilang lumayan besar dan menjanjikan.

Dapat Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Kalau kita sudah bisa berbahasa Inggris, pasti akan mempermudah proses adaptasi kita jika harus pindah ke kota atau negara lain. Hal ini akan membuat rasa khawatir sedikit berkurang karena bahasa Inggris dapat dimengerti oleh banyak orang.

Memudahkan Diri Untuk Bergaul

Keuntungan lain dari pandai bahasa Inggris adalah proses membaur yang lebih mudah dengan orang lain terlebih yang berasal dari negara lain. Selain menambah wawasan, kita juga bisa menambah teman karena sudah paham terhadap kulturnya.

Meningkatkan Kemampuan Diri

Bagi negara-negara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, belajar bahasa yang satu ini pasti memiliki tantangan dan kesusahannya sendiri. Oleh karena itu, masyarakat yang menguasai bahasa Inggris pasti memiliki kesempatan dan peranan yang penting terutama dalam lingkup kerja.

Mengetahui Teknologi

Seperti yang sudah diketahui, teknologi sedang berkembang dengan pesat di Era Globalisasi saat ini. Jika bisa bahasa Inggris, kita tidak akan kebingungan lagi cara menggunakan teknologi terbaru seperti smartphone, internet, computer, software, dan lain sebagainya.

Sebagai Sarana Untuk Memperkenalkan Budaya Negeri

Banyak negara terutama negara kita, Indonesia, yang punya banyak aspek seperti budaya dan alam yang patut dibanggakan. Bisa berbahasa Inggris dengan baik bisa dijadikan sarana untuk memperkenalkan hal-hal tersebut secara Internasional.

Bisa menjadi Mentor atau Pengajar

Bagi yang bahasa Inggrisnya sudah lancar, ilmunya bisa bermanfaat bagi orang lain dan menghasilkan uang, lho! Caranya mudah yaitu dengan menjadi mentor atau pengajar yang membagikan skill bahasa Inggris ke orang yang memiliki hambatan untuk belajar bahasa ini.

Meningkatkan Daya Konsentrasi

Ternyata salah satu manfaat yang didapat ketika belajar bahasa Inggris adalah daya konsentrasi yang meningkat. Kita pasti akan lebih teliti mendengar ejaan-ejaan kata dalam bahasa Inggris maupun membedakan grammar yang benar atau salah.

Bisa dapat Beasiswa di Luar Negeri

Siapa yang tidak ingin memperoleh beasiswa di luar negeri untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik? Sama seperti poin nomor 8, kelancaran bahasa Inggris adalah salah satu syarat mutlak untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Memudahkan Diri Untuk Mempelajari Bahasa-Bahasa Lainnya

Fakta menarik lainnya, kalau kita sudah bisa bahasa Inggris pasti lebih mudah untuk mengerti bahasa asing yang lain. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan bahwa belajar bahasa lain pasti lebih mengalir juga.

Itulah rangkuman dari 18 manfaat belajar bahasa Inggris di Era Globalisasi dan mungkin masih banyak manfaat lainnya. Apa kamu tertarik untuk mendalami bahasa Inggris lebih jauh? Dijamin tidak akan rugi lho! Cakap adalah aplikasi yang tepat untuk membantumu belajar bahasa Inggris lebih lancar. Jadi, tunggu apa lagi?

Baca Juga:
Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google