10 Type of Word Formation Bahasa Inggris beserta Contohnya

word-formation

Word formation adalah salah satu materi linguistik paling dasar yang erat hubungannya dengan bagaimana suatu kata dapat dibentuk. Kamu tentu pernah menggunakan kata “appear-disappear”, atau kata “brunch” yang merupakan singkatan dari breakfast dan lunch. Kedua contoh kata tersebut termasuk ke dalam type of word formation.

Ada banyak tipe atau jenis word formation yang sangat dekat dengan pemakaian bahasa Inggris sehari-hari. Namun sebelum mengulas lebih jauh tentang jenis-jenis atau proses word formation, kenalan dulu yuk sama pengertian dari word formation itu sendiri!

Table of Contents

Apa Itu Word Formation?

Dalam bahasa Indonesia, secara gramatikal word formation didefinisikan sebagai “pembentukan kata”. Lalu, apa itu pembentukan kata? Ialah proses atau cara membentuk dan menciptakan kata-kata baru dari bentuk penggunaan kata-kata lama atau kata dasarnya.

Penggunaan word formation tidak identik dengan aturan pembentukan kalimat, karena word formation dibentuk melalui beberapa proses tertentu yang melibatkan morfologi dan leksikologi. Dalam prosesnya, word formation atau pembentukan kata dapat dilihat secara diakronis (dalam dua periode yang berbeda) dan sinkronis (satu waktu tertentu).

Seringkali ditemukan dalam kosakata bahasa Inggris adanya kata baru yang muncul dari kata lama, sehingga dapat mengubah jenis kelas katanya atau bahkan dapat mengubah maknanya. Proses tersebut biasanya terjadi karena beberapa hal, baik penambahan afiks, penggabungan kata, pemotongan, maupun peringkasan kata/frasa.

Four Main Kinds of Word Formation

Semua bahasa di dunia pasti memiliki aturan atau proses dasar dalam pembentukan kata. Berikut ini empat jenis utama pembentukan kata dalam bahasa Inggris.

(1) Prefixes

Prefixes dikenal sebagai awalan. Prefiks ini merupakan imbuhan dalam bahasa Inggris yang ditambahkan pada bagian awal sebuah kata dasar. Ada banyak sekali kosakata bahasa Inggris baru yang dibentuk melalui proses prefixes, seperti multi-, dis-, extra-, mis-, dan masih banyak lainnya.

Contoh word formation dari prefixes:

  • Lateral – multilateral
  • Like – dislike
  • Ordinary – extraordinary


(2) Suffixes

Berbalikan makna dengan prefixes, suffixes merupakan akhiran atau afiks yang ditambahkan pada bagian kata dasar, seperti -isem, -able, -ly, dan banyak lainnya.

Contoh word formation dari suffixes:

  • Friend – friendly
  • Reason – reasonable
  • Terror – terrorisme

(3) Conversion 

Conversion melibatkan perubahan makna dari kelas kata satu ke kelas kata lainnya tanpa merubah bentuk katanya. Misalnya kata text dan butter, kedua kata tersebut merupakan kata benda. Namun, dua kata tersebut bisa menjadi kata kerja sesuai konteks kalimatnya.

Contoh word formation dari conversion:

  • Can she text him?
  • You can butter the cake.


(4) Compound

Type of word formation selanjutnya adalah compound, yaitu menggabungkan dua kata menjadi kata majemuk tanpa mengurangi huruf.

Contoh word formation dari compound:

  • Girl + friend → girlfriend
  • Home + work → homework

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Type of Word Formation Lainnya

Selain empat tipe proses word formation dasar, ada juga tipe atau proses lainnya dalam pembentukan sebuah kata. Baca terus artikelnya, ya!

(1) Borrowing

Seperti namanya, tipe word formation ini meminjam kata dari bahasa lain tanpa mengubah maknanya. Beberapa contoh kata bahasa Inggris yang terbentuk dari meminjam bahasa lain adalah sofa → bahasa Arab, concerto → bahasa Itali.

(2) Folk Etymology

Apa maksud dari folk etymology? Pembentukan kata melalui proses ini berarti melibatkan perubahan bentuk pengucapan kata dari asumsi yang keliru.

Contoh word formation dari folk etymology:

  • Asparagus → sparrow grass
  • Pepperoncinis → paper chillies

(3) Abbreviation

Abbreviation atau abreviasi merupakan proses pembentukan kata yang melibatkan pemendekan bentuk kata sebagai ganti bentuk yang lengkap.

Contoh word formation dari abbreviation:

  • BTW → by the way
  • TBH → to be honest

(4) Acronym

Berbeda dengan abbreviation, acronym lebih menekankan pembentukan kata melalui kependekan yang berupa gabungan huruf atau suku kata bagian lain yang ditulis.

Contoh word formation dari acronym:

  • UNICEF
  • UNESCO


(5) Blending

Selanjutnya ada blending. Ialah pembentukan kata yang melalui proses penggabungan dua kata dan menghilangkan beberapa bagian hurufnya. Contoh dari blending ini sudah disebutkan di atas, yaitu kata brunch yang merupakan gabungan dari breakfast dan lunch.

Contoh lainnya:

  • Smog → smoke and fog
  • Stagflation → stagnation and inflation


(6) Clipping

Last but not least, Clipping. Tipe word formation ini merupakan jenis singkatan dari sebuah kata yang diambil dari potongan kata tersebut. Contoh dari pembentukan kata yang melalui proses clipping adalah lab → laboratory, ad → advertisement, gym → gymnasium, dan lain sebagainya.

Itulah penjelasan selengkapnya dari word formation, selain memahami apa itu word formation, dalam artikel ini kamu juga belajar proses dan tipe pembentukan kalimat lengkap dengan contohnya. Agar lebih jago dan menguasai materi bahasa Inggris lainnya, yuk gabung di kursus bahasa Inggris online Cakap!

Referensi:
-dictionary.cambridge.org
-ruf.rice.edu
-literaturein.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

      #SiapaCakapDiaDapat