Mulai Harimu dengan Sarapan Tradisional Inggris Ini!

Mulai Harimu dengan Sarapan Tradisional Inggris Ini!

Makanan merupakan bagian dari kehidupan. Setiap hari kita menyiapkan, membeli, dan/atau menyiapkan makanan. Makanan bisa membuat kita lebih bahagia dan bersemangat. Selain itu, makanan juga bisa menjadi sebuah sarana untuk menjelajah rasa dan kebudayaan baru.

Ketika kamu pertama kali belajar bahasa Inggris, salah satu materi pertama yang diberikan adalah nama-nama sayur dan buah-buahan. Makanan dapat mengajarimu kosakata bahasa Inggris baru, selain sayur dan buah, kamu juga belajar tentang alat makan, alat memasak, dan jenis-jenis minuman.

Dalam belajar bahasa dan kebudayaan Inggris, salah satu jenis makanan yang sangat “khas Inggris” adalah sarapannya, Full English Breakfast. Hidangan sarapan khas Inggris yang terkenal biasanya berupa Fish and Chips, daging panggang, bangers and mashshepherd’s pie, cottage pie, dan lainnya.

Di seluruh Inggris dan Irlandia, full breakfast sangat terkenal. Makanan ini biasanya tidak dimakan setiap hari tetapi dimakan ketika akhir pekan atau hari libur. Istilah “full” di sini berarti “kenyang” atau “lengkap”, ini dikarenakan full breakfast membuat kamu menjadi kenyang dengan makanan lengkapnya.

Apa Isi Full English Breakfast?

Mulai Harimu dengan Sarapan Tradisional Inggris Ini!
sumber: giphy

Sarapan dapat dimulai dengan jus jeruk, sereal, dan buah-buahan segar atau yang sudah direbus. Inti dari full breakfast adalah bacon, telur, dan sosis (atau disebut “bangers” di UK). Hidangan ini biasanya disertai dengan tomat panggang, jamur, bawang goreng, roti bakar, dan selai jeruk. Untuk minuman, secara tradisional, biasanya orang-orang meminum teh, namun ada pula yang lebih memilih kopi.

Hidangan sarapan ini disebut juga “fry-up”. Karena hampir semua bahan disiapkan dengan cara digoreng. Nama-nama lain dari full breakfast adalah “full Monty” yang konon dinamai setelah Jenderal Angkatan Darat Inggris Bernard Montgomery (dipanggil Monty), yang katanya ia memulai setiap harinya dengan full English breakfast selama kampanye di Afrika Utara waktu Perang Dunia II. Di Irlandia, full breakfast terkadang disebut dengan nama “chub”.

Variasi Full Breakfast

Mulai Harimu dengan Sarapan Tradisional Inggris Ini!
sumber: giphy

Setiap negara di Inggris dan Irlandia juga memiliki pilihan makanan pendamping yang berbeda-beda. Beberapa komponen yang kamu sukai, mugkin saya berada di regional tertentu. Variasi dari full breakfast adalah sebagai berikut:

Full English Breakfast     Black pudding (sosis), kacang panggang, bubble and squeak  (kentang dan kubis), dan roti goreng

Full Scotish                          : scone tattie, haggis, dan oatcakes

Full Irish                               : Roti soda

Full Welsh                            : Laver Bread atau Laver Cakes. Ini bukan roti atau kue tapi lauk yang terbuat dari pasta rumput laut yang dilapisi dengan oatmeal, dan kemudian digoreng.

Full Cornish                         : Puding babi (sosis) dan kue kentang Cornish

Belajar Budaya dan Bahasa Inggris di Cakap, Gak Pakai Ribet!

Hidangan Populer Lainnya dalam Sarapan Tradisional Inggris

Mulai Harimu dengan Sarapan Tradisional Inggris Ini!
sumber: giphy

Sebenarnya kamu bisa membuat full English breakfast dengan berbagai hidangan pendamping, dengan pancake, ikan, daging, kentang, roti, atau yang lainnya. Untuk jenis roti, umumnya orang-orang di Inggris menggunakan pancakeEnglish muffin, roti kentang, roti gulung. Untuk kentang, biasanya menggunakan kentang tumbuk, kentang goreng, kentang rebus, tumis kentang, atau pancake kentang.

Sebagian besar protein dalam makanan tradisional Inggris full breakfast biasanya berupa bacon atau sosis. Namun kamu juga bisa memadukan atau menggantinya dengan protein lain seperti ikan, ginjal sapi, sosis Skotlandia, ikan haddock asap, kerang, atau sosis vegetarian

Kamu bisa membuat Full English Breakfast di rumah dengan mencari resepnya di internet. Ini juga dapat membantumu belajar kosakata bahasa Inggris baru untuk kategori makanan. Setelah mencobanya atau mungkin ada bagian yang tidak kamu mengerti, kamu bisa mendiskusikan dengan teman atau pengajar ketika kursus bahasa Inggris online di Cakap. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Permainan untuk Membantu Belajar Bahasa Inggris

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.