8 Universitas Terbaik di Singapura untuk Kuliah Tahun 2023

NUS
source: nus.edu.sg

Singapura adalah salah satu destinasi untuk kuliah di luar negeri terbaik di Asia yang tidak hanya dekat, tetapi juga menawarkan pendidikan berkualitas. Hal ini dibuktikan dengan beberapa universitas terbaik di Singapura yang juga bergengsi di Asia dan bahkan internasional. 

Selain itu, Singapura juga dikenal dengan lingkungan yang multikultural dan lokasinya sebagai pusat di Asia Tenggara. Bagi Sobat Cakap yang sedang merencanakan studi ke luar negeri, berikut adalah 8 universitas terbaik di Singapura yang patut untuk dipertimbangkan. 

Table of Contents

National University of Singapore (NUS) 

National University of Singapore adalah universitas negeri terbesar dan tertua di Singapura yang menawarkan berbagai program sarjana, pascasarjana, dan doktoral. Universitas ini memiliki reputasi yang baik dalam bidang sains, teknologi, bisnis, dan kedokteran secara nasional maupun internasional. 

Nanyang Technological University (NTU) 

Universitas ini didirikan pada tahun 1991 dan merupakan universitas riset yang juga salah satu universitas terbesar di Singapura. Sama dengan NUS, NTU selalu masuk ke dalam 50 besar universitas terbaik di dunia setiap tahunnya. NTU menawarkan berbagai program sarjana dan pascasarjana dalam bidang teknologi, sains, bisnis, dan seni. 

Singapore Management University (SMU) 

Didirikan pada tahun 2000, SMU merupakan universitas swasta di Singapura yang dinilai terbaik dalam bidang bisnis dan ekonomi. SMU juga memiliki beberapa program yang diakui secara internasional dalam bidang keuangan, akuntansi, dan manajemen. Meskipun merupakan universitas swasta, SMU bisa dibilang terdepan di bidangnya. 

Singapore Institute of Technology (SIT)

Singapore Institute of Technology berdiri pada tahun 2009 dan merupakan universitas teknologi terbaru di Singapura. SIT menawarkan program sarjana dan pascasarjana dalam bidang teknologi, sains, dan kejuruan. SIT juga bekerja sama dengan beberapa universitas di luar Singapura untuk menawarkan program yang diakui secara internasional.

Singapore University of Social Sciences (SUSS) 

Universitas ini didirikan pada tahun 2017 dan merupakan universitas swasta di Singapura. SUSS menawarkan program sarjana dan pascasarjana dalam bidang ilmu sosial dan kemanusiaan. Universitas ini juga memiliki beberapa program yang diakui secara internasional dalam bidang sosiologi, politik, dan ilmu komunikasi.

Singapore University of Technology and Design (SUTD) 

Universitas ini didirikan pada tahun 2012 dan merupakan universitas teknologi terbaru di Singapura. SUTD menawarkan program sarjana, pascasarjana, dan doktor dalam bidang desain, teknologi, dan sains. SUTD bekerja sama dengan beberapa universitas di luar Singapura untuk menawarkan program yang diakui secara internasional.

Management Development Institute of Singapore (MDIS)

Management Development Institute of Singapore (MDIS) adalah sebuah institusi pendidikan tinggi swasta yang didirikan pada tahun 1956 dan diakui oleh pemerintah Singapura. MDIS menawarkan berbagai program sarjana dan pascasarjana dalam bidang bisnis, manajemen, teknologi, komunikasi, serta desain dan seni. 

James Cook University (JCU) 

James Cook University (JCU) adalah sebuah universitas yang berbasis di Queensland, Australia yang juga memiliki cabang di Singapura. Universitas ini menawarkan program sarjana dan pascasarjana dalam bidang sains, teknologi, kehutanan, konservasi, dan kebijakan lingkungan. 

Nah, demikianlah 8 universitas terbaik di Singapura yang bisa kamu pilih dan pertimbangkan jika ingin kuliah di negara tersebut. Kamu juga bisa mendiskusikan rencana studimu dengan Cakap Study Abroad, lho! Mulai dari persiapan tes bahasa asing hingga persiapan pendaftaran universitas bisa jadi lebih mudah. Yuk, Daftar! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • topuniversities.com
  • usnews.com

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.