10 Universitas Terbaik di Kanada Berbagai Jurusan Terbaru

universitas terbaik di kanada
Image by maplelearning from Pixabay

Jika Sobat Cakap ingin melanjutkan studi di negara dengan keberagaman dan penerimaan yang tinggi, Kanada sangat layak untuk dipertimbangkan. Kanada dikenal sebagai negara dengan alam yang indah serta termasuk sebagai salah satu negara paling aman dan stabil di dunia. Nah, apa saja ya universitas terbaik di Kanada? Check it out!

Table of Contents

10 Universitas Terbaik di Kanada 2023

Bagi Sobat Cakap yang ingin kuliah di Kanada tahun 2023 ini, kamu bisa memilih salah satu dari universitas terbaik di Kanada berikut ini. 

1. McGill University

McGill University adalah sebuah universitas publik di Montreal, Quebec, Kanada yang telah berdiri sejak tahun 1821. McGill menawarkan berbagai program studi dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, sosial, dan humaniora. 

Universitas ini memiliki reputasi yang baik di seluruh dunia dan sering disebut sebagai salah satu universitas terbaik di Kanada dan di dunia. McGill juga memiliki beberapa fakultas dan program penelitian yang berkualitas tinggi dan banyak alumni terkenal dan sukses.

2. University of Toronto

Didirikan pada tahun 1827 di Toronto, Ontario, Kanada, University of Toronto menjadi salah satu universitas terbesar dan paling terkenal di Kanada. Universitas ini menawarkan berbagai program studi dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, sosial, dan humaniora 

University of Toronto juga memiliki program penelitian yang berkualitas tinggi. Hal tersebut membangun reputasi yang sangat baik dan banyak dikenal sebagai pusat inovasi dan penelitian di Kanada dan di seluruh dunia.

3. University of British Columbia

Universitas terbaik di Kanada selanjutnya adalah University of British Columbia (UBC) yang telah berdiri tahun 1908 dan terletak di Kelowna, British Columbia, Kanada. Universitas ini merupakan universitas publik yang unggul secara global dalam bidang akademik dan riset serta kerap menduduki 50 besar universitas terbaik dunia. 

UBC menawarkan sekitar 500 gelar Sarjana dan Magister dalam bidang manajemen bisnis dan teknologi, IT dan teknologi terapan, seni dan ilmu liberal, hingga linguistik dan terjemahan. Selain itu, UBC telah meluncurkan lebih dari 1.300 proyek penelitian bersama perusahaan dan membantu pembuatan sekitar 200 perusahaan baru. 

4. University of Alberta

Dikenal dengan berbagai program studi humaniora, sains, seni kreatif, bisnis, teknik, dan ilmu kesehatan, University of Alberta adalah universitas terbaik di Kanada selanjutnya. Universitas ini didirikan pada tahun 1908 dan terletak di Edmonton, Alberta, Kanada. 

Selain reputasi sebagai salah satu universitas riset publik terbaik di Kanada, University of Alberta juga dikenal dengan jurusan yang unik. Misalnya jurusan paleontology and land reclamation untuk level undergraduate atau sarjana (S1). 

5. University of Montreal

Universitas terbaik di Kanada selanjutnya adalah University of Montreal atau Université de Montréal. Universitas ini didedikasikan untuk misi internasional sebagai salah satu universitas terkemuka dalam riset di Kanada dan Amerika Utara. 

University of Montreal menawarkan berbagai program studi dalam berbagai bidang mulai dari kesehatan, pendidikan, hingga seni. Universitas ini juga sangat multikultural dan beragam, dengan lebih dari 20% mahasiswanya merupakan pelajar internasional. 

universitas di kanada
Image by DEZALB from Pixabay

6. McMaster University

McMaster University adalah universitas riset publik lainnya yang termasuk universitas terbaik di Kanada. Memiliki kampus utama yang berlokasi Hamilton, Ontario, McMaster University telah berdiri sejak tahun 1887. 

Universitas ini sangat terkenal dengan risetnya dan berada di tingkat pertama dalam pendanaan riset pascasarjana pada tahun 2021. Jurusan yang paling terkenal dari universitas ini di antaranya adalah ilmu komputer, teknik, kesehatan, serta ilmu sosial dan humaniora. 

7. University of Waterloo

University of Waterloo terletak di Waterloo, Ontario, Kanada dan sudah berdiri sejak tahun 1959. Sebagai salah satu universitas riset publik, universitas ini dikenal dengan kualitas pengajaran dan riset yang tinggi dalam bidang teknologi dan sains. 

Ada banyak program studi yang ditawarkan dalam berbagai bidang, mulai dari bisnis, kesehatan, teknik, lingkungan, dan sebagainya. Beberapa bidang unggulan university of waterloo adalah ilmu komputer, tenik, dan matematika. 

8. Western University

Berdiri sejak tahun 1870, Western University adalah universitas riset publik yang berlokasi di London, Ontario, Kanada. Universitas ini termasuk salah satu universitas terbaik di Kanada yang terdepan dalam riset. 

Ada banyak pilihan program yang ditawarkan di universitas ini mulai dari bisnis dan ekonomi, ilmu sosial, kesehatan, hingga seni dan humaniora. Western University terbilang multikultural karena memiliki sekitar 22% pelajar internasional. 

9. University of Ottawa

University of Ottawa terletak di Ottawa, Ontario, Kanada dan telah berdiri sejak tahun 1848. Selain sebagai salah satu universitas riset publik terkemuka di Kanada, universitas ini dikenal sebagai universitas bilingual English-French terbesar di dunia. 

University of Ottawa menawarkan lebih dari 500 program sarjana dengan lebih dari 100 bidang studi. Beberapa bidang unggulan universitas ini adalah teknik, sains, ilmu sosial, kesehatan, hingga humaniora. 

10. University of Calgary

Universitas terbaik di Kanada selanjutnya adalah University of Calgary yang berlokasi di Calgary, Alberta, Kanada. Universitas riset publik yang juga dikenal dengan nama UCalgary berdiri pada tahun 1944. 

Universitas ini dikenal karena kualitas pengajaran dan riset yang tinggi dalam bidang sains, teknologi, dan kedokteran. Universitas ini juga memiliki program-program unik seperti program studi dalam bidang energi dan lingkungan.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai 10 universitas terbaik di Kanada untuk Sobat Cakap yang ingin kuliah pada tahun 2023. Masih bingung dengan pengurusan studi ke luar negeri serta persiapan bahasanya? Kosultasikan rencanamu dengan Cakap Study Abroad, yuk! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • topuniversities.com
  • timeshighereducation.com

Baca juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.