Kelulusan di Jepang dan Ucapan Selamat atas Kelulusan

ucapan kelulusan
Kelulusan di Jepang dan Ucapan Selamat atas Kelulusan

Kelulusan adalah salah satu momen spesial yang paling berkesan dalam hidup banyak orang. Jepang memiliki beberapa tradisi khusus dalam budaya kelulusan mereka, baik ketika lulus sekolah maupun saat lulus kuliah. Artikel kali ini akan membahas kelulusan dalam budaya jepang serta berbagai ucapan selamat atas kelulusan dalam bahasa Jepang. 

Kelulusan Sekolah di Jepang

 

Kelulusan = 卒業、そつぎょ  (sotsugyou) 

Upacara kelulusan = そつぎょ式  (sotsugyoushiki)

Kelulusan sekolah di Indonesia umumnya terjadi di akhir tahun ajaran sekitar bulan Mei atau Juni. Hal ini berbeda dengan di Jepang di mana akhir tahun ajaran terjadi pada awal musim semi yaitu pada bulan Maret. Oleh karena itu, upacara kelulusan sekolah di Jepang pun umumnya diadakan pada bulan Maret. 

Sotsugyoushiki atau upacara kelulusan biasanya dilakukan di ruangan olah raga (gym) di mana salah satu rangkaian acaranya adalah penyampaian pidato kelulusan. Selanjutnya siswa akan dipanggil satu per satu untuk menerima ijazah mereka dari perwakilan guru. Upacara kelulusan di Jepang juga seringkali menjadi momen yang menyentuh dan mengharukan. 

Salah satu hal menarik dari sotsugyoushiki adalah tradisi meminta dai ni botan atau kancing kedua dari baju seragam siswa laki-laki. Hal ini biasanya dilakukan oleh siswa perempuan terhadap siswa laki-laki yang mereka kagumi sebagai ungkapan perasaan suka. Meski demikian, pemberian kancing kedua tersebut tidak selalu dapat diartikan sebagai mulainya kencan atau pacaran. 

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Jepang Gratis

Ucapan Selamat atas Kelulusan dalam Bahasa Jepang

Setelah mengetahui bagaimana upacara kelulusan di Jepang, sekarang saatnya mengetahui ucapan selamat yang biasa diberikan saat kelulusan. Dalam bahasa Jepang sendiri, ucapan selamat biasanya diungkapkan dengan kata おめでとう (omedetou). 

ご卒業おめでとうございます (gosotsugyou omedetou gozaimasu)

Kalimat ini berarti “selamat atas kelulusannya” yang merupakan ungkapan formal dengan bahasa yang sangat sopan dalam bahasa Jepang. Jika orang yang merayakan kelulusan adalah orang yang kamu segani, seperti guru atau senior yang kamu hormati, kamu bisa menggunakan ucapan ini. 

卒業 おめでとう! (sotsugyou omedetou)

Kalimat ini juga berarti “selamat atas kelulusannya”. Orang Jepang akan menggunakan ucapan ini dalam konteks informal dan kasual, berlaku untuk teman sebaya dalam percakapan sehari-hari.  Jika yang merayakan kelulusan adalah teman yang akrab denganmu, kamu bisa menggunakan sotsugyou omedetou.

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus Bahasa Jepang di Cakap

Variasi Ucapan Selamat atas Kelulusan Lainnya

Jika kamu merasa kedua ucapan di atas terlalu standar dan kaku, kamu juga bisa menggunakan ucapan-ucapan berikut ini. 

1. やったね、おめでとう! 

Yattane, omedetou!

“Kamu berhasil, selamat ya!”

2. 私もとてもうれしいです。

Watashi mo totemo ureshii desu. 

“Aku juga ikut senang ya!”

3. 今まで本当にがんばったね!

Ima made honto ni ganbatte ne!

“Kamu sudah berusaha keras sampai sekarang!”

4. あなたを 誇りに思います。

Anata o hokori ni omoimasu!

“Bangga banget sama kamu!”

5. これからも頑張ってください。

Korekara mo ganbatte kudasai. 

Mulai sekarang pun semangat ya!

Kamu juga menggabungkan kalimat-kalimat di atas dengan ucapan sotsugyou omedetou, seperti pada contoh berikut:

1. 卒業 おめでとう! 今まで本当にがんばったね!

Ima made honto ni ganbatte ne! Sotsugyou omedetou!

“Kamu sudah berusaha keras sampai sekarang! Selamat atas kelulusannya ya!”

2. 卒業 おめでとう!私もとてもうれしいです。

Sotsugyou omedetou! Watashi mou ureshii desu.

“Selamat atas kelulusan ya! Aku juga ikut senang.”

3. 卒業 おめでとう!これからも頑張ってください。

Sotsugyou omedetou! Korekara mo ganbatte kudasai.

“Selamat atas kelulusannya ya! Mulai sekarang pun semangat ya!”

Nah, itu dia serba-serbi kelulusan di Jepang hingga berbagai jenis ucapan selamat atas kelulusan dalam bahasa Jepang. Kamu bisa coba menggunakan kalimat-kalimat seperti contoh untuk mengucapkan selamat atas kelulusan seseorang ya!

Kamu bisa belajar lebih banyak tentang bahasa Jepang dengan mengikuti kursus bahasa Jepang online di Cakap, lho! Download aplikasinya sekarang di Play Store atau App Store ya!

Baca juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat