Cerita Fina: Alumni Prakerja Cakap yang Ingin Memberi Dampak

testimoni prakerja fina ruzika

Percaya nggak sih kalau usaha tidak akan mengkhianati hasil? Begitu juga dengan usaha kamu untuk menambah ilmu dan meng-upgrade pengetahuan di bidang yang kamu geluti dan minati. Hal ini dibuktikan secara langsung oleh Fina Ruzika Zaimar, seorang dosen muda yang berdomisili di Makassar. Dari staf akuntan menjadi dosen akuntansi, simak cerita Fina yang merupakan alumni program Kartu Prakerja di Cakap, yuk! 

Table of Contents

Staff Accounting yang Hobi Menulis

Ditemui secara virtual oleh tim Cakap, Fina dengan ramah memperkenalkan dirinya. “Halo, Sobat Cakap! Saya Fina Ruzika Zaimar, saya berusia 27 tahun dan berdomisili di Makassar,” ungkapnya. 

Saat ini Fina berprofesi sebagai pengajar di salah satu universitas di Makassar sebagai dosen Akuntansi. Sebelum terjun ke dunia pendidikan, Fina pernah bekerja sebagai Staff Accounting di salah satu perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi. 

Selain berkecimpung di bidang akuntansi, Fina juga memiliki ketertarikan dalam dunia kepenulisan, lho. “Disela-sela kesibukan saya juga aktif menulis buku,” ungkapnya menjelaskan lebih lanjut. 

Ingin Memberi Dampak

Bagi banyak orang, cita-cita masa kecil adalah dorongan untuk mewujudkan masa depan. Hal ini juga berlaku buat Fina, meskipun cita-citanya kini menjadi lebih berfokus pada tujuan, bukan lagi profesi seperti saat di masa kecilnya. 

“Dulu saya pernah bercita-cita menjadi presiden, karena orang tua saya suka menonton berita politik. Saya sering melihat Bill Clinton, yang ternyata dia adalah presiden Amerika Serikat dan ia sangat terkenal saat itu,” ungkap Fina. 

Meski demikian, ia mengaku bahwa cita-citanya berubah sejak memasuki usia remaja hingga dewasa. “Sekarang cita-cita saya adalah ingin berdampak untuk banyak orang di mana saya bisa memberikan inspirasi untuk orang lain,” lanjutnya. 

Menurutnya, menjadi inspirasi baik itu dapat memberikan manfaat jangka panjang dan bisa memotivasi orang lain untuk mengejar mimpinya. 

Temukan Pelatihan Prakerja Terbaik dan Terlengkap Hanya di Cakap!

Mengambil Kelas Prakerja di Cakap

Mengikuti kelas Prakerja adalah salah satu cara yang dilakukan Fina agar semakin dekat dengan cita-citanya untuk memberi dampak. Ia mengambil dua kelas yang menurutnya paling cocok dengan latar belakang dan juga ketertarikan pribadinya. 

“Kelas yang saya ambil di Cakap adalah Menyusun Laporan Keuangan karena sejalan dengan latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang saya geluti. Selain itu, saya juga mengambil pelatihan Copywriting karena saya memiliki hobi dan ketertarikan untuk menulis.” 

Ketika diminta memberi kesan tentang pelatihan yang diambilnya di Cakap, Fina mengatakan bahwa pelatihannya sangat mudah dipahami dan bisa langsung dipraktikkan dalam dunia kerja.

“Hal yang paling berkesan buat saya adalah materi belajar yang lengkap dan tutor yang sangat baik dalam menjelaskan materi. Jadi, saya bisa lebih memahami mengenai akuntansi dari pelatihan dari Cakap ini.” 

Fina juga mengaku bahwa dirinya bisa lebih memahami materi akuntansi setelah mengikuti pelatihan di Cakap, terutama untuk materi yang sifatnya praktikal. Selain itu, pelatihan di Cakap juga membuatnya semakin dekat dengan cita-citanya yang ingin memberi dampak. 

Ia menjelaskan, “Dengan ilmu pengetahuan dan skill yang didapatkan dari Cakap, pekerjaan yang saya geluti bisa lebih mudah dikerjakan. Saya juga bisa membagikan pengetahuan yang saya dapat kepada rekan kerja saya.”

Pesan Buat Para Pencari Kerja

Sebagai salah satu alumni yang merasakan manfaat dari program Kartu Prakerja yang mengambil pelatihan di Cakap, Fina ingin menyampaikan sesuatu nih! Harapannya Sobat Cakap bisa jadi lebih termotivasi untuk mengembangkan diri. 

“Jangan pernah menyerah, karena gagal adalah awal dari keberhasilan. Tidak ada yang mustahil untuk orang-orang yang tidak pernah berhenti berjuang menggapai impian,” ungkap Fina. 

Ia mengatakan bahwa ia sangat merekomendasikan Cakap kepada para fresh graduate agar bisa menjadi bagi mereka yang ingin melamar pekerjaan. “Ada banyak sekali ilmu pengetahuan yang bisa diserap dan banyak skill baru yang bisa didapat. Ayo ambil pelatihan Prakerja di Cakap!” 

Nah, apakah Sobat Cakap siap untuk meningkatkan skill dan pengetahuan untuk mencapai cita-cita seperti Fina? Jika iya, maka ini saat yang tepat untuk kamu mendaftar Kartu Prakerja dan mengambil pelatihan Prakerja Cakap. Pastikan kamu mengambil pelatihan yang benar-benar kamu minati agar kesempatan ini dapat memberikan manfaat maksimal, ya! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.