Intip 10 Istilah Unik dan Relatable dalam Berbagai Bahasa

relatable artinya

Dalam bermedia sosial, kamu mungkin sering menemukan kata “relatable” digunakan di mana-mana. Relatable artinya sesuatu yang sedang dibahas merupakan sesuatu yang juga kamu alami, rasakan, atau mengerti dengan baik. Misalnya ketika ketika suatu kejadian dibagikan seseorang, kamu langsung merasa mengerti dan dapat merasakan emosi dari suatu kejadian tersebut. 

Hal ini juga termasuk ketika kamu mendengar kata-kata atau istilah untuk menggambarkan situasi tertentu, lho! Dalam artikel ini akan dibahas beberapa istilah atau kata-kata aneh dan unik dalam berbagai bahasa untuk menjelaskan situasi yang relatable buatmu. Simak penjelasan masing-masingnya ya!

Forelsket (Norwegia)

 

Source: GIPHY

Kata aneh pertama ini berasal dari bahasa Norwegia yang mendeskripsikan perasaan suka terhadap seseorang. Menariknya, rasa suka yang dimaksud dalam kata forelsket adalah rasa suka yang teramat sangat, namun belum sampai di level “mencintai”. Di fase ini kamu akan merasa bahagia karena membiarkan dirimu jatuh cinta kepada seseorang. Relatable? 

Hyggeligt (Denmark)

Source: GIPHY

Hyggeligt adalah rasa nyaman yang kamu rasakan ketika kamu menonton tayangan Netflix sambil berselimut ditemani secangkir teh atau kopi dan camilan saat hujan. Perasaan nyaman yang dimaksud adalah perasaan yang memberikan rasa hangat sehingga kamu ingin berlama-lama di suatu momen. 

Gigil (Filipina)

Source: GIPHY

Kata aneh dalam bahasa Filipina ini memiliki arti yang “gemas” sehingga kamu geregetan bahkan ingin mencubit atau meremas. Gigil bisa terjadi karena sesuatu yang terlalu menggemaskan seperti bayi maupun sesuatu yang membuat sangat terganggu. Kamu pernah berada dalam situasi ini, bukan?

La douleur exquise (Prancis)

Source: GIPHY

Secara harfiah la douleur exquise berarti the exquisite pain dalam bahasa Inggris, atau “rasa sakit yang luar biasa” jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Meskipun demikian, kata ini memiliki arti yang lebih puitis merujuk pada perasaan menginginkan seseorang yang kamu tahu tidak akan bisa kamu miliki. 

L’esprit de l’escalier (Prancis)

Source: GIPHY

Ketika sedang bercakap dengan seseorang, pernahkah kamu menjadi frustasi karena kesulitan untuk memikirkan jawaban atau balasan yang harus diberikan? Lalu tanpa sadar kamu justru kehilangan momen untuk merespon dan menjawab dengan sempurna. Momen inilah yang disebut l’esprit de l’escalier dalam bahasa Prancis. 

Schwellenangst (Jerman)

Source: GIPHY

Beberapa orang mungkin akan mengalami rasa cemas dan takut ketika menghadapi sesuatu untuk pertama kalinya. Dalam bahasa Jerman, schwellenangst adalah kata yang tepat untuk menggambarkan situasi ini. Kata ini berasal dari kata schwelle (“ambang”) dan angst (“kecemasan”). Hayo, siapa yang ngerasa relate dengan kata satu ini?

Seigneur des terrasses (Prancis)

Source: GIPHY

Kata bahasa Prancis ini pasti relatable banget dengan fenomena yang terjadi di coffee shop di Indonesia. Seigneurs-terrasse adalah orang yang suka duduk di coffee shop untuk waktu yang lama tetapi hanya memesan sedikit. Kamu termasuk salah satunya kah?

Тоска/Toska (Rusia)

Source: GIPHY

Terkadang kita bisa merasakan perasaan putus asa yang membuat hampa meskipun tidak ada alasan spesifik untuk itu. Dalam bahasa Rusia situasi ini disebut toska, yaitu perasaan sakit yang menyiksa atau kesedihan menyayat hati yang terjadi begitu saja. Can relate?

Yoko meshi (Jepang)

Source: GIPHY

Ungkapan ini berkaitan dengan perasaan tertekan yang dialami oleh orang Jepang ketika berhadapan dengan pembicaraan dalam bahasa asing. Yoko meshi juga cocok untuk situasi di mana kamu merasa tertekan dan canggung seperti saat makan bersama orang-orang yang berasal dari negara lain. 

Zhaghzhagh (Persia)

Source: GIPHY

Pernahkah kamu untuk mengalami gigi gemeletuk tidak terkendali sehingga kamu kesulitan bicara? Dalam bahasa Persia ini disebut dengan zhaghzhagh. Kata ini cukup unik dan aneh karena menggambarkan situasi atau kondisi di mana gigi gemeletuk tidak terkendali karena marah atau kedinginan. 

Apa kata yang artinya paling relatable buatmu?

Itulah beberapa kata-kata atau istilah dalam berbagai bahasa asing yang menjelaskan situasi dan kondisi yang relatable bagimu. Selain unik dan menarik, kebanyakan kata-kata dan istilah di atas tidak memiliki padanan dalam bahasa Inggris, lho! Keren ya!

Baca juga: 

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks