15 Rekomendasi Novel Bahasa Inggris yang Mudah Dipahami Pemula

novel bahasa inggris untuk pemula

Membaca dapat melatih nalar dan mengembangkan cara berpikir. Lebih jauh dari itu, selain menambah wawasan, dengan membaca sebuah karya tulis akan membuatmu mengetahui bagaimana cara penulis memandang dunia melalui sudut pandang dan gambaran cerita-cerita dalam tulisannya. Novel bahasa Inggris akan menjadi pilihan dan bacaan sempurna bagimu.

Selain melihat bagaimana pemikiran-pemikiran orang luar, membaca novel bahasa Inggris juga membantumu dalam belajar bahasa Inggris.  Yuk, lihat rekomendasi novel bahasa Inggris untuk pemula yang mudah dipahami berikut ini.

source: giphy.com

Novel Bahasa Inggris

1. Harry Potter Series – J. K. Rowling

Kalau yang ini sih dijamin kamu pasti sudah tahu. Mungkin ikutin filmnya juga. Tapi kamu udah baca novelnya belum?

Dengan mengikuti novelnya dari yang pertama sampai yang ketujuh, kamu bakal ikutan masuk ke dalam dunia Harry Potter dan petualangan-petualangan yang dilalui Harry bersama kedua sahabatnya, Ron dan Hermione, mulai dari melatih kemampuan sihirnya hingga bertarung dengan penyihir jahat dan makhluk-makhluk menyeramkan.

Gaya bahasa yang digunakan juga gak rumit tapi detail, sehingga kamu bisa benar-benar membayangkan kisahnya sembari belajar berbagai kosakata bahasa Inggris baru. 

2. Twilight Series – Stephanie Mayer

Kalau kamu lebih suka kisah romansa dan mitologi, serial Twilight ini cocok untuk kamu! Bergelut dengan makhluk mitologi seperti vampir dan werewolf atau manusia setengah serigala, ada banyak drama dan aksi yang akan kamu temui di dalam novel ini.

Bella adalah seorang gadis biasa yang hidupnya berubah drastis setelah mengetahui bahwa dunianya dikelilingi oleh vampir dan werewolf. Mau tidak mau, dia harus menerima kenyataan dan menjalani kisahnya. Buat kamu yang penggemar berat serial yang satu ini, membaca novel bahasa Inggrisnya bisa jadi cara seru untuk mulai belajar bahasa Inggris

3. The Perks of Being a Wallflower – Stephen Chbosky

Kata pepatah, masa muda adalah masa terbaik. Hal itu tentu tidak selalu dirasakan oleh Charlie. Sebagai seorang penyendiri, lika-liku kehidupan remaja terus menghampirinya. Dia merasakan proses menjadi dewasa serta melihat berbagai masalah sosial, salah satunya isu kesehatan mental. 

Banyak yang bilang buku ini relatable lho, terutama untuk remaja. Buku ini bisa membuatmu memahami hal yang kerap terjadi pada masa muda. Jadi kamu pun bisa belajar kosakata-kosakata yang relevan dengan kehidupanmu lewat novel bahasa Inggris ini!

4. The Girl on the Train – Paula Hawkins

Butuh cerita misteri? The Girl on the Train jadi solusinya. Buku ini tentang Rachel yang baru saja melalui masa sulit dalam hidupnya. Setiap pagi, dia menggunakan kereta untuk berangkat kerja. Dari jendela kereta, dia sering memperhatikan kehidupan pasangan muda yang terlihat bahagia. Namun suatu hari, dia melihat sesuatu yang mengejutkan. Apa ya kira-kira?

Penasaran? Novel bahasa Inggris yang satu ini cocok buat kamu yang suka kisah-kisah yang menegangkan dan bikin penasaran. Karena kisah misteri, penceritaannya pun dipenuhi petunjuk-petunjuk menarik. Pas baca jadi lebih seru deh dan tanpa terasa kamu jadi belajar banyak kosakata baru.

5. Looking for Alaska – John Green

Keseruan buku ini bermula dari Miles, seorang remaja yang baru memasuki Culver Creek Boarding School. Di sana, dia bertemu dengan gadis cantik nan misterius bernama Alaska. Setelah merasakan momen indahnya bersama Alaska, si gadis cantik tersebut meninggal secara tiba-tiba. Bergelut dengan keanehan dan rasa penasaran, Miles dan temannya mencari tahu kisah dibalik kematian Alaska.

Baca Juga: 101 Kosakata Bahasa Inggris yang Wajib Dihafal Pemula

Gaji Meningkat 30% dengan Fasih Berbahasa Inggris. Saatnya Kamu Mulai Belajar!

6. The Orange Girl – Jostein Gaarder

Novel The Orange Girl atau dikenal juga dengan ‘Gadis Jeruk’ merupakan garapan penulis terkenal Jostein Gaarder yang juga penulis novel Dunia Sophie dan The Puppeteer. Jostein memiliki gaya tulisan unik yang di dalamnya mengandung banyak sekali ilmu pengetahuan, baik di bidang bahasa maupun bidang filsafat.

Dalam novelnya kali ini, ia menggambarkan seorang tokoh Gadis Jeruk. Gadis misterius yang dicintai oleh ayah George Reod. Ayahnya menulis surat kepada George sebelum ia meninggal. Isi surat tersebut adalah cerita-cerita masa muda ayahnya dengan si Gadis Jeruk. Dalam perjalanannya, George akan menunjukkan padamu tentang sebuah kisah cinta, merenungi alam semesta dan kehidupan nyata, serta filosofis tentang makna hidup.

7. The Fault in Our Stars – John Green

The Fault in Our Stars adalah novel bahasa Inggris yang bercerita tentang perjalanan cinta. Novel best seller karya John Green ini sangat populer, hingga akhirnya diangkat menjadi sebuah film.

Melalui tokohnya, Hazel Grace dan Augustus Waters, penulis mampu menuangkan jiwa dan menghidupkan karakter pada kedua tokoh tersebut. Perjalanan cinta keduanya dihadapkan pada sebuah perjuangan melawan penyakit. 

Diceritakan dalam novel tersebut bahwa Hazel dan Augustus memiliki penyakit yang mematikan. Mereka bertahan dalam sebuah kekuatan cinta, komitmen, dan keinginan saling menjaga. Kedua tokoh tersebut memandang bahwa kekurangan bukan alasan untuk meninggalkan pasangan. Justru sebaliknya, kekurangan bisa menjadi sebuah kekuatan yang paling ajaib dalam sebuah hubungan.

8. To All the Boys I loved Before – Jenny Han

Novel ini merupakan sebuah trilogi garapan penulis Jenny Han. Novel ini cocok bagi kamu yang suka kisah percintaan remaja. Novel bahasa Inggris ini diadaptasi dalam sebuah film keluaran Netflix pada tahun 2018. Tokoh utamanya bernama Lara Jean Covey, ceritanya berputar pada kehidupan asmara gadis remaja tersebut.

Lara memendam cintanya kepada beberapa laki-laki dalam sebuah tulisan di surat-suratnya. Kisah menjadi kian menarik saat adik dari Lara Jean mendapati surat tersebut dan mengirimkannya kepada laki-laki yang pernah Lara cintai. Dari situlah peran penting tokoh Peter Kavinsky muncul. Saat surat-surat tersebut terbongkar, Lara memilih untuk menjadikan Peter sebagai pacar “pura-pura”nya. 

9. Fangirl – Rainbow Rowell

Novel bahasa Inggris untuk pemula yang mudah dipahami selanjutnya adalah Fangirl. Novel dengan judul yang singkat namun mudah diingat tersebut ditulis oleh Rainbow Rowell. Sesuai dengan narasi judulnya, novel ini bercerita tentang dua saudara kembar Cath dan Wren yang merupakan penggemar dari Simon Snow (novel series dunia penyihir). 

Sebegitu sukanya pada Simon Snow, Cath bahkan menulis fanfiksi tentang Simon Snow, di sinilah passionate Catch sebagai sosok fangirl dimunculkan. Konflik dimulai saat Wren memilih untuk berhenti menyukai Simon Snow, dan meninggalkan Cath. Saat itulah dunia Cath mulai terguncang, Wern memilih untuk tidak mengambil jurusan perkuliahan yang sama dengan Cath, bahkan ia enggan untuk berbagi kamar dengan Cath di asrama. 

Cath harus beradaptasi dengan dunia perkuliahan dan teman sekamarnya yang pada awalnya membuat Cath enggan dan merasa risih. Bagian yang juga mampu menyentuh hati adalah ketika ayah mereka didiagnosa mengidap penyakit bipolar. Pada saat itulah Cath memilih untuk membatalkan ujian dan berfokus untuk mengurus ayahnya.

10. The Old Man and The Sea – Ernest Hemingway

Novel yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan dengan judul ‘Lelaki Tua dan Laut’ ini merupakan novel bahasa Inggris yang bisa membuatmu memetik banyak pelajaran berharga tentang sebuah kehidupan. Novel ini ditulis oleh Ernest Hemingway dengan tokoh utamanya bernama Santiago si ‘Lelaki Tua’.

Novel ini menceritakan betapa hidup adalah sebuah perjuangan dan usaha, mengadu nasib dan berburu keberuntungan yang hanya berhenti jika saatnya akan mati. Tokoh Santiago adalah gambaran seorang nelayan tua yang berumur lebih dari 80 tahun. Sepanjang kehidupanya menjadi seorang nelayan, Santiago tidak pernah mendapat tangkapan yang memuaskan. Oleh sebab itulah ia mendapat julukan Salao (bentuk dari ketidakberuntungan).

Baca Juga: Belajar Bahasa Inggris Lewat Nonton Series, Ini Strateginya

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Gratis 14 Hari

11. Lord of the Flies – William Golding

Novel bahasa Inggris yang satu ini meraih rating 3.69 dari skala 4 di Goodreads. Ditulis oleh William Golding, novel bahasa Inggris ini akan membuka pemikiranmu mengenai sudut pandang tentang bagaimana hidup ini harus berlangsung. Dimulai dengan sebuah tragedi kecelakaan pesawat, sekelompok anak sekolah Inggris selamat dari kecelakaan tersebut. Mereka mendarat di sebuah pulau terpencil, tak berpenghuni, dan tanpa orang dewasa yang menjadi pembimbing atau pengarah.

Hari terus berlanjut, semua orang harus berpikir bagaimana agar tetap bertahan hidup. Seorang tokoh bernama Ralph mengambil posisi sebagai pemimpin kelompok tersebut. Hingga pada suatu saat Jack menentang kepemimpinan Ralph dalam kelompok tersebut. Kelompok mereka terpecah kedalam dua pengikut. Dari situlah, kejadian demi kejadian yang amat mencengangkan berangsur terjadi. 

12. See you in the Cosmos – Jack Cheng

Novel bahasa Inggris selanjutnya yang bisa menjadi bacaan terbaik untukmu adalah See You in the Cosmos. Sebuah novel karya Jack Cheng ini bercerita tentang kehidupan Alex, kehidupan yang awalnya biasa dari lelaki biasa ini kian bergulir. Alex adalah tokoh pemuda yang tergabung dalam komunitas roket. 

Alex selalu berharap bahwa suatu hari, roketnya akan terbang ke angkasa. Setelah event peluncuran roket tersebut, Alex memilih untuk pergi dan tidak pulang lagi ke rumahnya. Ia pergi ke Las Vegas untuk mencari ayahnya. Namun, siapakah kiranya yang Alex temui di sana? Apakah ayahnya? Atau justru orang lain?   

13. Anna and the French Kiss – Stephanie Parkinis

Sesuai dengan judulnya, latar yang membangun cerita ini adalah Kota Paris. Novel karya Stephanie Parkinis ini cocok bagi kamu yang suka dengan genre romansa. Tentu tokoh utamanya bernama Anna. Ia diceritakan sebagai murid pindahan, di sekolahnya ia bertemu dengan Etienne. Keduanya saling mencintai, namun juga saling menyangkal perasaan tersebut. 

Berkat kepiawaian sang penulis, hubungan cinta keduanya dibuat tarik-ulur sedemikian rupa sehingga mungkin akan membuat pembaca merasa greget dan penasaran dengan alurnya. 

14. The Giver – Lois Lowry

Novel bahasa Inggris selanjutnya adalah The Giver atau dalam bahasa Indonesia artinya ‘Sang Pemberi’. Novel yang ditulis oleh Lois Lowry ini telah diadaptasi menjadi sebuah film dengan judul yang sama. Mungkin kamu akan menemukan distopia dalam cerita tersebut. Kehidupan yang digambarkan dalam komunitas Jonas di novel ini berawal dari keadaan dunia pasca bencana besar melanda. 

Para tetua memilih untuk mengatur ulang kehidupan di komunitasnya. Mereka akan memilihkan karir dan tempat seperti apa bagi penerusnya ketika mereka berumur dua belas. Sementara kenangan masa lalu hanya dipegang oleh satu orang, tokoh utamanya yang bernama Jonas merasa menjadi korban karena ia dipilih sebagai ‘penerima ingatan’ (menanggung ingatan masa lalu yang ada di dunia). 

Novel ini bercerita tentang perjalanan Jonas yang menginginkan perubahan, ia ingin menentukan kehidupan apa yang ia pilih dengan bebas.

15. Number the Stars – Lois Lowry

Last but not least ada novel Number the Stars, novel ini juga ditulis oleh penulis novel The Giver, Lois Lowry. Novel bahasa Inggris yang satu ini berlatar kisah di Denmark pada sekitar tahun 1940-an ketika Denmark dikuasai oleh Jerman. Bercerita tentang Annemarie yang memiliki teman dan tetangga bernama Ellen Rosen (Ia digambarkan sebagai tokoh berdarah Yahudi).

Suatu ketika, ada peringatan bahwa keturunan Yahudi akan dievakuasi dari Denmark. Di saat inilah keluarga Johansen pun membantu keluarga Rosen. Cerita berlanjut, hidup yang silih berganti dan berputar sedemikian rupanya mampu mengajarkan Annemarie sebuah keberanian. Ia menjadi tumpuan bagi teman-temannya. Annemarie mencoba melawan rasa takut di bawah desakan Nazi.   

Semuanya menarik kan? Akan lebih menarik lagi jika kamu cari tahu kelanjutan dari semua buku itu lho. Selain sebagai hiburan, belajar bahasa Inggris jadi lebih fun lewat membaca. Yuk mulai perbanyak membaca!

Kamu juga bisa lho mendalami bahasa inggris lewat aplikasi Cakap! Yuk coba kursus bahasa Inggris online di Cakap.

Belajarnya fleksibel dan dijamin gak ribet. Kamu juga bisa diskusi apa saja dengan pengajar profesional seputar bahasa Inggris. Yakin gak mau gabung sekarang?

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks