5 Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Mudah untuk Pemula

rekomendasi novel bahasa Inggris

“Books are the source of light.” Buku sering disebut sebagai penyokong kehidupan. Lembar demi lembar merupakan jendela untuk melihat dunia luar. Membaca buku dapat memperluas pengetahuan dan imajinasi. Sudah membudayakan baca buku belum?

Membaca buku sebab manfaatnya banyak lho. Selain sebagai pembelajaran, membaca mampu meningkatkan ketajaman memori dan konsentrasi. Kamu akan terbiasa dengan berbagai macam tulisan sehingga hal itu juga dapat secara rutin mengasah kecerdasan. Kreativitas, ide, serta pikiran kritis bisa terasah lewat membaca buku. 

Tapi kamu tahu nggak, kalau membaca buku itu juga bisa membantu kamu memahami bahasa asing? Misalnya, untuk menguasai bahasa Inggris, kamu bisa latihan dengan membaca novel bahasa Inggris supaya kamu terlatih untuk belajar berpikir dalam bahasa tersebut. Dengan membaca, secara tidak langsung kamu akan merasa seperti berada dalam dunia yang berbeda. Menarik kan?

Dijamin kamu jadi lebih semangat untuk belajar setelah menyimak 5 rekomendasi novel bahasa Inggris keren berikut ini.

Harry Potter Series – J. K. Rowling

source: giphy.com

Kalau yang ini sih dijamin kamu pasti sudah tahu. Mungkin ikutin filmnya juga. Tapi kamu udah baca novelnya belum?

Dengan mengikuti novelnya dari yang pertama sampai yang ketujuh, kamu bakal ikutan masuk ke dalam dunia Harry Potter dan petualangan-petualangan yang dilalui Harry bersama kedua sahabatnya, Ron dan Hermione, mulai dari melatih kemampuan sihirnya hingga bertarung dengan penyihir jahat dan makhluk-makhluk menyeramkan.

Gaya bahasa yang digunakan juga gak rumit tapi detail, sehingga kamu bisa benar-benar membayangkan kisahnya sembari belajar berbagai kosakata baru. 

Twilight Series – Stephanie Mayer

source: giphy.com

Kalau kamu lebih suka kisah romansa dan mitologi, serial Twilight ini cocok untuk kamu! Bergelut dengan makhluk mitologi seperti vampir dan werewolf atau manusia setengah serigala, ada banyak drama dan aksi yang akan kamu temui di dalam novel ini.

Bella adalah seorang gadis biasa yang hidupnya berubah drastis setelah mengetahui bahwa dunianya dikelilingi oleh vampir dan werewolf. Mau tidak mau, dia harus menerima kenyataan dan menjalani kisahnya. Buat kamu yang penggemar berat serial yang satu ini, membaca novel bahasa Inggrisnya bisa jadi cara seru untuk mulai belajar bahasa Inggris. 

The Perks of Being a Wallflower – Stephen Chbosky

source: giphy.com

Kata pepatah, masa muda adalah masa terbaik. Hal itu tentu tidak selalu dirasakan oleh Charlie. Sebagai seorang penyendiri, lika-liku kehidupan remaja terus menghampirinya. Dia merasakan proses menjadi dewasa serta melihat berbagai masalah sosial, salah satunya isu kesehatan mental. 

Banyak yang bilang buku ini relatable lho, terutama untuk remaja. Buku ini bisa membuatmu memahami hal yang kerap terjadi pada masa muda. Jadi kamu pun bisa belajar kosakata-kosakata yang relevan dengan kehidupanmu lewat novel bahasa Inggris ini!

The Girl on the Train – Paula Hawkins

source: giphy.com

Butuh cerita misteri? The Girl on the Train jadi solusinya. Buku ini tentang Rachel yang baru saja melalui masa sulit dalam hidupnya. Setiap pagi, dia menggunakan kereta untuk berangkat kerja. Dari jendela kereta, dia sering memperhatikan kehidupan pasangan muda yang terlihat bahagia. Namun suatu hari, dia melihat sesuatu yang mengejutkan. Apa ya kira-kira?

Penasaran? Novel bahasa Inggris yang satu ini cocok buat kamu yang suka kisah-kisah yang menegangkan dan bikin penasaran. Karena kisah misteri, penceritaannya pun dipenuhi petunjuk-petunjuk menarik. Pas baca jadi lebih seru deh dan tanpa terasa kamu jadi belajar banyak kosakata baru.

Looking for Alaska – John Green

source: giphy.com

Keseruan buku ini bermula dari Miles, seorang remaja yang baru memasuki Culver Creek Boarding School. Di sana, dia bertemu dengan gadis cantik nan misterius bernama Alaska. Setelah merasakan momen indahnya bersama Alaska, si gadis cantik tersebut meninggal secara tiba-tiba. Bergelut dengan keanehan dan rasa penasaran, Miles dan temannya mencari tahu kisah dibalik kematian Alaska.

Semuanya menarik kan? Akan lebih menarik lagi jika kamu cari tahu kelanjutan dari semua buku itu lho. Selain sebagai hiburan, belajar bahasa Inggris jadi lebih fun lewat membaca. Yuk mulai perbanyak membaca!

Kamu juga bisa lho mendalami bahasa inggris lewat aplikasi Cakap! Yuk coba kelas bahasa Inggris di Cakap.

belajar bahasa inggris online

Belajarnya fleksibel dan dijamin gak ribet. Kamu juga bisa diskusi apa saja dengan pengajar profesional seputar bahasa Inggris. Yakin gak mau gabung sekarang?

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google