Cakap, Top Choice Learning Platform.   Download Cakap  
Cakap, Top Choice Learning Platform

Catat! Inilah Perbedaan IELTS Academic dan General Training

perbedaan ielts academic dan general training
Image by freepik

Saat ingin berpindah ke luar negeri, baik untuk melanjutkan studi maupun bekerja, kamu akan membutuhkan sertifikat kemahiran bahasa Inggris seperti IELTS. Meski demikian, ada dua jenis IELTS yang sering ditawarkan yaitu IELTS Academic dan IELTS General Training. 

Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai perbedaan IELTS Academic dan IELTS General Training. Baca sampai habis agar kamu nggak salah pilih jenis IELTS sesuai kebutuhanmu, ya! 

Apa Itu IELTS Academic & IELTS General Training

Saat akan mempersiapkan dan mengambil ujian IELTS, kamu harus terlebih dahulu mengetahui perbedaan antara IELTS Academic maupun General Training. 

IELTS Academic

Sesuai dengan namanya, jenis IELTS ini adalah cocok untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. IELTS Academic akan menguji kemampuanmu dalam kosakata bahasa Inggris untuk latar akademik. Kamu juga bisa menggunakan sertifikat IELTS Academic untuk registrasi profesional untuk bekerja di luar negeri. 

IELTS General Training

Jenis IELTS ini cocok untuk kamu yang berencana untuk bermigrasi ke negara berbahasa Inggris, baik untuk bekerja maupun mengambil pelatihan. IELTS General Training menguji kemampuan bahasa Inggris dengan kosakata sehari-hari yang dibutuhkan dalam bersosialisasi maupun dalam lingkungan kerja. 

Perbedaan IELTS Academic dan  IELTS General

IELTS Academic dan IELTS General Training memiliki kesamaan dalam sesi Speaking dan Listening, tetapi memiliki perbedaan dalam sesi Writing dan Reading. Berikut adalah perbedaan IELTS Academic dan IELTS General Training.

IELTS Academic

IELTS General Training

Bertujuan untuk membantu kamu dalam penerimaan studi di luar negeri. 

Bertujuan untuk urusan migrasi yang akan membantu kamu untuk bekerja di luar negeri. 

Dalam soal Reading, IELTS Academic menggunakan teks akademik, seperti: jurnal, surat kabar, buku, dan internet yang akan dilengkapi dengan diagram atau grafik. 

Pada soal Reading, IELTS General Training dibagi menjadi 3 teks, yaitu:

1. Teks umum yang membahas topik sehari-hari.

2. Teks yang berfokus pada pekerjaan.

3. Teks yang diambil dari majalah, buku, surat kabar, dan internet.

Untuk tes Writing, kamu akan diberikan 2 tugas, yaitu:

1. Kamu akan diminta untuk menganalisis grafik atau diagram, lalu menulis setidaknya 150 kata.

2. Kamu akan diberikan sudut pandang, argumen, atau masalah yang perlu kamu berikan tanggapan dengan minimal 250 kata.

Saat sesi Writing, kamu akan diberikan 2 tugas, yaitu:

1.  Kamu harus menanggapi suatu situasi dengan menulis surat, setidaknya 150 kata.

2. Kamu akan diminta untuk memberikan tanggapan dari sudut pandang, argumen, atau masalah yang diberikan dalam 250 kata.

Penilaian skor diambil berdasarkan kemampuan untuk memahami dan berkomunikasi dalam konteks akademis. 

Skor yang akan kamu dapat, dinilai dari kemampuanmu dalam memahami situasi umum sehari-hari dan saat bekerja di luar negeri. 

Setelah mengetahui perbedaan dari dua tipe IELTS di atas, kamu jadi lebih paham untuk memilih tes IELTS mana yang sesuai dengan kebutuhanmu. Selain itu, kamu juga bisa mempersiapkan diri sebelum tes dimulai dengan latihan soal atau ikuti kelas IELTS Preparation di Cakap. 

Setelah kamu memilih tipe IELTS yang sesuai, penting untuk mengetahui gambaran dari tes IELTS. Berikut adalah informasi penting mengenai IELTS yang dapat membantumu lebih siap menghadapi tes. 

Tentang IELTS

Selain mengetahui tentang perbedaan IELTS Academic dan IELTS General Training, berikut beberapa hal lainnya tentang IELTS yang perlu kamu tahu.

  1. Skor IELTS berkisar antara 0 hingga 9. Biasanya, universitas/institusi memiliki skor minimum sebesar 6. Namun, ada juga yang lebih rendah atau lebih tinggi dari 6.
  2. Total durasi waktu pengerjaan tes IELTS adalah 2 jam 45 menit yang terdiri dari sesi listening 30 menit, Reading 60 menit, writing 60 menit, dan speaking dengan maksimal 15 menit.
  3. Dalam satu bulan, IELTS dilaksanakan sebanyak empat kali. Tes IELTS dapat diikuti di penyelenggara resmi IELTS, seperti: British Council, IALF, dan IDP.
  4. Hasil tes IELTS biasanya tersedia dalam kurun waktu 13 hari setelah ujian berlangsung dan dapat dilihat secara online atau datang ke lokasi tes.
  5. Untuk mengetahui update seputar IELTS, kamu dapat mengunjungi laman ielts.org.

Nah, itulah beberapa informasi penting yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan tes IELTS. Untuk kamu yang ingin coba simulasi tes IELTS, kamu bisa coba di Cakap. Simulasi nya dapat kamu lakukan di mana saja dan kapan saja. Selain itu, tes simulasi di Cakap tidak memakan biaya, alias 0 rupiah, lho! 

So, sekarang kamu udah nggak perlu bingung lagi, IELTS mana yang sesuai dengan kebutuhanmu. Persiapkan dengan baik agar kamu bisa dapatkan skor terbaik! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga:

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat