7 Peran Ayah dalam Keluarga yang Tak Kalah Penting

peran ayah dalam keluarga

Terkadang sosok ayah tidak terlalu terlihat jika dibandingkan dengan sang ibu. Hal ini terjadi karena hampir semua urusan keluarga menjadi tugas seorang ibu, sehingga peran ibu lebih terlihat menonjol. Meski begitu, bukan berarti peran ayah dalam keluarga tidak penting ya!

Ayah adalah bagian yang tak bisa terpisahkan dalam keluarga. Dalam sebuah keluarga,  peran seorang ayah bukan hanya untuk mencari nafkah.

Pembagian peran yang kaku antara ayah dan ibu sudah bukan zamannya lagi. Ayah dan ibu, semuanya menjalani peran-multi dalam keluarga. Lalu, apa saja peran ayah dalam keluarga?

Peran Ayah dalam Keluarga

Pemimpin Dalam Keluarga

Seorang ayah adalah pemimpin bagi keluarganya. Dengan kata lain, seorang ayah merupakan nakhoda sehingga ialah yang akan menentukan arah berlayar ke mana kapal kecilnya akan pergi.

Oleh sebab itu, penting untuk menanamkan peran ayah sebagai pemimpin dalam keluarga sejak kecil kepada sang buah hati.

Hal ini bertujuan agar kelak si buah hati dapat menghargai usaha-usaha sang ayah baik kecil maupun besar.

Pelindung Keluarga

Seorang ayah merupakan pelindung bagi keluarganya. Sosok ayah harus mampu untuk melindungi keluarganya dari bahaya-bahaya yang ada di dunia luar, baik dalam bentuk fisik maupun non-fisik.

Tak perlu terlalu protective, seorang hanya harus dapat memberikan kenyamanan dan keamanan secara emosional dan finansial bagi istri dan anak-anaknya.

Pelajari Cara Didik Anak di Kelas Parenting Cakap Upskill!

Penyedia Segala Kebutuhan

Tidak hanya menjadi pemimpin dan pelindung, peran ayah dalam keluarga juga sebagai pemenuh segala kebutuhan keluarganya. Hal ini telah menjadi janji yang dibuat oleh para pria saat menikahi wanitanya.

Tak hanya memenuhi kebutuhan spiritual, melainkan emosional serta materi. Ayahlah yang bertanggung jawab dalam hal tersebut.

Pemberi Kasih Sayang

Bagi seorang anak, kasih sayang tak cukup hanya diberikan oleh ibu saja, melainkan ayah juga. Tugas seorang ayah yang tak kalah penting adalah memberi kasih sayang bagi istri dan anak-anaknya.

Cara yang dapat dilakukan misalnya dengan memberikan cium kening pada ibu dan buah hati baik saat akan berangkat maupun ketika pulang kerja. Tidak hanya itu, masing-masing ayah punya caranya sendiri untuk menunjukkan kasih sayangnya bagi setiap anggota keluarga.

Motivator Keluarga

Ayah merupakan motivator dalam keluarga, terutama bagi sang buah hati. Saat si buah hati mengalami kesulitan, motivasi dari sang ayahlah yang dibutuhkan olehnya.

Sebagai motivator, sang ayah diharapkan dapat menjadi teladan dalam tindakan, perbuatan dan tingkah laku yang sekiranya dapat memberi dampak positif bagi buah hati dalam masa pertumbuhannya.

Teman Main Si Kecil Sudah Pandai Bahasa Inggris. Si Kecil Kapan?

Motivasi dalam keluarga juga dibutuhkan oleh sang istri. Seorang ibu menjadikan suaminya sebagai sumber motivasi positif dan tempat bersandar untuk membangun serta menjaga hubungan keluarga yang harmonis dan bahagia.

Pemberi Waktu

Pada umumnya, kebanyakan sosok ayah adalah mereka para pekerja keras dimana itu dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan anggota keluarganya. Oleh sebab itu, yang paling dibutuhkan oleh istri dan sang buah hati sebenarnya adalah waktu untuk menikmati momen bersama ayah.

Menjamin Pendidikan Anak

Tidak hanya menjadi teladan bagi sang buah hati, salah satu tugas utama seorang ayah adalah memastikan bahwa si kecil mendapat pendidikan yang baik dan terjangkau. Seorang ayah harus bisa mendidik sang buah hati agar dapat menjadi sosok yang berguna bagi sesama dan bagi bangsa.

Oleh sebab itu, tidak heran kalau sekarang banyak anak yang duduk di bangku TK sudah pandai berbahasa Inggris. Hal ini karena ayah dan ibunya menyadari bahwa pendidikan bahasa asing sangat penting untuk si kecil.

Untuk menguasai bahasa asing, parents bisa mengajak si kecil untuk ikut kursus Inggris online di Cakap. Di sana, si kecil bisa belajar bahasa Inggris dari rumah. Dengan begitu, parents tidak perlu khawatir karena bisa mengawasinya langsung.

Itu dia, 7 peran penting seorang ayah untuk keluarganya. Jadi, sudah jelas bukan bahwa dalam keluarga ayah dan ibu mempunyai perannya masing-masing dan tentu keduanya sama-sama penting, terutama bagi pertumbuhan sang buah hati ya.

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

#MakinCakap Sekarang!

Kategori

Top Picks