Kisah Pengajar Pelatihan Prakerja Cakap yang Belajar Ilustrasi di Warnet

blog banner pengajar kartu prakerja

Siapa di sini yang punya ketertarikan dalam bidang ilustrasi? Tahukah Sobat Cakap bahwa ilustrasi bisa jadi lebih dari sekadar hobi dan punya peluang karier, lho. Nah, kamu bisa mengambil kelas Kartu Prakerja di bidang ilustrasi untuk mewujudkannya. 

Kali ini Cakap akan mengajak kamu berkenalan dengan salah satu pengajar di kelas Kartu Prakerja bidang ilustrasi di Cakap, yaitu Hery Susanto. Bagi Sobat Cakap yang tertarik dalam bidang desain, khususnya ilustrasi, kenalan dengan pengajarnya dulu, yuk! 

Hery Susanto, Graphic Designer Supervisor at Cakap

Salah satu pengajar pelatihan Kartu Prakerja di Cakap adalah Hery Susanto yang saat ini berkarier sebagai Graphic Design Supervisor di Cakap. Hery Susanto atau “Mas Hery” sudah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun di bidang desain grafis, termasuk ilustrasi. 

Ia mengawali kariernya di bidang desain grafis sebagai Illustrator untuk sebuah brand kaos di tahun 2009. Mas Hery juga pernah bekerja sebagai Graphic Illustrator sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yaitu Stock Unlimited. Pengalaman lainnya di bidang ilustrasi termasuk freelance project pembuatan microstock, yaitu desain berbasis vektor. 

Dengan pengalaman tersebut, Mas Hery akan berbagi ilmu dan dasar-dasar ilustrasi yang berkaitan dengan penggunaan software dari Adobe. Pelatihan Kartu Prakeja yang diajarkan oleh Mas Hery berjudul “Eksplorasi Kompetensi Kreatif dengan Adobe Tools untuk Illustrator”. 

Mengawali Karier dari Hobi dan Belajar Otodidak

Mas Hery menyatakan bahwa ia memang menyukai seni dan hal-hal yang berbau visual sejak kecil. Seiring berjalannya waktu, ia semakin termotivasi untuk mendalami desain grafis dan ilustrasi karena bisa menjadi sarana untuk mengkomunikasikan ide lewat gambar. 

“Ilustrasi sendiri bisa membentuk persepsi terhadap sebuah brand, jadi juga dibutuhkan di industri. Misalnya pembuatan karakter-karakter atau maskot yang identik dengan suatu brand tertentu,” jelasnya. 

Menariknya, semua keterampilan Mas Hery di bidang desain ia pelajari secara otodidak, lho! Ia mengatakan kalau dirinya sering nongkrong bareng “anak seni” dan banyak belajar dari mereka. 

Daftar Kelas Prakerja di Cakap dan Mulai Pelatihanmu Sekarang!

Mas Hery menjelaskan, “Selain itu, saya juga belajar sendiri dari YouTube dan praktik sendiri di warnet untuk penggunaan PhotoShop dan CorelDraw. Dulu masih belum punya laptop, jadi sering dipinjami laptop dan buku-buku juga sama teman-teman.” 

Wah, kabar baik nih buat kamu yang ingin berkarier di bidang ilustrasi! Selama kamu punya keinginan untuk belajar, berkarier di bidang desain dan ilustrasi nggak mustahil meskipun tidak menempuh pendidikan formal di bidang terkait. 

Berbagi Ilmu di Pelatihan Kartu Prakerja

“Saya percaya kalau ilmu harus dibagikan agar bisa memberikan dampak positif dan juga untuk menambah keterampilan. Selain itu, menurut saya ilustrasi nggak hanya soal bakat, tetapi bisa dipelajari selama ada ketertarikan dan rasa suka,” ungkap Mas Her ketika ditanya alasan ia berbagi ilmu dalam pelatihan Kartu Prakerja. 

Ini adalah pertama kalinya bagi Mas Hery untuk berbagi ilmu dan menjadi pengajar di pelatihan Kartu Prakerja. Ia sudah mempersiapkan materi khusus untuk pemula, mulai dari sejarah ilustrasi dan perkembangannya, hingga cara membuat ilustrasi dasar. 

Ketika ditanya tentang persiapan, Mas Hery mengaku kalau ia lebih fokus mempersiapkan diri agar penyampaiannya dapat mudah dimengerti. Ia juga banyak mencari referensi-referensi untuk materi demonstrasi yang akan diperlihatkan nantinya kepada peserta. 

“Harapan saya kelasnya bisa bermanfaat buat yang ingin belajar mengkomunikasikan dan memecahkan masalah terkait kebutuhan industri terhadap ilustrasi. Semoga kelasnya bisa jadi panduan bagi pemula yang ingin memulai karier di bidang ilustrasi,” ungkap Mas Hery. 

Nah, demikianlah pembahasan tentang dari Mas Hery, salah satu pengajar pelatihan Kartu Prakerja di Cakap untuk kursus “Eksplorasi Kompetensi Kreatif dengan Adobe Tools untuk Illustrator”. 

Kamu juga bisa mengambil kursus lainnya terkait desain dan ilustrasi di kelas Kartu Prakerja Cakap, lho! Ada juga berbagai pilihan kursus, di bidang pemasaran, teknologi informasi dan data, agrikultur, hingga finansial untuk kamu yang punya minat di bidang lainnya. 

Dengan mengambil pelatihan Kartu Prakerja di Cakap, kamu akan bertemu dengan para pengajar yang berpengalaman dan juga mendapatkan sertifikat penyelesaian. Selain itu, ada juga bonus akses gratis ke Cakap English Club selama 1 bulan. Yuk, intip pelatihan Kartu Prakerja Cakap sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.