Parents Lyfe Club: Mengenali & Memahami Minat Bakat si Kecil Sejak Dini

parenting-anak

Tahukah Moms dan Dads kalau minat dan bakat merupakan dua hal yang berbeda meskipun sering digunakan bersamaan? Hal ini dibicarakan dalam Cakap Parents Lyfe Club yang dibawakan oleh Ibu Giavanny Panatra, M.Psi., Psikolog dari Ruang Tumbuh. Simak penjelasannya, yuk! 

Table of Contents

Apa Itu Minat dan Bakat?

Minat adalah dorongan atau hal yang membuat anak tertarik untuk melakukan sesuatu. Sedangkan bakat adalah kapasitas yang dimiliki oleh anak, atau dengan kata lain sebagai sesuatu yang bisa dilakukan anak dengan baik. 

Usia 0-5 tahun merupakan masa yang tepat untuk melihat minat dan bakat si Kecil karena di usia ini anak-anak akan melakukan banyak eksplorasi. Namun, Moms dan Dads harus tetap memberikan stimulasi untuk aspek perkembangan lainnya, seperti aktivitas fisik, dan motorik.

Pentingnya Peran Orang Tua dalam Mengenal Minat dan Bakat 

Pada digital dan society 5.0, peran orang tua sangat dibutuhkan dalam membantu si Kecil mengetahui minat dan bakatnya. Perlu diketahui bahwa minat dan bakat dan minat si Kecil sifatnya dinamis, sehingga perlu terus diamati dan distimulasi dari waktu ke waktu. 

Berikut adalah pentingnya Moms dan Dads sebagai orang tua dalam mengenal minat dan bakat si Kecil: 

1. Memfasilitasi, mendukung, dan membina

Dengan mengetahui minat dan bakat si Kecil, orang tua bisa memfasilitasi, mendukung, membina anak sehingga bisa mengoptimalkan kemampuannya. 

2. Membantu meningkat kepercayaan diri si Kecil

Membantu si Kecil merasa mampu dan bisa meningkatkan kepercayaan diri maupun sebagai tempat mengekspresikan emosi anak. 

Cara Mengenali Bakat Terpendam si Kecil 

Moms dan Dads bisa mengenali bakal terpendam si Kecil melalui kegiatan atau perilaku si Kecil sehari-hari. Beberapa hal yang bisa Moms dan Dads lakukan antara lain: 

1. Amati minat dan bakat si Kecil

Untuk minat, dapat dilihat dari hal yang membuat si Kecil senang dan bersemangat hingga bisa mempertahankan perhatiannya dan bahkan dilakukan secara berulang. Sedangkan bakat, dapat dilihat dari apa yang dapat si Kecil pahami dengan cepat, baik, dan unggul.

2. Stimulasi

Moms dan Dads dapat melakukan pengenalan aktivitas baru dan memberikan kesempatan untuk eksplorasi dan disertai juga komunikasi dengan anak. Perlu diingat juga bahwa stimulasi tersebut butuh disesuaikan dengan usia dan dilakukan secara bertahap.

Salah satu manfaat mengetahui bakat dan minat si Kecil adalah mengetahui cara belajar si Kecil. Moms dan Dads bisa mencoba eksplor mengenalkan cara belajar kepada si Kecil melalui visual, audio, motorik, dll.

Bagi Moms dan Dads yang ingin mendapatkan informasi bermanfaat seputar parenting bisa bergabung di Cakap Parents Lyfe Club dengan manfaat:

  • Dapat akses gratis ke event seru
  • Ada KulWap Parenting tiap bulannya
  • Nikmati diskon & promo menarik
  • Bisa jadi Mom Influencer Cakap
  • Dapatkan ilmu parenting dari ahlinya
  • Menambah teman & support system.

Yuk, daftar Parents Lyfe Club sekarang!

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.