Mengapa Harus Mengajak Anak Menonton Pertandingan Olahraga?

menonton-sepak-bola

Pertandingan olahraga sangat menyenangkan untuk ditonton. Meski begitu pertandingan olahraga yang hanya disaksikan oleh orang dewasa tidak sedikit juga anak-anak yang suka menonton pertandingan tersebut. Untuk para orang tua yang sedang mempunyai anak yang sedang atau akan menonton pertandingan olahraga, berikut alasan kenapa anda harus mengajak atau memperkenallkan pertandingan olahraga kepada anak?

Pentingnya Sportivitas

Dalam pertandingan olahraga, para pemain bersaing untuk meraih kemenangan. Persaingan tersebut menciptakan aura berkompetisi dan berjuang untuk mencapai tujuan. Meski begitu, para pemain tetap menunjukkan sportivitas dengan cara tidak bermain curang, patuh terhadap aturan yang berlaku. Hal ini penting untuk memberi contoh kepada  anak bahwa untuk mencapai sesuatu harus dilakukan denga cara benar dan sportif, tidak curang. Anak akan sadar bahwa apa yang didapat dengan cara yang sportif tentunya akan lebih memuaskan dibandingkan cara yang curang.

pentingnya-sportivitas source: giphy.com

Persiapan yang Matang Untuk Hasil yang Baik

Dalam pertandingan olahraga diperlukan adu strategi dan taktik agar mampu meraih kemenangan. Hal tersebut positif untuk dicontoh oleh anak, tunjukan kepada anak bahwa jika ingin meraih sesuatu diperlukan strategi dan cara yang tepat untuk meraih tujuan tersebut. Dengarkan cara-cara yang diutarakan oleh anak dan jelaskan cara-cara yang bisa sesuai dengan aturan sportivitas.

persiapan-matang source: giphy.com

Lapang Dada Dengan Apapun Hasilnya

Ketika sudah berusaha memperjuangkan kemenangan namun hasilnya tidak sesuai dengan harapan, tentunya akan mengecewakan. Meski begitu sebagai orang tua harus menanamkan nilai lapang dada bahwa hasil yang mengecewakan bukanlah akhir dari segalanya. Yakinkan anak bahwa setelah kegagalan ada hikmah yang bisa diambil sebagai bahan intropeksi diri agar anak semakin siap dan mempunyai banyak strategi untuk hidupnya.

olaraga-sehat source: giphy.com

Olahraga itu Menyehatkan

Bergerak aktif adalah ciri dari anak sehat. Pertandingan olahraga memberikan inspirasi kepada anak untuk olahraga apa yang akan dia sukai. Ketika anak sudah suka dengan salah satu cabang olahraga, maka anak tersebut akan senang ketika ikut berolahraga. Contohnya ketika anak menonton pertandingan sepak bola, anak pasti melihat atmosfir yang ada di stadion atau layar kaca. Anak akan terinspirasi, bahwa sepakbola adalah olahraga yang seru dan banyak pendukungnya yang bisa jadi adalah temannya sendiri, anak akan mau untuk berolahraga dan bermain dengan teman-temannya. Tentunya hal tersebut bermanfaat untuk menyehatkan anak.

lapang-dada source: giphy.com

Banyak Hal Baru yang Diketahui

Menonton pertandingan olahraga memperkaya pengetahuan anak, seperti informasi para atletnya, jalannya pertandingan dan trivia unik yang disajikan. Anak akan mendapat wawasan baru sehingga bisa lebih diterima di lingkungannya.  Selain itu juga bisa terasah kemampuan anak berbahasa inggris jika anak menonton pertandingan olahraga luar negeri melalui televisi. Contohnya ketika pertandingan sepak bola liga inggris, menggunakan komentator bahasa inggris, orang tua bisa membantu menerjemaahkan bahasa yang dibicarakan oleh komentator. Anak akan nyaman dan lebih antusias menonton pertandingan dan bisa menjadi metode belajar bahasa inggris untuk anak sd yang baik.

persiapan-matang source: giphy.com

Menonton pertandingan olahraga memang sangat seru, namun harus didampingi oleh orang tua. Orang tua perlu memilah olahraga mana yang baik mana yang tidak untuk anak sesuai umurnya. Kemudian dampingi juga kegiatan olahraganya agar semakin termotivasi dan terarah dengan baik.

Baca Juga :

Belajar Bahasa Inggris Anak

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google