Perbedaan Eonni dan Noona Panggilan Kakak dalam Bahasa Korea

panggilan-kakak-perempuan-dalam-bahasa-korea

Annyeonghaseyo, Sobat Cakap! Mungkin Sobat Cakap yang menggemari budaya Korea sudah lumayan familiar dengan istilah Eonni dan Noona. Kedua istilah tersebut adalah panggilan untuk kakak perempuan dalam bahasa Korea. Wah, jika keduanya sama-sama untuk panggilan kakak perempuan, lalu apa perbedaannya, ya? 

Simak ulasan berikut untuk menemukan jawabannya!

Table of Contents

Apa itu Eonni?

Eonni atau Unnie (언니) secara harfiah berarti ‘kakak perempuan’. Istilah ini digunakan oleh perempuan kepada perempuan lain yang berusia lebih tua. 

Bagi Sobat Cakap yang merupakan seorang perempuan bisa menggunakan panggilan Eonni atau Unnie (언니) untuk memanggil kakak kandung perempuan, anggota keluarga, dan/atau teman perempuan yang berusia lebih tua. Hindari menggunakan panggilan ini ke orang asing atau orang yang baru pertama kali kamu jumpai ya, Sobat Cakap! 

Lalu, penulisan yang benar itu Eonni atau Unnie, ya? Nah, keduanya sama-sama benar ya, Sobat Cakap! Untuk penyebutannya, perhatikan penjelasannya sebagai berikut:

언니

eon/on

ni

언니

eonni

Contoh kalimat:

  • 언니, 오늘 쇼핑 할래? (Eonni, oneul ssyoping hallae?)
    Kakak, mau belanja hari ini?
  • 언니, 잘 지내세요? (Eonni, jal jinaeseyo?)
    Kakak, apa kabar?
  • 라면 먹자, 언니 (Ramyeon mokja, Eonni!)
    Ayo makan ramen, kak!

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Apa itu Noona?

Noona atau Nuna (누나) secara harfiah juga berarti ‘kakak perempuan’. Istilah ini digunakan oleh laki-laki kepada perempuan yang berusia lebih tua. 

Penggunaan panggilan Noona atau Nuna (누나) bisa diterapkan untuk memanggil kakak kandung perempuan, anggota keluarga, dan/atau teman perempuan yang berusia lebih tua. Lalu, penulisan yang benar itu Noona atau Nuna, ya? Nah, keduanya sama-sama benar ya, Sobat Cakap! Untuk penyebutannya, perhatikan penjelasannya sebagai berikut:

누나

nu

na

누나

nuna

Contoh kalimat:

  • 누나! 언제 와? (Nuna! onje wa?)
    Kakak, kapan kau datang?
  • 우리 같이 학교에 가자, 누나 (Uri gachi hakkyoe gaja, Nuna)
    Mari kita pergi ke sekolah bersama-sama, kakak.
  • 누나, 밥 먹었어요? (Nuna, bap meogeosseoyo?)
    Kakak, sudah makan?

Jadi, Eonni dan Noona itu sama-sama berarti ‘kakak perempuan’ ya, Sobat Cakap! Perbedaannya terletak pada si penggunanya, Eonni digunakan oleh perempuan untuk memanggil perempuan yang lebih tua. Sedangkan Noona digunakan oleh laki-laki untuk memanggil perempuan yang lebih tua. 

Terus gimana caranya memanggil dengan panggilan yang tepat jika belum tahu usia masing-masing? Nah, Sobat Cakap bisa secara langsung menanyakan usia lawan bicara kamu! Tenang, menanyakan usia di Korea merupakan hal yang lumrah. Perhatikan contoh percakapan sebagai berikut: 

Hanni: 류진 씨, 한국 나이로 몇 살이에요? 
(Ryujin ssi, hanguk nairo myeot sarieyo?)
Hanni: Ryujin, berapa umurmu di Korea? 

Ryujin: 한국 나이로 25살이에요.
(Hanguk nairo seumul daseotssarieyo).
Ryujin: Saya berusia 25 tahun di usia Korea.

Hanni: 아, 난 올해 26살인데!
(A, nan orlhae seumul lyeosotssarinde!)
Hanni: Oh, tahun ini umurku 26 tahun!

Ryujin: 아, 그렇군요, 앞으로 한니언니라고 부를게요.
(A, geureokunyo, apeuro Hanni eonnirago bureulgeyo.)
Ryujin: Oh, begitu. Mulai sekarang, aku akan memanggil kamu Hanni Eonni (Kakak Hanni).

Di Korea, usia adalah hal yang penting dan menyapa seseorang dengan sebutan yang sesuai sangatlah penting. Selain itu, kamu juga harus menunjukkan rasa hormat kepada seseorang yang satu tahun lebih tua atau bahkan hanya beberapa bulan lebih tua dari kamu. Untuk itu penting bagi pemelajar bahasa Korea untuk memahami sistem honorifik dalam bahasa Korea!

Nah, demikianlah perbedaan Eonni dan Noona dalam bahasa Korea! Gimana Sobat Cakap? Sudah paham, kan? Supaya makin paham, kamu bisa belajar pake E-book eksklusif bahasa Korea dari Cakap. Sst, ini gratis kok! Biar makin jago, bisa juga sambil kursus bahasa Korea di Cakap! Dijamin, nonton drakor nggak pake subtitle lagi deh! Yuk, tunggu apa lagi? #SiapaCakapDiaDapat

Baca Juga: 

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat