Mengenal Nama Bulan dalam Bahasa Jepang, Mudah untuk Dihafal

nama bulan dalam bahasa jepang

Halo, Sobat Cakap! Apabila diantara kalian sudah membaca artikel mengenai nama hari dalam bahasa Jepang, maka pada kesempatan kali ini kami akan melengkapi wawasan kalian tentang bahasa Jepang dengan memberikan pengetahuan tentang nama bulan dalam bahasa Jepang.

Sebagaimana halnya dengan pengetahuan tentang nama hari dalam bahasa Jepang yang kemarin sudah kita pelajari bersama, tentu saja pengetahuan tentang nama Bulan dalam Bahasa Jepang ini juga sangatlah penting untuk memperluas kosakata bahasa Jepang.

Apabila kita akan mengucapkan atau memberikan informasi tentang waktu, tentu kita harus bisa mengucapkan nama hari dan bulan secara bersamaan agar informasi yang kita sampaikan menjadi jelas dan dapat dipahami. Oleh karena itu, alasan inilah yang membuat kami membuat tulisan ini untuk membahas tentang nama bulan dalam bahasa Jepang dan contoh percakapannya.

Pada penerapannya, nama-nama bulan dalam bahasa Jepang itu sebenarnya hampir sama dengan bahasa Indonesia yaitu berjumlah 12. Apabila dalam bahasa Indonesia, nama-nama bulan itu mencakup : Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November, dan Desember, nah dalam bahasa Jepang tentu berbeda dong ya.

Nama bulan dalam bahasa Jepang sangat mudah untuk dihafal. Sebab, kamu cukup menyebutkan urutan bulan dan menambahkan kata 月 (gatsu) di belakang kalimat saja. Untuk memahaminya, ayo cek penjelasan di bawah ini!

Nama Bulan dalam Bahasa Jepang

source: giphy.com

Adapun yang membedakan mengenai nama bulan dalam bahasa Jepang ini adalah mengacu pada penulisannya. Dalam penanggalan bahasa Jepang, hal itu ditulis dengan urutan : tahun, bulan, dan hari, dimana penulisan angka untuk tanggal dapat ditulis dengan menggunakan angka latin atau kanji.

Sementara nama-nama bulan yang ditulis dengan angka yang berasal dari huruf kanji umumnya itu hanya digunakan untuk penulisan tategaki. Apakah sudah terbayang untuk apa saja nama bulan dalam bahasa Jepang dan contoh penggunaannya?

Sekedar informasi bahwa pada zaman dahulu, sesepuh orang Jepang sering menyebut nama bulan sesuai dengan urutan 1-12 dan menambahkan kata bulan atau gatsu di belakangnya. Misalkan, bulan Januari (bulan ke-1) dalam bahasa Jepang ialah 一月 (ichigatsu), sebab ichi artinya satu dan gatsu artinya bulan. 

Yang dilakukan oleh sesepuh orang Jepang tersebut masih digunakan hingga saat ini dan dapat kamu temukan dalam percakapan Bahasa Jepang sehari-hari. Pakai rumus ini agar lebih mudah ketika menguasainya:

Bilangan + 月 (Gatsu)

Buat Akun Cakap Sekarang, Dapatkan Gratis 14 Hari Cakap Club

Berikut kumpulan nama bulan dalam Bahasa Jepang dan artinya:

Nama Bulan dalam Bahasa Indonesia

Nama Bulan dalam Bahasa Jepang (Kanji)

Nama Bulan dalam Bahasa Jepang (Romaji)

Nama Bulan dalam Bahasa Jepang (Hiragana)

Januari

一月

ichi-gatsu

いちがつ

Februari

二月

ni-gatsu

にがつ

Maret

三月

san-gatsu

さんがつ

April

四月

shi-gatsu

しがつ

Mei

五月

go-gatsu

ごがつ

Juni

六月

roku-gatsu

ろくがつ

Juli

七月

shichi-gatsu

しちがつ

Agustus

八月

hachi-gatsu

はちがつ

September

九月

ku-gatsu

くがつ

Oktober

十月

juu-gatsu

じゅうがつ

November

十一月

juu-ichi-gatsu

じゅういちがつ

Desember

十二月

juu-ni-gatsu

じゅうにがつ

Perlu diketahui bahwa nama bulan dalam bahasa Jepang yang ditulis dengan huruf kanji umumnya digunakan dalam penulisan tategaki. Sedangkan untuk sehari-hari, urutan 1-12 menggunakan huruf latin, contoh 1月, 2月, 3月, dst.

Baca Juga:Belajar Angka dalam Bahasa Jepang, Yuk!

Explore Budaya Jepang di Cakap Upskill, Gratis Setiap Hari!

Nama Bulan dalam Bahasa Jepang versi Kalender Lunar Jepang

Adapun nama bulan dalam bahasa Jepang yang berdasarkan kalender lunar Jepang atau biasa disebut dengan 陰歴 (Inreki). Saat ini, kalender lunar Jepang masih digunakan dalam ruang lingkup sastra. Berikut nama bulan dalam bahasa Jepang versi kalender lunar Jepang:

Nama Bulan dalam Bahasa Indonesia

Nama Bulan dalam Bahasa Jepang versi Kalender Lunar

Januari睦月Mutsuki
Februari如月Kisaragi
Maret弥生Yayoi
April卯月Uzuki
Mei皐月Satsuki
Juni水無月Minazuki
Juli文月Fumizuki
Agustus葉月Hazuki
September長月Nagatsuki
Oktober神無月Kannazuki
November霜月Shimotsuki
Desember師走Shiwasu

Menurut cerita di balik penamaan bulan-bulan dalam kalender Lunar, bulan Oktober disebut dengan Kannazuki (神無月) atau ‘bulan tidak adanya dewa’ yang mana itu mengacu pada urutan kanji yang membentuk Kannazuki : 神 dewa, 無 tidak ada, 月 bulan. Konon, pada bulan Kannazuki tersebut, para dewa-dewi semuanya berkumpul di kuil Izumo Taisha di Prefektur Shimane.

Sedangkan untuk bulan Desember disebut dengan sebutan Shiwasu (師走?, guru berlari) karena orang-orang Jepang sibuk menyambut Tahun Baru di bulan Desember, bahkan para guru-guru besar yang biasanya tidak sibuk pun juga ikut sibuk berlari-larian untuk menyambut tahun baru.

Penulisan Tanggal, Bulan dan Nama Hari dalam Bahasa Jepang

Setelah memahami semua tanggal dan bulan dalam bahasa Jepang di atas, maka selanjutnya kita bisa menggabungkan kedua ilmu yang sudah kita dapatkan di postingan kami sebelumnya mengenai : Nama Hari dalam Bahasa Jepang dan Contoh Penggunaannya, untuk praktek enulisan tanggal, bulan, dan juga nama hari dalam bahasa Jepang.

Cara-cara untuk penulisan tanggal, bulan, dan nama hari secara bersamaan dengan bahasa Jepang itu relatif sederhana. Jadi, urutan penulisan tanggal dan bulan apabila kita ingin menggunakan nama hari adalah sebagai berikut :

 

2005年4月15日(金)

 

Untuk penulisan Tahun, Bulan, Tanggal ditulis biasa, sementara untuk penulisan Hari dalam huruf kanji itu ditulis dalam tanda kurung : (日), (月), (火), (水), (木), (金), dan (土)

Sebagai catatan, penulisan tanggal, bulan, dan nama hari dalam Bahasa Jepang ini tidak melulu terikat oleh aturan dan harus ditulis secara bersamaan. Pada kenyataannya, angka tahun dalam bahasa Jepang juga bisa tidak ditulis, misalnya saja untuk penulisan hari Jum’at 15 April, itu ditulis sebagai berikut :

 

4月15日(金)

 

Orang-orang di Jepang sana biasanya sudah mengerti bahwanya 4月15日(金) adalah hari Jumat tanggal 15 April di tahun ini. Jadi, tidak perlu susah-susah untuk menegaskan tahunnya apabila memang tidak diperlukan. 

Kursus Bahasa Jepang di Cakap, Gak Perlu Repot Keluar Rumah

Contoh Penggunaan Nama Bulan dalam Bahasa Jepang

Setelah mengetahui penjabaran tentang nama bulan dalam Bahasa Jepang, dan bagaimana cara-cara menyusun tulisan Tanggal, Bulan, dan juga Hari, maka selanjutnya kami akan memberikan tentang contoh-contoh penggunaan nama bulan dalam Bahasa Jepang.

Adapun alasan kenapa kami memberikan contoh penggunaan nama bulan dalam bahasa Jepang ini adalah agar menjadi acuan untuk kamu menulis dan menyusun penulisan bulan yang baik dan benar.

Sebelumnya, untuk keterangan waktu pada penulisan nama bulan dalam Bahasa Jepang ini pun ada tiga jenis yaitu : こんげつ : bulan ini : kongetsu, らいげつ : bulan depan : raigetsu, せんげつ : bulan lalu : sengetsu. Semua keterangan waktu itu bisa digunakan untuk memperjelas atau penegasan dalam memberikan informasi mengenai bulan yang kita maksudkan.

Agar kamu mengetahui bagaimana cara menyebutkan nama bulan dalam bahasa Jepang ketika sedang ngobrol dengan seseorang, berikut contoh penggunaannya:

Rudy: 来月は何月ですか?
Raigetsu wa nangatsu desu ka?
Bulan depan bulan apa?

Lizzie: 一月です。
Ichi-gatsu desu
Bulan Januari

Rudy: 一月はあなたの誕生月ですよね?
Ichi-gatsu wa anata no tanjōdzukidesu yo ne?
Bulan Januari adalah bulan kelahiranmu, bukan?

Lizzie: いいえ、私は二月生まれました
Īe, watashi wa ni-gatsu umaremashita
Tidak, saya lahir di bulan Februari

Yap, itu dia penjelasan mengenai nama bulan dalam bahasa Jepang. Mudah untuk dihafal, bukan? Agar kamu dapat menguasai, kamu bisa berlatih bersama tutor profesional di Kelas Bahasa Jepang Cakap. Dengan durasi kelas yang singkat, kamu bisa menambah kemampuan Bahasa Jepang tanpa mengganggu rutinitas harianmu. Yuk daftar sekarang juga!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks