Mengenal Metode Membaca Nyaring, Cocok untuk Si Kecil!

metode membaca nyaring

Parents sudah tahu kan bahwa belajar membaca membawa banyak manfaat bagi si kecil? Apalagi, membacakan buku kepada anak merupakan salah satu aktivitas yang lazim dilakukan para orang tua ketika berinteraksi dengan anaknya.

Namun, sudahkah parents menggunakan metode membaca yang benar? Dengan metode yang benar, parents ikut andil dalam menumbuhkan berbagai keterampilan hidup serta kegemaran membaca si kecil.  

Salah satu metode yang benar untuk membacakan buku kepada si kecil adalah metode membaca nyaring. Untuk itu, yuk kenali metode membaca nyaring yang bisa membuat si kecil lebih berkompetensi. 

Apa itu Metode Membaca Nyaring?

source: giphy.com

Bersama Klub Literasi Anak, Cakap menghadirkan kelas daring di Cakap Upskill untuk memberikan edukasi kepada parents mengenai pentingnya membaca serta metode yang benar ketika membacakan buku kepada si kecil. 

Klub Literasi Anak merupakan komunitas yang aktif mengadakan kegiatan untuk mengasah kemampuan membaca, menulis, bercerita, serta olah pikir pada diri anak sejak 2016. Komunitas ini hadir di kelas Parenting Cakap Upskill tanggal 17 April lalu.

Dalam kelas Parenting kali ini, Klub Literasi Anak menjelaskan bahwa metode membaca nyaring merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk menumbuhkan kegemaran membaca pada diri si kecil.

Nindia Maya selaku pendiri Klub Literasi Anak menjelaskan metode membaca nyaring atau read aloud adalah membacakan buku dengan bersuara. Membacakan buku dengan bersuara dapat menjadi stimulan bagi si kecil yang menumbuhkan keinginan untuk mau membaca.

Melalui metode membaca nyaring ini, berbagai keterampilan hidup juga akan terbentuk pada diri si kecil. Ia jadi bisa meningkatkan kemampuan komunikasinya serta menambah kosakata baru.

Hal ini juga akan berpengaruh terhadap keterampilan sosialisasinya serta keterampilan emosinya ketika berinteraksi baik dengan teman-temannya maupun orang-orang di sekitarnya. Lantas, bagaimana cara membaca nyaring?

Baca Juga: Cara Membaca dalam Bahasa Inggris untuk Pemula

Makin Pandai Didik Si Kecil dengan Ikut Kelas Parenting, Gratis!

Cara Menerapkan Metode Nyaring

source: giphy.com

1. Baca Buku Terlebih Dahulu

Pertama-tama, parents harus membaca buku tersebut terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar parents dapat mengetahui kesesuaian isi buku dengan usia si kecil. Selain itu, dengan membaca buku terlebih dahulu, parents bisa mempersiapkan diri untuk menyesuaikan alur cerita dengan intonasi serta ekspresi yang sesuai.

2. Bacakan Identitas Buku

Sebelum membaca buku, pastikan si kecil sudah siap mendengarkan. Setelah si kecil siap, parents bisa memulainya dengan membacakan identitas buku seperti, judul dan penulisnya. Jelaskan atau diskusikan juga ilustrasi yang ada di sampul buku dengan si kecil. 

3. Libatkan Si Kecil ketika Membaca

Saat membaca, pastikan juga parents selalu melibatkan si kecil ketika membacakan buku. Parents bisa sesekali bertanya dan mengajak si kecil membalik halaman buku. Tujuannya, agar interaksi bisa terbangun dan anak lebih bersemangat ketika membaca buku. 

4. Gunakan Ekspresi dan Intonasi yang Sesuai

Jangan lupa, gunakan ekspresi dan intonasi yang sesuai dengan dialog yang ada. Dengan menggunakan ekspresi dan intonasi yang sesuai, kegiatan membaca akan lebih menyenangkan.

5. Luangkan Waktu Berdiskusi

Terakhir, selalu luangkan waktu untuk berdiskusi setelah membacakan buku tersebut. Dengan berdiskusi, si kecil bisa mengasah kemampuan olah pikirnya juga kemampuan literasinya.

Nah, itulah metode membaca nyaring yang dapat meningkatkan kompetensi si kecil. Masih banyak lho edukasi lainnya seputar dunia parenting yang bisa didapatkan di kelas pengembangan diri Cakap. Di sana, Parents bisa mendapatkan ilmu parenting dari pemateri profesional secara gratis!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks