Kenalan dengan Manhwa dan Intip 5 Rekomendasinya!

manhwa
Photo by stockking on freepik

Jika Jepang dikenal dengan komik yang disebut manga, maka Korea dikenal dengan komik tersendiri yang disebut dengan manhwa. Pencinta komik dan pengguna platform Webtoon mungkin familiar dengan komik seperti Lookism, Cheese in the Trap, atau Tower of God. Nah, komik-komik asal Korea Selatan inilah yang disebut dengan manhwa.

Sebagaimana manga sering diadaptasi menjadi anime dan juga live action, manhwa pun demikian. Tidak sedikit manhwa yang dijadikan serial drama, bahkan ada beberapa yang sudah diadaptasi oleh Netflix, lho! 

Lantas apa sih istimewanya manhwa Korea dan apa bedanya dengan manga Jepang? Cari tahu jawabannya dalam artikel berikut ini, ya!

Manhwa dan Webtoon

만화 atau manhwa adalah istilah bahasa Korea umum untuk komik, baik yang dipublikasikan secara online maupun yang dicetak. Meski demikian, kata manhwa sendiri belakangan lebih dikenal sebagai “komik dari Korea Selatan” yang termasuk salah satu budaya populer Korea. 

Semakin dikenalnya manhwa berkaitan dengan semakin banyaknya platform komik digital yang membuat aksesnya menjadi semakin mudah. Nah, jenis komik atau manhwa yang dapat diakses secara digital inilah yang disebut dengan webtoon

Kamu mungkin juga familiar dengan platform bernama Webtoon yang merupakan salah satu platform komik online milik Naver. Nah, sekarang kamu sudah tahu kan dari mana nama “webtoon” itu berasal? 

Sudah Tahu Level Bahasa Koreamu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Manhwa VS Manga

Banyak yang berpendapat bahwa manhwa Korea merupakan salah satu jenis komik yang dipengaruhi oleh manga Jepang. Meski demikian, manhwa Korea dan manga Jepang memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan. 

Pertama, dari segi gambar, di mana tubuh karakter pada manhwa biasanya lebih proporsional dan tidak aneh-aneh. Selain itu, penggambaran pakaian dan latar belakang juga lebih mendetail dengan dialog yang juga lebih sedikit. 

Selain itu, manhwa biasanya dipublikasikan dalam format berwarna secara online dan akan menjadi hitam-putih jika dicetak. Hal ini berbeda dengan manga yang cenderung selalu hitam-putih baik ketika terbit online maupun dicetak. 

Top 5 Manhwa Terbaik di Webtoon

Setelah mengetahui perbedaan manhwa, webtoon, dan manga, sekarang intip beberapa manhwa top yang populer di platform Naver Webtoon, yuk! 

1. Tower of God oleh SIU

tower of good manhwa

Manhwa bergenre fantasi ini disebut-sebut sebagai manhwa terpopuler di platform Webtoon dengan jutaan pembaca. Tower of God sendiri berkisah tentang seorang anak laki-laki yang hidup di bawah menara bersama temannya Rachel. 

2. Bastard oleh Carnby Kim dan Youngchan Hwang

bastard manhwa

Bastard merupakan karya pertama duo Carnby Kim dan Youngchan Hwang sebelum menulis karya populer lainnya yaitu Sweet Home. Bergenre thriller, manhwa ini berkisah tentang anak laki-laki yang ayahnya adalah seorang pembunuh berantai. 

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

3. The Gamer oleh Sangyoung Seong dan Sang-A

Jika kamu adalah satu penggemar anime isekai, maka manhwa The Gamer ini akan sangat cocok untukmu. The Gamer berkisah tentang seorang anak sekolah yang tiba-tiba memiliki kemampuan untuk melihat dunia seperti video game. 

4. Lookism oleh Park Tae-Joon

lookism manhwa

Manhwa bergenre drama ini berkisah tentang seorang anak sekolah yang memiliki dua tubuh yaitu gemuk dan jelek serta sehat dan tampan. Hidup dengan dua tubuh membuatnya menyadari bahwa dunia kerap melakukan diskriminasi berdasarkan fisik. 

5. Cheese in the Trap oleh Soonkki

cheese in the trap manhwa

Penggemar drama Korea pasti pernah mendengar tentang drama Cheese in the Trap, bukan? Drama tersebut diangkat dari manhwa populer berjudul sama yang berkisah tentang percintaan anak kuliahan dan segala drama di dalamnya.  

Apakah kamu pernah membaca salah satu dari lima manhwa atau webtoon populer di atas, Sobat Cakap? Sebagai salah satu produk budaya populer Korea Selatan, publikasi manhwa melibatkan proses penerjemahan agar bisa dibaca secara luas. Katanya nih, membaca versi aslinya jauh lebih seru, lho!

Agar bisa, kamu tentunya harus menguasai bahasa Korea terlebih dahulu, salah satu caranya adalah dengan belajar bahasa Korea di Cakap. Apapun kesibukanmu, kamu bisa menyesuaikan jadwal belajar dengan ssaem terbaik dari Cakap, lho. Cek sekarang dan segera daftar, ya! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.