Kuliah di Amerika : Persiapan, Syarat, Biaya, & Kesempatan Kerja

kuliah di amerika

Sudah bukan hal baru bahwa Amerika Serikat (AS) menjadi destinasi yang menarik bagi banyak pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan. Alasannya bervariasi, mulai dari memperluas jaringan internasional, meningkatkan kualitas diri, dan mengembangkan potensi intelektual. 

Nah, kali ini Cakap akan memberikan panduan lengkap bagi Sobat Cakap yang ingin melanjutkan studi ke Amerika Serikat. Mulai dari kelebihan kuliah di Amerika Serikat, pilihan perguruan tinggi, syarat kuliah, biaya hidup dan pendidikan, hingga kesempatan kerja di sana. Baca artikelnya sampai habis, yuk! 

Table of Contents

Kelebihan Kuliah di Amerika

Buat Sobat Cakap yang masih dapat tahap meyakinkan diri dan bertanya-tanya, sebenarnya apa sih kelebihan kuliah di Amerika? Yuk, bahas satu per satu! 

1. Keunggulan akademik

Amerika Serikat dikenal dengan standar akademik yang tinggi dan kualitas pendidikan yang dijaga dengan ketat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya universitas dari negeri Paman Sam ini yang mendapat peringkat universitas terbaik tingkat dunia setiap tahunnya. 

2. Peluang penelitian

Banyak universitas di Amerika menawarkan peluang penelitian yang menarik. Mahasiswa memiliki akses ke fasilitas penelitian canggih dan kesempatan untuk bekerja dengan para ilmuwan terkemuka di berbagai bidang. 

3. Reputasi lulusan

Universitas di Amerika memiliki gelar yang sangat dihormati dan diakui di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan mereka memiliki reputasi yang baik dan menjadikan gelar tersebut sebagai aset berharga di pasar kerja internasional. 

4. Keanekaragaman budaya

Amerika Serikat merupakan tempat meleburnya berbagai budaya, ras dan etnis dari berbagai penjuru dunia. Lingkungan ini tentunya akan membuka wawasan budaya internasional dan membentuk karakter yang penuh toleransi. 

5. Ramah pelajar internasional

Pada setiap institusi pendidikan, akan ada berbagai kegiatan seperti orientasi, lokakarya, dan pelatihan untuk mahasiswa internasional. Hal ini tentunya sangat membantu proses adaptasi dan juga membangun pertemanan. 

6. Kehidupan kampus yang semarak

Di institusi mana pun kamu belajar, kamu akan merasakan pengalaman baru dan gaya hidup yang berbeda. Pikiranmu akan lebih terbuka untuk orang-orang dan juga ide-ide baru yang mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya. 

Pendidikan Tinggi di Amerika

Lembaga pendidikan tinggi di Amerika Serikat menawarkan program studi untuk berbagai tingkatan gelar, yaitu: 

  • Associate degree (Diploma) 
  • Bachelor’s degree (Sarjana)
  • Master’s degree (Magister)
  • Doctoral degree (Doktoral)

Berikut adalah beberapa jenis lembaga pendidikan tinggi di Amerika Serikat yang bisa kamu pertimbangkan. 

1. University

Sama dengan di Indonesia, universitas merupakan perguruan tinggi yang menyediakan setiap tingkat pendidikan mulai dari undergraduate hingga doctoral (S1–S3). Pilihan program studinya pun mencakup berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Universitas yang ada di Amerika Serikat juga ada yang dikelola oleh pemerintah dan juga swasta. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing serta perbedaan biaya pendidikan yang cukup signifikan. 

2. College

College adalah perguruan tinggi yang hanya menawarkan program-program undergraduate seperti vokasional dan juga seni. Jika dibandingkan dengan pendidikan di Indonesia, college sama seperti politeknik. 

Selain bersifat vokasional, pilihan program yang ditawarkan pun juga lebih sedikit jika dibandingkan dengan universitas. Jumlah mahasiswa dan ukuran kampusnya pun juga relatif lebih sedikit dan lebih terbatas. 

3. Community College

Community college adalah perguruan tinggi dua tahun dengan lulusannya bergelar associate (diploma) yang dapat ditransfer dan juga sertifikasi. Pilihan program studi di community college juga cukup banyak meskipun masih terbilang terbatas. 

Lulusan community college dapat melakukan transfer ke program gelar di college atau universitas. Dengan mentransfer kredit-kredit yang telah diselesaikan, lulusan community college dapat menyelesaikan program bachelor (S1) dalam waktu dua tahun saja. 

4. Institute of Technology

Lembaga pendidikan tinggi lainnya yang tersedia di Amerika Serikat adalah institut teknologi. Lembaga ini memiliki fokus pendidikan pada bidang teknik, teknologi, sains terapan, dan juga natural sains. 

Sama dengan universitas, biasanya program studi yang ditawarkan adalah program gelar dengan masa pendidikan empat tahun. Meski demikian, ada juga institut teknologi yang menawarkan program singkat dan serta program pascasarjana. 

Syarat Kuliah di Amerika

Setelah membahas mengenai jenis-jenis lembaga pendidikan tinggi di Amerika Serikat, sekarang kita masuk ke syarat kuliah. Nah, memangnya apa saja sih yang perlu dipersiapkan untuk bisa melanjutkan studi ke Negeri Paman Sam? 

Yuk, bahas sesuai tingkat pendidikannya! 

Mau Studi ke Luar Negeri? Mulai Persiapannya Bersama Cakap Sejak Kini!

1. Bachelor’s Degree (Sarjana)

Secara umum, universitas di Amerika menetapkan beberapa persyaratan untuk gelar sarjana, misalnya: 

  • Informasi personal
  • Transkrip nilai
  • Nilai tes sesuai standar untuk Scholastic Aptitude Test (SAT) atau American College Testing (ACT) dan kecakapan bahasa Inggris (TOEFL, IELTS, iTEP, PTE Academic)
  • Esai
  • Surat rekomendasi
  • Salinan paspor yang masih berlaku


Perlu diketahui, beberapa universitas dan perguruan tinggi mungkin memiliki tambahan persyaratan yang berbeda. Misalnya ada yang memerlukan tambahan berkas terkait keuangan mahasiswa atau ketentuan untuk wawancara dengan staf atau alumni. 

2. Master’s Degree (Magister)

Persyaratan kuliah di Amerika untuk mereka yang mendaftar ke program pascasarjana serupa dengan program sarjana, dengan beberapa perbedaan penting. Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui: 

  • Transkrip akademik dari studi gelar sarjana
  • Skor tes sesuai ketentuan untuk:
    – Graduate Record Examinations (GRE) atau Graduate Management Admission Test (GMAT)
    – Kemahiran bahasa Inggris TOEFL, IELTS, iTEP, atau PTE Academic
  • Statement of purpose
  • Proposal penelitian
  • Rekomendasi dari profesor
  • Salinan paspor yang masih berlaku
  • Bukti keuangan untuk pembiayaan studi secara penuh, kecuali jika mendaftar sebagai asisten atau beasiswa.

     

Pelamar juga mungkin diminta untuk melakukan wawancara di kampus melalui konferensi video dengan komite penerimaan program.

3. Doctoral Degree (Doktor)

Persyaratan kuliah di Amerika untuk mereka yang mendaftar ke program doktor atau mengejar gelar PhD di Amerika Serikat, yaitu:

  • Resume
  • Transkrip akademik dari program gelar universitas
  • Skor GRE dan GMAT 
  • Proposal penelitian 
  • Statement of purpose
  • Nilai tes kemahiran berbahasa Inggris. 
  • Surat rekomendasi

     

Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Amerika

Saat studi di Amerika, kamu akan memiliki beberapa pengeluaran, baik untuk kebutuhan kuliah dan juga kebutuhan hidup sehari-hari. Berikut adalah rinciannya. 

Biaya Kuliah

Biaya kuliah di Amerika sangat bervariasi dan juga dipengaruhi oleh pilihan universitas dan juga program yang diambil. Biaya pendidikan umumnya berkisar antara $10.000–$55.000 (sekitar Rp156.000.000–Rp856.000.000) per tahun. 

Biaya kuliah di Amerika tentunya terbilang tinggi, bagi kamu yang ingin kuliah ke Amerika namun terkendala di biaya kuliah, jangan khawatir. Ada beberapa beasiswa yang bisa kamu usahakan, di antaranya LPDP dan Fulbright. 

LPDP dan Fulbright ditawarkan untuk kamu yang sedang mencari peluang mengikuti program pascasarjana seperti magister atau Ph.D. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah penuh, asuransi kesehatan, biaya perjalanan, biaya buku kuliah, serta biaya hidup. 

Biaya Hidup

Biaya hidup ketika kuliah di Amerika Serikat tentunya akan sangat dipengaruhi gaya hidup dan juga lokasi tempat tinggal. Biaya akomodasi biasanya merupakan pengeluaran bulanan yang paling besar dalam untuk kategori biaya hidup. 

Biaya hidup untuk mahasiswa internasional di AS adalah sekitar $10,000–$18,000 (Rp155.500.000–Rp280.000.000 per tahun. Angka ini setara dengan $1,000–$2,000 (Rp15.500.000–Rp31.000.000) per bulan. 

Sebagai gambaran, berikut adalah tabel kisaran biaya hidup untuk mahasiswa internasional di Amerika Serikat. 

Biaya Akomodasi

$500–$1,300 (Rp7.780.000–Rp20.200.000)
Makanan

$150–$200 (Rp2.330.000–Rp3.100.000)

Transportasi (bus)

$60–$120 (Rp930.000–Rp1.800.000)
Internet dan telepon

$65–$100 (RpRp1.000.000–Rp1.550.000)

Hiburan 

$80–$100 (Rp1.250.000–Rp1.550.000)
Belanja bulanan

$150–$180 (Rp2.230.000–Rp2.800.000)

Total

$1,005–$2,000 (Rp15.600.000–Rp31.000.000)

Kesempatan Kerja di Amerika

Pasar kerja Amerika menawarkan prospek karier yang beragam. Lulusan yang ingin menetap di Amerika setelah kuliah memiliki 2 pilihan, yaitu mendaftar untuk Optional Practical Training Programme (OPT) atau mengajukan permohonan visa kerja. Kedua program tersebut memungkinkan kamu untuk bekerja hingga tiga tahun setelah kelulusan. 

Nah, demikianlah informasi bagi Sobat Cakap yang ingin kuliah di Amerika, mulai dari syarat kuliah hingga kesempatan kerja. Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke Amerika Serikat, kamu bisa mengambil program persiapan kuliah di luar negeri dari Cakap, lho! Yuk, rencanakan studimu di Negeri Paman Sam bersama Cakap! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.