Apa Arti Konnichiwa dalam Bahasa Jepang? Cek Selengkapnya!

konnichiwa-artinya

Kalau ditanya apa kata dalam bahasa Jepang yang pernah kamu dengar atau pernah kamu gunakan, mungkin konnichiwa menjadi salah satu kata yang disebut. Mengingat bahwa konnichiwa sendiri termasuk salam sapaan paling terkenal bahkan kerap digunakan para penutur yang  non Japanese speaker. Namun, sebenarnya konnichiwa artinya apa sih?

Yuk, coba cari tahu di sini! Jangan sampai kamu menggunakan kosakata dari bahasa asing tanpa mengetahui konteks dan artinya.

Table of Contents

Arti Konnichiwa dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa artinya selamat siang atau halo. Kata ini merupakan salah satu kata sapaan yang digunakan dalam konteks formal. Agar lebih terlihat sopan, kamu bisa membungkukkan badan saat mengucapkannya.

Konnichiwa sebenarnya merupakan bentuk pendek dari kalimat “Konnichi wa gokiken ikaga desu ka?” (今日はご機嫌いかがですか?)” yang berarti “Bagaimana kabarmu hari ini”. Karena dirasa terlalu panjang maka seiring berlalunya waktu, bentuk tersebut diperpendek menjadi konnichiwa saja. Bahkan beberapa orang juga hanya mengatakan こんちは Konchiwa untuk menyapa secara informal.

Penggunaan Konnichiwa

Berikut ini merupakan beberapa penggunaan kata “konnichiwa” yang perlu kamu ketahui:

Digunakan di Siang Hari

Ini adalah poin penggunaan yang pasti, karena arti dari konnichiwa sendiri adalah selamat siang. Namun, ada batasan waktu yang dianjurkan untuk mengucapkan salam dalam bahasa Jepang yang satu ini. Kamu bisa menggunakannya di antara pukul sepuluh hingga menjelang matahari terbenam.

Untuk Menyapa Orang yang Tidak Begitu Dekat

Karena sapaannya bersifat formal, konnichiwa digunakan untuk menyapa orang yang tidak begitu akrab, seperti orang yang baru dikenal, turis luar negri, atau orang lain pada umumnya yang tidak memiliki hubungan dekat dengan orang yang memberi sapaan. Nah, sebaliknya konnichiwa ini sangat jarang diucapkan kepada orang-orang terdekat layaknya teman, keluarga, atau pacar.

Contoh:

こんにちは、国立図書館がどこにあるか知っていますか.
(Konnichiwa, kokuritsu toshokan ga doko ni aru ka shitte imasu ka?)
Selamat siang, apakah anda tahu di mana Perpustakaan Nasional berada?

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Jepang Gratis

Aturan Penulisan dan Pelafalan Konnichiwa

Kalau kamu mengenal dan memahami huruf hiragana, mungkin kamu akan bertanya-tanya tentang penulisan dan pelafalan konnichiwa yang sedikit berbeda. Huruf hiragana dari kata konnichiwa, yaitu “こんにちは” jika dibaca dengan apa adanya menghasilkan bunyi “konnichiha”. Lalu, kenapa ya dibacanya jadi konnichiwa?

Pada dasarnya, “は” merupakan sebuah partikel yang digunakan sebagai penanda topik pembahasan. Dalam bahasa Jepang, terdapat aturan penulisan untuk “wa” dan “ha”. Saat “wa” dipakai sebagai partikel, maka tulisan hiragananya menggunakan “ha”. 

Bentuk Lain dari Konnichiwa

Bentuk kata lain dari konnichiwa sebenarnya merupakan bentuk turunan dengan versi yang lebih singkat, yaitu こんちは Konchiwa dan ちは chiwa. Kedua bentuk tersebut tergolong dalam bentuk informal dan termasuk ke dalam sapaan bernuansa gaul. Kamu bisa menggunakannya untuk menyapa teman-temanmu saja, bukan orang lain pada umumnya. 

Meskipun bentuknya berubah dan menghilangkan beberapa silabel, namun arti dari kedua kata tersebut tetap sama, yaitu “selamat siang” atau “hai/halo”.

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus Bahasa Jepang di Cakap

Contoh Kalimat Sapaan dengan “Konnichiwa”

Mengetahui konnichiwa dan artinya, sudah. Memahami penggunaan dan aturan penulisannya juga sudah. Untuk melengkapi pengetahuanmu tentang kosakata bahasa Jepang yang satu ini, simak contoh kalimat konnichiwa dan artinya berikut ini:

  • こんにちは。お元気ですか?
    (Konnichiwa. Ogenkidesuka?)
    Selamat siang. Apa kabar?

     

  • こんにちは。お久しぶりですね。
    (Konnichiwa. Ohisashiburi desu ne.)
    Selamat siang. Lama tidak bertemu, ya.

     

  • こんにちは。初めまして。1年生の山田拓也です。よろしくお願いします。
    (Konnichiwa. Hajimemashite. Ichi nensei no Yamada Takuya desu. Yoroshiku onegaishimasu.)
    Halo. Perkenalkan. Saya siswa kelas satu, Yamada Takuya. Senang berkenalan. 

Ternyata banyak juga ya yang bisa diulik dari satu kosakata bahasa Jepang ini. Selain memiliki arti “selamat siang” dan kerap digunakan untuk memberi sapaan “halo/hai”, konnichiwa juga memiliki asal usul kata dan aturan penulisannya.

Mau jago bahasa Jepang dan bisa bercakap cakap dengan lancar? Bisa kok, kan ada Cakap! Solusi untuk kamu yang ingin belajar bahasa Jepang online dan anti ribet. Karena, di Cakap kamu bebas atur jadwal belajar dan bisa pilih teacher-mu sendiri! Seru bangetkan? Cek kelasnya sekarang, yuk!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Exclusive E-Book Bahasa Jepang Untuk Sobat Cakap, GRATIS!

Ingin Belajar Hiragana dan Katakana? Kami sediakan e-book panduan lengkapnya di sini. Kamu bisa dapatkan dengan satu langkah mudah!

      #SiapaCakapDiaDapat